Isikan Kata Kunci Untuk Memudahkan Pencarian

Memuat...

277. Analisis Portofolio Saham Yang Optimal Di Bej Dengan Menggunakan Indeks Beta


SARI

Keputusan investasi pada dasarnya menyangkut masalah pengelolaan dana pada periode tertentu, dimana para investor mempunyai harapan untuk memperoleh pendapatan atau keuntungan dana yang diinvestasikan pada periode tertentu. Jika seorang investor ingin membentuk portofolio maka investor harus benar-benar dapat menganalisa secara tepat. Didalam portofolio terdapat portofolio yang jumlahnya tidak terbatas atau banyak sekali dalam pembentukan portofolio itu investor akan memilih mana yang tepat dari sekian banyak portofolio yang ada.

Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah 1) bagaimanakah tingkat keuntungan (return) dan tingkat risiko tiap saham pada perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Jakarta.2) bagaimana tingkat keuntungan (return) dan tingkat risiko portofolio saham pada perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Jakarta. 3) bagaimanakah pembentukan portofolio yang optimal di BEJ dengan menggunakan indeks beta. Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui cara memperoleh tingkat keuntungan saham dan tingkat risiko tiap saham pada perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Jakarta, mengetahui cara memperoleh tingkat keuntungan dan risiko portofolio saham yang terdaftar di Bursa Efek Jakarta, ketiga, mengetahui cara memperoleh pembentukan portofolio yang optimal di BEJ dengan menggunakan indeks beta. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan yang terdaftar di BEJ sebanyak 350 perusahaan pada periode januari 2004 sampai desember 2005.

Sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah menggunakan pendekatan slovin dengan persen kelonggaran 5% yaitu sebesar 187 perusahaan. Metode pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi yaitu Indonesian Capital Directory dan Jakarta Stock Exchange. Dari perhitungan data, nilai β (beta) atau systematic risk rata-rata saham perusahaan adalah sebesar 5,2717. Hasil perhitungan memperlihatkan bahwa ratarata risiko sebesar 0,030882. Berdasarkan perhitungan portofolio tingkat keuntungan pasar rata-rata 0,040155 dan risiko portofolio diperoleh sebesar 17, 4397222.

Dalam pembentukan portofolio optimal dipilih saham yang memiliki tingkat pengembalian saham yang masih dibawah tingakat pengembalian bunga bebas risiko, sehingga sebagian besar saham tidak layak untuk portofolio optimal. Pembentukan portofolio optimal dipilih saham yang mempunyai ERB positif kemudian dibandingkan dengan nilai Ci (Cut Of Rate). Sekuritas yang mempunyai nilai ERB lebih besar atau sama dengan Ci dimasukkan dalam kandidat portofolio yang optimal. Kombinasi dana tersebut menghasilkan keuntungan sebesar 0,1157998.
File Selengkapnya.....

Teman KoleksiSkripsi.com

Label

Administrasi Administrasi Negara Administrasi Niaga-Bisnis Administrasi Publik Agama Islam Akhwal Syahsiah Akuntansi Akuntansi-Auditing-Pasar Modal-Keuangan Bahasa Arab Bahasa dan Sastra Inggris Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Bimbingan Konseling Bimbingan Penyuluhan Islam Biologi Dakwah Ekonomi Ekonomi Akuntansi Ekonomi Dan Studi pembangunan Ekonomi Manajemen Farmasi Filsafat Fisika Fisipol Free Download Skripsi Hukum Hukum Perdata Hukum Pidana Hukum Tata Negara Ilmu Hukum Ilmu Komputer Ilmu Komunikasi IPS Kebidanan Kedokteran Kedokteran - Ilmu Keperawatan - Farmasi - Kesehatan – Gigi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Keperawatan Keperawatan dan Kesehatan Kesehatan Masyarakat Kimia Komputer Akuntansi Manajemen SDM Matematika MIPA Muamalah Olahraga Pendidikan Agama Isalam (PAI) Pendidikan Bahasa Arab Pendidikan Bahasa Indonesia Pendidikan Bahasa Inggris Pendidikan Biologi Pendidikan Ekonomi Pendidikan Fisika Pendidikan Geografi Pendidikan Kimia Pendidikan Matematika Pendidikan Olah Raga Pengembangan Masyarakat Pengembangan SDM Perbandingan Agama Perbandingan Hukum Perhotelan Perpajakan Perpustakaan Pertambangan Pertanian Peternakan PGMI PGSD PPKn Psikologi PTK PTK - Pendidikan Agama Islam Sastra dan Kebudayaan Sejarah Sejarah Islam Sistem Informasi Skripsi Lainnya Sosiologi Statistika Syari'ah Tafsir Hadist Tarbiyah Tata Boga Tata Busana Teknik Arsitektur Teknik Elektro Teknik Industri Teknik Industri-mesin-elektro-Sipil-Arsitektur Teknik Informatika Teknik Komputer Teknik Lingkungan Teknik Mesin Teknik Sipil Teknologi informasi-ilmu komputer-Sistem Informasi Tesis Farmasi Tesis Kedokteran Tips Skripsi