Isikan Kata Kunci Untuk Memudahkan Pencarian

Memuat...

122. Dampak Penerbitan Sertipikat Hak Atas Tanah Secara Massal Swadaya Terhadap Pembebanan Hak Tanggungan Di Desa Maduretno Kecamatan Kalikajar


SARI

Banyaknya tanah di Desa Maduretno yang belum bersertipikat, mendorong Kantor Pertanahan Kabupaten Wonosobo menyelenggarakan sertipikasi tanah secara massal swadaya. Dari adanya Penerbitan sertipikat secara massal swadaya di Desa Maduretno berdampak pada meningkatnya jumlah pembebanan di Kantor Pertanahan Kabupaten Wonosobo. Namun, kebenaran argumen ini perlu dibuktikan melalui kegiatan penelitian agar diperoleh jawaban yang akurat.

Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah : (1) Manfaat Apa yang diperoleh dari adanya penerbitan sertipikat tanah secara massal swadaya di Desa Maduretno Kecamatan Kalikajar Kabupaten Wonosobo? (2) Bagaimana dampak penerbitan sertipikat hak atas tanah secara massal swadaya terhadap pembebanan hak tanggungan di Desa Maduretno Kecamatan Kalikajar Kabupaten Wonosobo? Penelitian ini bertujuan : (1) Untuk mengetahui manfaat yang diperoleh dari adanya penerbitan sertipikat hak atas tanah secara massal swadaya di Desa Maduretno Kecamatan Kalikajar Kabupaten Wonosobo, (2) Untuk mengetahui dampak dari penerbitan sertipikat hak atas tanah secara massal swadaya terhadap pembebanan hak tanggungan di Desa Maduretno Kecamatan Kalikajar Kabupaten Wonosobo.

Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Penelitian ini berlokasi di Desa Maduretno Kecamatan Kalikajar Kabupaten Wonosobo. Sumber data primer diperoleh melalui wawancara dan pengamatan, sedangkan sumber data sekunder diperoleh melalui dokumentasi. Penelitian ini difokuskan pada manfaat yang diperoleh dari adanya penerbitan sertipikat tanah secara massal swadaya dan dampak penerbitan sertipikat secara massal swadaya terhadap pembebanan hak tanggungan di Desa Maduretno Kecamatan Kalikajar Kabupaten Wonosobo Teknik pengumpulan data meliputi : a) Wawancara, digunakan untuk memperoleh informasi yang berkaitan dalam penelitian ini, b) Observasi, teknik ini dipakai untuk mendapatkan data melalui kegiatan melihat, mendengar, dan pengindraan lainnya yang mungkin dilakukan hingga memperoleh data informasi yang diperlukan, dan c) Dokumentasi, teknik ini dipakai untuk memperoleh dokumen/data yang dimiliki oleh instansi-instansi maupun literatur, perundangundangan yang berkaitan dengan penelitian ini.

Obyektivitas dan keabsahan data menggunakan teknik Triangulasi, yaitu menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi metode. Untuk analisis data yang digunakan dalam skripsi ini adalah analisis data kualitatif interaktif yang terdiri dari tiga alur kegiatan pengumpulan data, yaitu : Reduksi Data, Penyajian Data, Penarikan Kesimpulan dan Verifikasi.

Hasil dari penelitian menunjukan bahwa manfaat yang diperoleh dari adanya sertipikasi tanah serta massal swadaya di Desa Maduretno adalah : (1) Adanya jaminan kepastian hukum, (2) Memperkecil terjadinya sengketa tanah (hak, batas, kedudukan tanah), (3) Memperlancar Pembebanan Hak Tanggungan di Kantor Pertanahan. (4). Meningkatkan nilai jual tanah. Berdasarkan penelitian ini peneliti melihata adanya dampak yang signifikan antara penerbitan sertipikat hak atas tanah terhadap pembebanan hak tanggungan di Desa Maduretno Kabupaten Wonosobo. Karena dengan adanya sertipikasi tanah secara massal swadaya pembebanan hak tanggungan di Desa Maduretno mengalami peningkatan yang cukup tinggi dari 14 sertipikat menjadi 33 sertipikat, sehingga peningkatan yang terjadi adalah sebesar 135,71%.

Hasil penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat bagi masyarakat khususnya masyarakat Desa Maduretno Kecamatan Kalikajar Kabupaten Wonosobo bahwa penerbitan sertipikat hak atas tanah dapat digunakan sebagai jaminan utang untuk modal usaha maupun keperluan lain. Saran peneliti bahwa tanah yang belum bersertipikat secepatnya disertipikatkan karena selain dapat menjamin kepastian hukum mengenai kepemilikan tanah, sertipikat juga dapat dijadikan jaminan utang sebagai modal usaha maupun untuk keperluan lain, yang bertujuan tak lain untuk meningkatkan kesehateraan pemilik tanah itu sendiri.
File Selengkapnya.....

Teman KoleksiSkripsi.com

Label

Administrasi Administrasi Negara Administrasi Niaga-Bisnis Administrasi Publik Agama Islam Akhwal Syahsiah Akuntansi Akuntansi-Auditing-Pasar Modal-Keuangan Bahasa Arab Bahasa dan Sastra Inggris Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Bimbingan Konseling Bimbingan Penyuluhan Islam Biologi Dakwah Ekonomi Ekonomi Akuntansi Ekonomi Dan Studi pembangunan Ekonomi Manajemen Farmasi Filsafat Fisika Fisipol Free Download Skripsi Hukum Hukum Perdata Hukum Pidana Hukum Tata Negara Ilmu Hukum Ilmu Komputer Ilmu Komunikasi IPS Kebidanan Kedokteran Kedokteran - Ilmu Keperawatan - Farmasi - Kesehatan – Gigi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Keperawatan Keperawatan dan Kesehatan Kesehatan Masyarakat Kimia Komputer Akuntansi Manajemen SDM Matematika MIPA Muamalah Olahraga Pendidikan Agama Isalam (PAI) Pendidikan Bahasa Arab Pendidikan Bahasa Indonesia Pendidikan Bahasa Inggris Pendidikan Biologi Pendidikan Ekonomi Pendidikan Fisika Pendidikan Geografi Pendidikan Kimia Pendidikan Matematika Pendidikan Olah Raga Pengembangan Masyarakat Pengembangan SDM Perbandingan Agama Perbandingan Hukum Perhotelan Perpajakan Perpustakaan Pertambangan Pertanian Peternakan PGMI PGSD PPKn Psikologi PTK PTK - Pendidikan Agama Islam Sastra dan Kebudayaan Sejarah Sejarah Islam Sistem Informasi Skripsi Lainnya Sosiologi Statistika Syari'ah Tafsir Hadist Tarbiyah Tata Boga Tata Busana Teknik Arsitektur Teknik Elektro Teknik Industri Teknik Industri-mesin-elektro-Sipil-Arsitektur Teknik Informatika Teknik Komputer Teknik Lingkungan Teknik Mesin Teknik Sipil Teknologi informasi-ilmu komputer-Sistem Informasi Tesis Farmasi Tesis Kedokteran Tips Skripsi