Isikan Kata Kunci Untuk Memudahkan Pencarian

Memuat...

109. Pelaksanaan Pendaftaran Peralihan Hak Milik Atas Tanah Karena Hibah Di Kantor Pertanahan Kabupaten Banjarnegara


SARI

Apabila masyarakat melakukan Pendaftaran Tanah di Kantor Pertanahan Kabupaten/Kota maka masyarakat tersebut akan mendapat jaminan kepastian hukum mengenai pemilik tanah setelah diadakannya kegiatan peralihan hak atas tanah tersebut yang akan diperoleh dengan Sertipikat. Jaminan kepastian hukum yang dimaksud disini adalah 1) Kepastian hukum mengenai orang atau badan hukum yang menjadi pemilik hak atas tanah. Kepastian mengenai siapa yang memiliki sebidang tanah atau subyek hak. 2) Kepastian hukum bidang tanah yang dimilikinya. Hal ini menyangkut letak, batas, dan luas bidang tanah atau obyek hak.

3)Kepastian hukum mengenai hak atas tanah.Memperhatikan pentingnya Pelaksanaan Pendaftaran Peralihan Hak Atas Tanah khususnya karena Hibah. Untuk itu perlu kajian lebih lanjut tentang kegiatan Pendaftaran Peralihan Hak Milik Atas Tanah karena Hibah di Kantor Pertanahan Kabupaten Banjarnegara beserta hambatan-hambatan yang terjadi pada kegiatan Pendaftaran Peralihan Hak Milik Atas Tanah karena Hibah di Kantor Pertanahan Kabupaten Banjarnegara Tersebut.

Permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana mekanisme pendaftaran peralihan hak milik atas tanah karena hibah? (2) apa yang menjadi kendala-kendala dalam proses pendaftaran peralihan hak milik atas tanah karena hibah di Kantor Pertanahan Kabupaten Banjarnegara?. Tujuan penelitian yang hendak dicapai adalah untuk (1) Mengetahui pelaksanaan pendaftaran peralihan hak milik atas tanah karena hibah di Kantor Pertanahan Kabupaten Banjarnegara.(2) Mengetahui tentang kendala – kendala dalam pendaftaran peralihan hak milik atas tanah karena hibah di Kantor Pertanahan Kabupaten Banjarnegara. Manfaat dari penelitian ini adalah (1) diharapkan dapat memberi sumbangan bagi penelitian pada dunia pendidikan, khususnya Perguruan Tinggi.

Setelah membaca Tugas Akhir ini diharapkan pembaca mengetahui dan memahami latar belakang tentang pelaksanaan Pendaftaran peralihan hak milik atas tanah karena hibah di Kantor Pertanahan. (2) Bisa menjadi dasar penelitian selanjutnya yang lebih luas dan mendalam guna mengupas tema tersebut, menambah pengetahuan bagi para mahasiswa di Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan khususnya dan di jurusan lain pada umumnya, menjadi bahan literatur bagi mahasiswa pada umumnya.

Penulis memperoleh data dengan melakukan penelitian di Kantor Pertanahan Kabupaten Banjarnegara. Dan yang menjadi fokus penelitian adalah Pendaftaran Peralihan Hak Milik Atas Tanah karena Hibah di Kantor Pertanahan Kabupaten Banjarnegara. Ada 2 sumber data yang digunakan yaitu sumber data primer dan sumber data sekunder. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode wawancara, metode observasi, dan studi dokumen.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam pelaksanaan pendaftaran peralihan hak milik atas tanah karena hibah di Kantor Pertanahan Kabupaten Banjarnegara sudah sesuai dengan prosedur yang sudah ditentukan. Namun masih terdapat kendala-kendala yang terjadi, diantaranya adalah dalam hal pengukuran karena medan yang jauh dan sulit yang dapat membuat penerbitan Sertipikat tidak tepat waktu. Selain itu banyak faktor yang membuat masyarakat tidak melakukan Pendaftaran tanah, antara lain faktor ekonomi dan sudah menjadi hal yang sangat umum karena penghasilan masyarakat Indonesia khususnya di Kabupaten Banjarnegara yang sedikit apalagi di pedesaan yang hanya mengandalkan alam untuk Sumber mata pencaharian. Hal ini membuat masyarakat di Pedesaaan lebih mementingkan untuk memenuhi kebutuhan pokok dari pada mengurus Pendaftaran Peralihan Hak yang sangat membutuhkan biaya yang banyak misalnya untuk biaya PPAT, Pajak Bumi dan Bangunan yang harus dilunasi dan biaya – biaya yang lainnya.bahkan dalam melakukan penghibahan dilakukan secara lisan tanpa bukti tertulis. Dan masih banyak faktor yang lain seperti faktor pendidikan yang rendah dan kurangnya sosialisasi pada masyarakat.

Simpulan dan saran dalam penelitian ini adalah perlu diadakan persiapan, perencanaan yang matang dan sistematis bagi petugas ukur sebelum melakukan pengukuran. dan peningkatan sosialisasi kepada masyarakat mengenai pentingnya Pendaftaran Tanah ubtuk menjamin kepastian hukum mengenai kepemilikan tanah. Dan masyarakat hendaknya dalam melakukan penghibahan dilakukan dihadapan PPAT agar sah secara hukum dengan dibuat akta PPAT.
File Selengkapnya.....

Teman KoleksiSkripsi.com

Label

Administrasi Administrasi Negara Administrasi Niaga-Bisnis Administrasi Publik Agama Islam Akhwal Syahsiah Akuntansi Akuntansi-Auditing-Pasar Modal-Keuangan Bahasa Arab Bahasa dan Sastra Inggris Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Bimbingan Konseling Bimbingan Penyuluhan Islam Biologi Dakwah Ekonomi Ekonomi Akuntansi Ekonomi Dan Studi pembangunan Ekonomi Manajemen Farmasi Filsafat Fisika Fisipol Free Download Skripsi Hukum Hukum Perdata Hukum Pidana Hukum Tata Negara Ilmu Hukum Ilmu Komputer Ilmu Komunikasi IPS Kebidanan Kedokteran Kedokteran - Ilmu Keperawatan - Farmasi - Kesehatan – Gigi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Keperawatan Keperawatan dan Kesehatan Kesehatan Masyarakat Kimia Komputer Akuntansi Manajemen SDM Matematika MIPA Muamalah Olahraga Pendidikan Agama Isalam (PAI) Pendidikan Bahasa Arab Pendidikan Bahasa Indonesia Pendidikan Bahasa Inggris Pendidikan Biologi Pendidikan Ekonomi Pendidikan Fisika Pendidikan Geografi Pendidikan Kimia Pendidikan Matematika Pendidikan Olah Raga Pengembangan Masyarakat Pengembangan SDM Perbandingan Agama Perbandingan Hukum Perhotelan Perpajakan Perpustakaan Pertambangan Pertanian Peternakan PGMI PGSD PPKn Psikologi PTK PTK - Pendidikan Agama Islam Sastra dan Kebudayaan Sejarah Sejarah Islam Sistem Informasi Skripsi Lainnya Sosiologi Statistika Syari'ah Tafsir Hadist Tarbiyah Tata Boga Tata Busana Teknik Arsitektur Teknik Elektro Teknik Industri Teknik Industri-mesin-elektro-Sipil-Arsitektur Teknik Informatika Teknik Komputer Teknik Lingkungan Teknik Mesin Teknik Sipil Teknologi informasi-ilmu komputer-Sistem Informasi Tesis Farmasi Tesis Kedokteran Tips Skripsi