Isikan Kata Kunci Untuk Memudahkan Pencarian

Memuat...

376. Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Keadaan Kurang Energi Kronis (Kek) Pada Ibu Hamil Di Kabupaten Banjarnegara


SARI

Status gizi masyarakat dapat digambarkan terutama melalui status gizi anak balita dan ibu hamil. Bayi dengan berat lahir rendah merupakan salah satu akibat dari ibu hamil yang menderita Kurang Energi Kronis (KEK) sehingga anak akan mengalami status gizi buruk dalam siklus kehidupannya nanti. Adapun faktor penyebab terjadinya status gizi kurang (KEK) pada ibu hamil sangat kompleks diantaranya ketidak seimbangan asupan zat-zat gizi, faktor penyakit pencernaan, absorsi dan penyakit infeksi. Dalam penelitian ini yang dikaji adalah faktor-faktor yang berhubungan dengan KEK ibu hamil di Kabupaten Banjarnegara tahun 2005. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktorfaktor apa saja yang berhubungan dengan KEK pada ibu hamil di Kabupaten Banjarnegara tahun 2005.

Penelitian ini menggunakan penelitian survey analitik dengan pendekatan Cross sectional. Populasi ibu hamil di Kabupaten Banjarnegara tahun 2005 adalah sebanyak 4.802 ibu hamil. Penentuan sampel dilakukan dengan menggunakan metode Purposive sampling dan besarnya sampel diperoleh 97 sampel. Analisis data yang digunakan adalah uji Chi-Square.

Dari hasil analisis Bivariat diperoleh variabel yang berhubungan dengan keadaan Kurang Energi Kronis (KEK) pada ibu hamil adalah Jumlah Konsumsi Energi {p=0,000 CC=0,390 OR=9,793 (95% Cl=2,967-32,324)}, Usia ibu hamil{p=0,015 CC=0,239 OR=3,298 (95% Cl=1,225-8,879)},beban kerja ibu hamil {p=0,001 CC=0,329 OR=6,545 (95% Cl=2,054-20,861)}, dan pendapatan keluarga {p= 0,000 CC=0,340 OR=5,12 (95% Cl=2,010-13,040)} serta pengetahuan ibu tentang gizi dan kesehatan ibu hamil (p=0,007), sedangkan variabel yang lainnya yaitu Paritas (p=0,375), Jarak kelahiran (p=0,900) Adanya Penyakit Infeksi (p=0,123), dan adanya pantangan terhadap makanan (p=0,574) dalam penelitian ini tidak terdapat hubungan yang signifikan.

Saran yang dapat diberikan yaitu meningkatkan kualitas gizi ibu hamil dengan meningkatkan konsumsi energi sehingga zat-zat gizi yang dibutuhkan tubuh maupun janin dapat terpenuhi. Selain itu untuk kehamilan pertama sebaikya lebih dari 20 tahun dan bila usia ibu sudah 35 tahun sebaiknya ibu tidak hamil kembali. Beban kerja ibu selama hamil sebaiknya dikurangi tanpa membatasi aktifitasnya dan pendapatan keluarga ditingkatkan sehingga semua kebutuhannya dapat terpenuhi terutama makanan.
File Selengkapnya.....

Teman KoleksiSkripsi.com

Label

Administrasi Administrasi Negara Administrasi Niaga-Bisnis Administrasi Publik Agama Islam Akhwal Syahsiah Akuntansi Akuntansi-Auditing-Pasar Modal-Keuangan Bahasa Arab Bahasa dan Sastra Inggris Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Bimbingan Konseling Bimbingan Penyuluhan Islam Biologi Dakwah Ekonomi Ekonomi Akuntansi Ekonomi Dan Studi pembangunan Ekonomi Manajemen Farmasi Filsafat Fisika Fisipol Free Download Skripsi Hukum Hukum Perdata Hukum Pidana Hukum Tata Negara Ilmu Hukum Ilmu Komputer Ilmu Komunikasi IPS Kebidanan Kedokteran Kedokteran - Ilmu Keperawatan - Farmasi - Kesehatan – Gigi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Keperawatan Keperawatan dan Kesehatan Kesehatan Masyarakat Kimia Komputer Akuntansi Manajemen SDM Matematika MIPA Muamalah Olahraga Pendidikan Agama Isalam (PAI) Pendidikan Bahasa Arab Pendidikan Bahasa Indonesia Pendidikan Bahasa Inggris Pendidikan Biologi Pendidikan Ekonomi Pendidikan Fisika Pendidikan Geografi Pendidikan Kimia Pendidikan Matematika Pendidikan Olah Raga Pengembangan Masyarakat Pengembangan SDM Perbandingan Agama Perbandingan Hukum Perhotelan Perpajakan Perpustakaan Pertambangan Pertanian Peternakan PGMI PGSD PPKn Psikologi PTK PTK - Pendidikan Agama Islam Sastra dan Kebudayaan Sejarah Sejarah Islam Sistem Informasi Skripsi Lainnya Sosiologi Statistika Syari'ah Tafsir Hadist Tarbiyah Tata Boga Tata Busana Teknik Arsitektur Teknik Elektro Teknik Industri Teknik Industri-mesin-elektro-Sipil-Arsitektur Teknik Informatika Teknik Komputer Teknik Lingkungan Teknik Mesin Teknik Sipil Teknologi informasi-ilmu komputer-Sistem Informasi Tesis Farmasi Tesis Kedokteran Tips Skripsi