Isikan Kata Kunci Untuk Memudahkan Pencarian

Memuat...

363. Identifikasi Dan Penilaian Risiko Pada Unit Kiln Tuban Pt. Semen Gresik (Persero) Tbk


ABSTRAK

Identifikasi bahaya dan penilaian risiko merupakan bagian dari manajemen risiko yang bertujuan untuk mengelola aspek dan dampak keselamatan dan kesehatan kerja dalam upaya menciptakan lingkungan yang aman, sehat, efisien dan produktif serta merupakan ketentuan yang harus dipenuhi dalam implementasi OHSAS 18001.

Tujuan umum dari penelitian adalah mempelajari identifikasi bahaya dan penilaian risiko di unit Kiln Tuban I PT. Semen Gresik (Persero) Tbk, sedangkan tujuan khususnya adalah mempelajari penerapan identifikasi bahaya dan penilaian risiko berdasarkan kriteria penilaian risiko sistem manajemen pada unit Kiln Tuban I PT. Semen Gresik (Persero) Tbk.

Berdasarkan sifat masalah dan analisis data, penelitian ini termasuk penelitian deskriptif, ditinjau dari segi waktu termasuk penelitian crosssectional. Sasaran penelitian adalah penerapan identifikasi bahaya dan penilaian risiko di Unit Kiln Tuban I PT. Semen Gresik (Persero) Tbk. Metode yang digunakan penulis dalam melakukan penilaian risiko mengacu pada metode yang digunakan perusahaan pada saat diambilnya data ini. Data yang dipakai adalah data primer dari observasi, wawancara serta data sekunder yang diperoleh dari seksi K3 perusahaan. Waktu penelitian dilaksanakan pada bulan Januari hingga Juli 2010.

Dalam penilaian risiko digunakan kriteria kemungkinan dan konsekuensi dengan memperhatikan pengendalian bahaya yang sudah ada. Hasil identifikasi bahaya mulai dari proses preheater sampai clinker storage di Unit Kiln didapatkan 53 potensi bahaya dan 70 risiko. Hasil penilaian risiko didapatkan 17 kriteria low risk, 29 kriteria moderate risk, 22 kriteria high risk dan 2 kriteria extreme risk.

Identifikasi bahaya dan penilaian risiko dilakukan secara menyeluruh terhadap aktivitas proses produksi yang dilakukan oleh tenaga pelaksana yang yang berasal dari regu keselamatan kerja. Saran perlu dilakukan pelatihan terhadap pelaksana dan bekerja dengan tim untuk menganalisa bahaya serta risiko di tempat kerja.
File Selengkapnya.....

Teman KoleksiSkripsi.com

Label

Administrasi Administrasi Negara Administrasi Niaga-Bisnis Administrasi Publik Agama Islam Akhwal Syahsiah Akuntansi Akuntansi-Auditing-Pasar Modal-Keuangan Bahasa Arab Bahasa dan Sastra Inggris Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Bimbingan Konseling Bimbingan Penyuluhan Islam Biologi Dakwah Ekonomi Ekonomi Akuntansi Ekonomi Dan Studi pembangunan Ekonomi Manajemen Farmasi Filsafat Fisika Fisipol Free Download Skripsi Hukum Hukum Perdata Hukum Pidana Hukum Tata Negara Ilmu Hukum Ilmu Komputer Ilmu Komunikasi IPS Kebidanan Kedokteran Kedokteran - Ilmu Keperawatan - Farmasi - Kesehatan – Gigi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Keperawatan Keperawatan dan Kesehatan Kesehatan Masyarakat Kimia Komputer Akuntansi Manajemen SDM Matematika MIPA Muamalah Olahraga Pendidikan Agama Isalam (PAI) Pendidikan Bahasa Arab Pendidikan Bahasa Indonesia Pendidikan Bahasa Inggris Pendidikan Biologi Pendidikan Ekonomi Pendidikan Fisika Pendidikan Geografi Pendidikan Kimia Pendidikan Matematika Pendidikan Olah Raga Pengembangan Masyarakat Pengembangan SDM Perbandingan Agama Perbandingan Hukum Perhotelan Perpajakan Perpustakaan Pertambangan Pertanian Peternakan PGMI PGSD PPKn Psikologi PTK PTK - Pendidikan Agama Islam Sastra dan Kebudayaan Sejarah Sejarah Islam Sistem Informasi Skripsi Lainnya Sosiologi Statistika Syari'ah Tafsir Hadist Tarbiyah Tata Boga Tata Busana Teknik Arsitektur Teknik Elektro Teknik Industri Teknik Industri-mesin-elektro-Sipil-Arsitektur Teknik Informatika Teknik Komputer Teknik Lingkungan Teknik Mesin Teknik Sipil Teknologi informasi-ilmu komputer-Sistem Informasi Tesis Farmasi Tesis Kedokteran Tips Skripsi