Isikan Kata Kunci Untuk Memudahkan Pencarian

78. Proses Jual Beli Tanah Dan Balik Nama Sertipikat Di Kantor Pertanahan Kabupaten Semarang


SARI

Peralihan hak milik atas tanah yang dikarenakan jual beli tanah merupakan suatu perbuatan hukum yang sengaja dilakukan oleh satu pihak dengan maksud untuk memindahkan hak milik atas tanahnya kepada orang lain. Di mana berpindahnya hak milik atas tanah tersebut diinginkan oleh kedua belah pihak melalui jual beli.

Permasalahan yang dikaji dalam tugas akhir adalah: (1) bagaimanakah proses jual beli tanah di Kantor PPAT? (2) bagaimanakah prosedur balik nama sertipikat berdasarkan akta jual beli di Kantor Pertanahan Kabupaten Semarang? Berkaitan dengan masalah tersebut, tugas akhir ini bertujuan untuk: (1) mengetahui proses jual beli tanah yang berlangsung di Kantor PPAT; (2) untuk mengetahui prosedur balik nama sertipikat berdasarkan akta jual beli di Kantor Pertanahan Kabupaten Semarang. Metode yang digunakan dalam adalah pengumpulan data, yaitu observasi dan wawancara. Metode analisis data yaitu pengumpulan data, pengeditan data, vertifikasi data.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa setiap peralihan hak atas tanah melalui jual beli, setelah dilakukan peralihan haknya oleh PPAT setempat yang dibuktikan dengan akta jual beli, selanjutnya PPAT yang bersangkutan dalam waktu 7 hari kerja sejak penandatanganan akta yang bersangkutan, wajib mendaftarkan peralihan hak atas tanah tersebut pada Kantor Pertanahan setempat dengan membawa berkas-berkas pemohon yang diperlukan. Dalam memberikan pelayanannya melalui sistem loket yang telah disediakan dan pencatatan atau pembukuannya dicatat dalam daftar isian.

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan pendaftaran peralihan hak atas tanah dengan status hak milik, karena jual beli di kantor pertanahan Kabupaten Semarang cukup baik. Hal ini sesuai dengan tata laksana dan ketentuan yang sudah ditentukan, yang dilaksanakan oleh Kasubsi Peralihan, Pembebanan Hak dan Pembinaan PPAT, serta adanya hubungan kerja sama yang baik antara pihak PPAT dengan Kantor Pertanahan Kabupaten Semarang.

Saran yang dapat disampaikan adalah masyarakat hendaknya ketika akan melakukan peralihan hak atas tanah melalui jual beli, harus dilakukan dihadapan PPAT setempat sekaligus dilakukan pendaftaran peralihan haknya pada Kantor Pertanahan Kabupaten Semarang. Hal ini dilakukan agar peralihan hak tersebut mendapat jaminan kepastian hukum dan kekuatan hukum. Diharapkan untuk membuat akta tanah, karena hal ini sangat penting agar dapat meminimalisir terjadinya sengketa tanah yang masih banyak terjadi di masyarakat.
File Selengkapnya.....

Teman KoleksiSkripsi.com

Label

Administrasi Administrasi Negara Administrasi Niaga-Bisnis Administrasi Publik Agama Islam Akhwal Syahsiah Akuntansi Akuntansi-Auditing-Pasar Modal-Keuangan Bahasa Arab Bahasa dan Sastra Inggris Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Bimbingan Konseling Bimbingan Penyuluhan Islam Biologi Dakwah Ekonomi Ekonomi Akuntansi Ekonomi Dan Studi pembangunan Ekonomi Manajemen Farmasi Filsafat Fisika Fisipol Free Download Skripsi Hukum Hukum Perdata Hukum Pidana Hukum Tata Negara Ilmu Hukum Ilmu Komputer Ilmu Komunikasi IPS Kebidanan Kedokteran Kedokteran - Ilmu Keperawatan - Farmasi - Kesehatan – Gigi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Keperawatan Keperawatan dan Kesehatan Kesehatan Masyarakat Kimia Komputer Akuntansi Manajemen SDM Matematika MIPA Muamalah Olahraga Pendidikan Agama Isalam (PAI) Pendidikan Bahasa Arab Pendidikan Bahasa Indonesia Pendidikan Bahasa Inggris Pendidikan Biologi Pendidikan Ekonomi Pendidikan Fisika Pendidikan Geografi Pendidikan Kimia Pendidikan Matematika Pendidikan Olah Raga Pengembangan Masyarakat Pengembangan SDM Perbandingan Agama Perbandingan Hukum Perhotelan Perpajakan Perpustakaan Pertambangan Pertanian Peternakan PGMI PGSD PPKn Psikologi PTK PTK - Pendidikan Agama Islam Sastra dan Kebudayaan Sejarah Sejarah Islam Sistem Informasi Skripsi Lainnya Sosiologi Statistika Syari'ah Tafsir Hadist Tarbiyah Tata Boga Tata Busana Teknik Arsitektur Teknik Elektro Teknik Industri Teknik Industri-mesin-elektro-Sipil-Arsitektur Teknik Informatika Teknik Komputer Teknik Lingkungan Teknik Mesin Teknik Sipil Teknologi informasi-ilmu komputer-Sistem Informasi Tesis Farmasi Tesis Kedokteran Tips Skripsi