Isikan Kata Kunci Untuk Memudahkan Pencarian

Memuat...

101. Proses Pensertipikatan Tanah Secara Massal Swadaya Di Kecamatan Gringsing Kabupaten Batang

SARI

Sertipikasi massal swadaya (SMS) adalah adalah suatu kegiatan yang dilakukan oleh Kantor Pertanahan Kabupaten/ Kota membangkitkan minat masyarakat untuk mansertipikatkan tanahnya dengan biaya swadaya. Obyek sertipikasi massal swadaya adalah tanah adapt dan tanah negara yang dikuasai masyarakat. Proses penyelesaiannya dilakukan sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Penelitian ini menggunakan metode analisis diskriptif kualitatif. Analisis diskriptif yaitu mengumpulkan data dengan membuat pencadaran secara sistematis, faktual dan akurat mengenai fakta-fakta dan sifat-sifat populasi atau daerah. Metode kualitatif adalah penelitian yang menghasilkan prosedur analisis yang tidak menggunakan prosedur analisis statistik atau cara kuantifikasi lainnya. Pelaksanaan program sertipikasi massal swadaya meliputi penyuluhan yang dilakukan sebelum pendaftaran SMS dimulai di lokasi SMS oleh Kepala Kantor Pertanahan/ petugas yang ditunjuk. Setelah itu dilakukan pengumpulan data fisik dan data yuridis. Selanjutnya petugas Kantor Pertanahan melakukan pengukuran dan pemetaan bidang tanah. Kegiatan selanjutnya yaitu penelitian data fisik dan yuridis kemudian mengumumkannya kepada masyarakat. Kemudian petugas Kantor Pertanahan membuat berita acara pangesahan data fisik dan data yuridis. Selanjutnya petugas Kantor Pertanahan melakukan pencatatan sanggahan dan pengesahan pengumuman. Dan yang terakhir adalah penegasan konversi dan pengakuan hak.

Kendala yang muncul dalam program sertipikasi massal swadaya adalah kurangnya respon dari pemerintah desa terhadap program sertipikasi massal swadaya serta administrasi pertanahan di tingkat desa rata-rata kurang lengkap. Berdasarkan penelitian ini, disarankan agar petugas Kantor Pertanahan bekerja sama dengan pemerintah desa/ kelurahan lebih pro aktif dalam sosialisasi program sertipikasi massal swadaya. Masyarakat juga diharapkan menyadari pentingnya sertipikat sebagai bukti terkuat atas kepemilikan tanah.
File Selengkapnya.....

Teman KoleksiSkripsi.com

Label

Administrasi Administrasi Negara Administrasi Niaga-Bisnis Administrasi Publik Agama Islam Akhwal Syahsiah Akuntansi Akuntansi-Auditing-Pasar Modal-Keuangan Bahasa Arab Bahasa dan Sastra Inggris Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Bimbingan Konseling Bimbingan Penyuluhan Islam Biologi Dakwah Ekonomi Ekonomi Akuntansi Ekonomi Dan Studi pembangunan Ekonomi Manajemen Farmasi Filsafat Fisika Fisipol Free Download Skripsi Hukum Hukum Perdata Hukum Pidana Hukum Tata Negara Ilmu Hukum Ilmu Komputer Ilmu Komunikasi IPS Kebidanan Kedokteran Kedokteran - Ilmu Keperawatan - Farmasi - Kesehatan – Gigi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Keperawatan Keperawatan dan Kesehatan Kesehatan Masyarakat Kimia Komputer Akuntansi Manajemen SDM Matematika MIPA Muamalah Olahraga Pendidikan Agama Isalam (PAI) Pendidikan Bahasa Arab Pendidikan Bahasa Indonesia Pendidikan Bahasa Inggris Pendidikan Biologi Pendidikan Ekonomi Pendidikan Fisika Pendidikan Geografi Pendidikan Kimia Pendidikan Matematika Pendidikan Olah Raga Pengembangan Masyarakat Pengembangan SDM Perbandingan Agama Perbandingan Hukum Perhotelan Perpajakan Perpustakaan Pertambangan Pertanian Peternakan PGMI PGSD PPKn Psikologi PTK PTK - Pendidikan Agama Islam Sastra dan Kebudayaan Sejarah Sejarah Islam Sistem Informasi Skripsi Lainnya Sosiologi Statistika Syari'ah Tafsir Hadist Tarbiyah Tata Boga Tata Busana Teknik Arsitektur Teknik Elektro Teknik Industri Teknik Industri-mesin-elektro-Sipil-Arsitektur Teknik Informatika Teknik Komputer Teknik Lingkungan Teknik Mesin Teknik Sipil Teknologi informasi-ilmu komputer-Sistem Informasi Tesis Farmasi Tesis Kedokteran Tips Skripsi