Isikan Kata Kunci Untuk Memudahkan Pencarian

279. Pengaruh Capital Adequacy Ratio, Loan To Deposit Ratio, Dan Return On Assets Terhadap Perubahan Laba


ABSTRAKSI

Perubahan laba pada perusahaan perbankan merupakan salah satu kinerja perusahaan yang menjadi pusat perhatian para investor. Para investor dalam menilai perusahaan tidak hanya melihat laba yang dihasilkan dalam satu periode melainkan terus memantau perubahan laba dari tahun ke tahun. Salah satu cara memprediksi perubahan laba adalah dengan menggunakan analisis rasio keuangan diantaranya adalah CAR, LDR, dan ROA. Permasalahan yang akan dikaji dalam penelitian ini adalah adakah pengaruh CAR, LDR, dan ROA terhadap perubahan laba satu tahun kedepan pada perusahaan perbankan yang listed di BEJ secara parsial maupun simultan. Dengan tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui pengaruh CAR, LDR dan ROA terhadap perubahan laba satu tahun kedepan pada perusahaan perbankan yang listed di BEJ secara parsial maupun simultan.

Sampel dalam penelitian ini adalah perusahaan perbankan yang listed di BEJ periode 2003-2006 yang berjumlah 21 perusahaan. Ada empat variabel yang dikaji dalam penelitian ini yaitu: CAR, LDR, ROA, dan Perubahan Laba. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan analisis regresi linier berganda dengan menggunakan alat bantu program SPSS.

Hasil penelitian menunjukkan hanya CAR, dan ROA berpengaruh positif terhadap perubahan laba yaitu sebesar 5,24% dan 14,14%. Sedangkan LDR tidak berpengaruh terhadap perubahan laba. Secara simultan menunjukkan CAR, LDR, dan ROA mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap perubahan laba satu tahun kedepan sebesar 15,9%.

Saran yang dapat diberikan penulis dalam penelitian ini adalah (1) Perubahan laba dari tahun ketahun merupakan cerminan dari kinerja perusahaan, maka dari itu investor dan manajer hendaknya mempertimbangkan informasi yang terkait dengan kinerja keuangan perusahaan terutama CAR dan ROA. CAR dan ROA merupakan variabel yang paling dominan dalam mempengaruhi perubahan laba sehingga efisiensi biaya pada aktivitas operasional bank mampu meningkatkan laba bank pada periode berikutnya. (1) Bagi investor (nasabah) bank lebih memperhatikan efisiensi dari manajemen bank dalam menjalankan aktivitas operasionalnya karena biaya operasi yang rendah dan pendapatan operasi yang tinggi mampu meningkatkan laba pada tahun mendatang. (2) Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa LDR tidak berpengaruh signifikan terhadap perubahan laba. Jadi pengembangan penelitian selanjutnya, agar memasukkan perhitungan unsur kredit bermasalah dan kredit macet dalam pembukuan bank.
File Selengkapnya.....

Teman KoleksiSkripsi.com

Label

Administrasi Administrasi Negara Administrasi Niaga-Bisnis Administrasi Publik Agama Islam Akhwal Syahsiah Akuntansi Akuntansi-Auditing-Pasar Modal-Keuangan Bahasa Arab Bahasa dan Sastra Inggris Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Bimbingan Konseling Bimbingan Penyuluhan Islam Biologi Dakwah Ekonomi Ekonomi Akuntansi Ekonomi Dan Studi pembangunan Ekonomi Manajemen Farmasi Filsafat Fisika Fisipol Free Download Skripsi Hukum Hukum Perdata Hukum Pidana Hukum Tata Negara Ilmu Hukum Ilmu Komputer Ilmu Komunikasi IPS Kebidanan Kedokteran Kedokteran - Ilmu Keperawatan - Farmasi - Kesehatan – Gigi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Keperawatan Keperawatan dan Kesehatan Kesehatan Masyarakat Kimia Komputer Akuntansi Manajemen SDM Matematika MIPA Muamalah Olahraga Pendidikan Agama Isalam (PAI) Pendidikan Bahasa Arab Pendidikan Bahasa Indonesia Pendidikan Bahasa Inggris Pendidikan Biologi Pendidikan Ekonomi Pendidikan Fisika Pendidikan Geografi Pendidikan Kimia Pendidikan Matematika Pendidikan Olah Raga Pengembangan Masyarakat Pengembangan SDM Perbandingan Agama Perbandingan Hukum Perhotelan Perpajakan Perpustakaan Pertambangan Pertanian Peternakan PGMI PGSD PPKn Psikologi PTK PTK - Pendidikan Agama Islam Sastra dan Kebudayaan Sejarah Sejarah Islam Sistem Informasi Skripsi Lainnya Sosiologi Statistika Syari'ah Tafsir Hadist Tarbiyah Tata Boga Tata Busana Teknik Arsitektur Teknik Elektro Teknik Industri Teknik Industri-mesin-elektro-Sipil-Arsitektur Teknik Informatika Teknik Komputer Teknik Lingkungan Teknik Mesin Teknik Sipil Teknologi informasi-ilmu komputer-Sistem Informasi Tesis Farmasi Tesis Kedokteran Tips Skripsi