Isikan Kata Kunci Untuk Memudahkan Pencarian

453. Hubungan Antara Kebiasaan Makan Padi Dengan Prestasi Belajar Pada Anak Sd Kelas V Sekolah Dasar Negeri Citarum 01-02-03-04 Semarang


SARI

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis tentang ada tidaknya hubungan kebiasaan makan pagi dengan prestasi belajar pada anak kelas V Di Sekolah Dasar Negeri Citarum01-02-03-04 Semarang 2005. Hasil penelitian ini diharap dapat memberikan masukan khususnya kepada pihak sekolah bahwa konsumsi makan pagi dapat mempengaruhi prestasi belajar dan dengan keadaan yang demikian dapat dijadikan pertimbangan agar pihak sekolah lebih memperhatikan keaadan anak didiknya khususnya tentang kebiasaan makan pagi dan memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam mengaplikasikan ilmu di bangku kuliah dengan penelitian yang dilakukan di sekolah tersebut.

Populasi dalam penelitian ini adalah semua anak sekolah kelas V di Sekolah Dasar Negeri 01-02-03-04 Semarang pada tahun 2005 sebanyak 169 anak. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling karena didalam pengambilan sampelnya peneliti mempertimbangkan sesuatu karakteristik pengambilan, yaitu sampel yang diambil adalah anak sekolah dasar kelas V yang membiasakan diri untuk makan pagi tetapi mempunyai daya ingat yang setara. Berdasarkan ketentuan tersebut diperoleh sampel sebanyak 35 anak.

Variabel dalam penelitian ini adalah kebiasaan makan pagi sebagai variabel bebas dan prestasi belajar sebagai variabel terikat. Teknik pengambilan data menggunakan angket dan observasi. Teknik analisis data mengunakan analisis deskriptif kualitatif dengan pendekatan persentase dan analisis korelasi rank spearman.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel-variabel kontrol dalam penelitian ini yang meliputi status gizi termasuk kategori sangat baik, kebiasaan belajar baik, kesehatan baik, dan kebiasaan jajan di sekolah baik. Deskripsi variabel penelitian ini yang meliputi kebiasaan makan pagi anak sekolah kelas V di Sekolah Dasar Negeri 01-02-03-04 Semarang pada tahun 2005 yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah baik. Prestasi belajar siswa termasuk kategori baik (6,1). Hasil uji hipotesis menunjukkan adanya hubungan antara kebiasaan makan pagi dengan prestasi belajar yang dibuktikan dari hasil analisis korelasi rang spearmen yang memperoleh koefisien korelasi = 0,456 dengan t hitung = 2,95 > t tabel =2,03.

Berdasarkan hasil penelitian tersebut peneliti dapat mengajukan saransaran antara lain : Bagi siswa kelas V Di Sekolah Dasar Negeri Citarum 01-02-03-04 hendaknya mempertahankan kebiasaan makan paginya yang telah baik dan tetap berusaha meningkatkan kebiasaan makan paginya agar prestasi belajar yang dicapai saat ini yang baru masuk dalam kategori cukup dapat meningkat dan bagi orang tua siswa hendaknya meningkatkan kualitas kandungan gizi makanan yang disediakan bagi anaknya agar dapat menunjang segala aktivitas yang akan dilaksanakan anak.
File Selengkapnya.....

Teman KoleksiSkripsi.com

Label

Administrasi Administrasi Negara Administrasi Niaga-Bisnis Administrasi Publik Agama Islam Akhwal Syahsiah Akuntansi Akuntansi-Auditing-Pasar Modal-Keuangan Bahasa Arab Bahasa dan Sastra Inggris Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Bimbingan Konseling Bimbingan Penyuluhan Islam Biologi Dakwah Ekonomi Ekonomi Akuntansi Ekonomi Dan Studi pembangunan Ekonomi Manajemen Farmasi Filsafat Fisika Fisipol Free Download Skripsi Hukum Hukum Perdata Hukum Pidana Hukum Tata Negara Ilmu Hukum Ilmu Komputer Ilmu Komunikasi IPS Kebidanan Kedokteran Kedokteran - Ilmu Keperawatan - Farmasi - Kesehatan – Gigi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Keperawatan Keperawatan dan Kesehatan Kesehatan Masyarakat Kimia Komputer Akuntansi Manajemen SDM Matematika MIPA Muamalah Olahraga Pendidikan Agama Isalam (PAI) Pendidikan Bahasa Arab Pendidikan Bahasa Indonesia Pendidikan Bahasa Inggris Pendidikan Biologi Pendidikan Ekonomi Pendidikan Fisika Pendidikan Geografi Pendidikan Kimia Pendidikan Matematika Pendidikan Olah Raga Pengembangan Masyarakat Pengembangan SDM Perbandingan Agama Perbandingan Hukum Perhotelan Perpajakan Perpustakaan Pertambangan Pertanian Peternakan PGMI PGSD PPKn Psikologi PTK PTK - Pendidikan Agama Islam Sastra dan Kebudayaan Sejarah Sejarah Islam Sistem Informasi Skripsi Lainnya Sosiologi Statistika Syari'ah Tafsir Hadist Tarbiyah Tata Boga Tata Busana Teknik Arsitektur Teknik Elektro Teknik Industri Teknik Industri-mesin-elektro-Sipil-Arsitektur Teknik Informatika Teknik Komputer Teknik Lingkungan Teknik Mesin Teknik Sipil Teknologi informasi-ilmu komputer-Sistem Informasi Tesis Farmasi Tesis Kedokteran Tips Skripsi