Isikan Kata Kunci Untuk Memudahkan Pencarian

Memuat...

388. Hubungan Antara Konsumsi Kopi Pada Perokok Berat Dengan Kejadian Hipertensi Di Wilayah Kerja Puskesmas Ngesrep Semarang


ABSTRAK

Individu yang mengkonsumsi sejumlah besar kopi juga merokok. Pada perokok berat tekanan darah berada pada level tinggi sepanjang hari. Perokok berat pada penelitian ini berjumlah 50 responden. Selama tahun 2008 kasus hipertensi diwilayah kerja Puskesmas Ngesrep menduduki peringkat 10 besar angka kesakitan yang ada di Puskesmas Ngesrep. Permsalahan dalam penelitian ini adalah adakah hubungan antara konsumsi kopi pada perokok berat dengan kejadian hipertensi di Wilayah Kerja Puskesmas Ngesrep Semarang. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui hubungan antara konsumsi kopi pada perokok berat dengan kejadian hipertensi di Wilayah Kerja Puskesmas Ngesrep Semarang.

Jenis penelitian ini adalah survei analitik dengan pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah pasien laki-laki yang periksa di wilayah kerja puskesmas Ngesrep yang mempunyai kebiasaan merokok yang berjumlah 110. Sampel yang diambil sebanyak 50 responden dengan metode purposive sampling. Instrument yang digunakan yaitu kuesioner penyaring, tensimeter air raksa dan stetoskop, timbangan dan mikrotoa. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan uji chi square dengan derajat kemaknaan (α = 0,05).

Hasil penelitian didapatkan bahwa ada hubungan antara konsumsi kopi dengan kejadian hipertensi (ρ=0,046 dan RP=0,625) dan hasil penelitian didapatkan bahwa 52 % konsumsi kopi rendah pada perokok berat dan 48 % konsumsi kopi tinggi pada perokok berat. Dari hasil uji statistik didapatkan nilai ρ< 0,05.

Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada hubungan antara konsumsi kopi pada perokok berat dengan kejadian hipertensi. Berdasarkan hasil dari penelitian saran yang di anjurkan Bagi Puskesmas adalah memberikan penyuluhan kesehatan khususnya masalah hipertensi dan faktor-faktor yang mempengaruhinya salah satunya adalah konsumsi kopi dan merokok, bagi masyarakat untuk mengurangi jumlah rokok, membatasi asupan kafein dan hindari konsumsi kafein sebelum memulai aktivitas yang secara alami meningkatkan tekanan darah, misalnya: olahraga dan pekerja fisik berat, bagi peneliti lanjutan disarankan untuk menggali lebih dalam tentang hubungan antara konsumsi kopi pada perokok berat dengan kejadian hipertensi.
File Selengkapnya.....

Teman KoleksiSkripsi.com

Label

Administrasi Administrasi Negara Administrasi Niaga-Bisnis Administrasi Publik Agama Islam Akhwal Syahsiah Akuntansi Akuntansi-Auditing-Pasar Modal-Keuangan Bahasa Arab Bahasa dan Sastra Inggris Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Bimbingan Konseling Bimbingan Penyuluhan Islam Biologi Dakwah Ekonomi Ekonomi Akuntansi Ekonomi Dan Studi pembangunan Ekonomi Manajemen Farmasi Filsafat Fisika Fisipol Free Download Skripsi Hukum Hukum Perdata Hukum Pidana Hukum Tata Negara Ilmu Hukum Ilmu Komputer Ilmu Komunikasi IPS Kebidanan Kedokteran Kedokteran - Ilmu Keperawatan - Farmasi - Kesehatan – Gigi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Keperawatan Keperawatan dan Kesehatan Kesehatan Masyarakat Kimia Komputer Akuntansi Manajemen SDM Matematika MIPA Muamalah Olahraga Pendidikan Agama Isalam (PAI) Pendidikan Bahasa Arab Pendidikan Bahasa Indonesia Pendidikan Bahasa Inggris Pendidikan Biologi Pendidikan Ekonomi Pendidikan Fisika Pendidikan Geografi Pendidikan Kimia Pendidikan Matematika Pendidikan Olah Raga Pengembangan Masyarakat Pengembangan SDM Perbandingan Agama Perbandingan Hukum Perhotelan Perpajakan Perpustakaan Pertambangan Pertanian Peternakan PGMI PGSD PPKn Psikologi PTK PTK - Pendidikan Agama Islam Sastra dan Kebudayaan Sejarah Sejarah Islam Sistem Informasi Skripsi Lainnya Sosiologi Statistika Syari'ah Tafsir Hadist Tarbiyah Tata Boga Tata Busana Teknik Arsitektur Teknik Elektro Teknik Industri Teknik Industri-mesin-elektro-Sipil-Arsitektur Teknik Informatika Teknik Komputer Teknik Lingkungan Teknik Mesin Teknik Sipil Teknologi informasi-ilmu komputer-Sistem Informasi Tesis Farmasi Tesis Kedokteran Tips Skripsi