Isikan Kata Kunci Untuk Memudahkan Pencarian

Memuat...

382. Hubungan Antara Kesegaran Jasmani Dengan Tekanan Darah Pada Karang Taruna Tunas Harapan Usia 20-39 Tahun Di Bulakrejo Sragen


ABSTRAK

Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah adakah hubungan antara kesegaran jasmani dengan tekanan darah pada karang taruna tunas harapan usia 20-39 tahun di Bulakrejo Sragen. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara kesegaran jasmani dengan tekanan darah pada karang taruna tunas harapan usia 20-39 tahun di Bulakrejo Sragen. Jenis penelitian ini adalah explanatory research dengan metode survei dan dengan pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh anggota karang taruna tunas harapan Bulakrejo Sragen yang berjumlah 90 orang.

Sampel yang diambil sejumlah 50 orang yang diperoleh dengan menggunakan teknik purposive sampling. Dengan kriteria kesegaran jasmani baik, sedang, buruk dan tekanan darah normal, perbatasan, hipertensi. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah : (1) Tes jalan cepat 4,8 Km dengan sarana stopwatch, nomor dada, meteran, (2) pengukuran tekanan darah dengan sarana tensimeter air raksa, stetoskop. Data yang diperoleh dalam penelitian ini diolah dengan menggunakan statistic korelasi Rank Spearman dengan nilai probabilitas 0,003.

Dari hasil penelitian didapatkan bahwa sebagian besar responden berada dalam tingkat kesegaran jasmani baik 58%, sedang 34%, dan buruk 8%. Hasil pengukuran tekanan darah menunjukan ada 68% responden memiliki tekanan darah normal, perbatasan 24% dan Hipertensi 8%. Dari uji statistik didapatkan nilai rs = 0,408.

Dari hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan ada hubungan yang signifikan antara kesegaran jasmani dengan tekanan darah. Berdasarkan hasil penelitian saran yang diajukan adalah bagi anggota karang taruna dengan kesegaran jasmani baik hendaknya selalu menjaga dan mempertahankan kesegaran jasmaninya dengan cara jogging, jalan kaki, senam. Anggota karang taruna dengan kesegaran jasmani sedang dan buruk hendaknya dapat meningkatkan kesegaran jasmani menjadi lebih baik dengan berolahraga secara teratur dan benar. Bagi masyarakat yang ingin menjaga tekanan darah agar tetap normal, dianjurkan rajin melakukan aktifitas fisik, seperti dengan latihan senam secara teratur tiga kali setiap minggu selama 30 menit. Perlu ada penelitian lebih lanjut, mengenai faktor yang berhubungan dengan tekanan darah.
File Selengkapnya.....

Teman KoleksiSkripsi.com

Label

Administrasi Administrasi Negara Administrasi Niaga-Bisnis Administrasi Publik Agama Islam Akhwal Syahsiah Akuntansi Akuntansi-Auditing-Pasar Modal-Keuangan Bahasa Arab Bahasa dan Sastra Inggris Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Bimbingan Konseling Bimbingan Penyuluhan Islam Biologi Dakwah Ekonomi Ekonomi Akuntansi Ekonomi Dan Studi pembangunan Ekonomi Manajemen Farmasi Filsafat Fisika Fisipol Free Download Skripsi Hukum Hukum Perdata Hukum Pidana Hukum Tata Negara Ilmu Hukum Ilmu Komputer Ilmu Komunikasi IPS Kebidanan Kedokteran Kedokteran - Ilmu Keperawatan - Farmasi - Kesehatan – Gigi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Keperawatan Keperawatan dan Kesehatan Kesehatan Masyarakat Kimia Komputer Akuntansi Manajemen SDM Matematika MIPA Muamalah Olahraga Pendidikan Agama Isalam (PAI) Pendidikan Bahasa Arab Pendidikan Bahasa Indonesia Pendidikan Bahasa Inggris Pendidikan Biologi Pendidikan Ekonomi Pendidikan Fisika Pendidikan Geografi Pendidikan Kimia Pendidikan Matematika Pendidikan Olah Raga Pengembangan Masyarakat Pengembangan SDM Perbandingan Agama Perbandingan Hukum Perhotelan Perpajakan Perpustakaan Pertambangan Pertanian Peternakan PGMI PGSD PPKn Psikologi PTK PTK - Pendidikan Agama Islam Sastra dan Kebudayaan Sejarah Sejarah Islam Sistem Informasi Skripsi Lainnya Sosiologi Statistika Syari'ah Tafsir Hadist Tarbiyah Tata Boga Tata Busana Teknik Arsitektur Teknik Elektro Teknik Industri Teknik Industri-mesin-elektro-Sipil-Arsitektur Teknik Informatika Teknik Komputer Teknik Lingkungan Teknik Mesin Teknik Sipil Teknologi informasi-ilmu komputer-Sistem Informasi Tesis Farmasi Tesis Kedokteran Tips Skripsi