Isikan Kata Kunci Untuk Memudahkan Pencarian

Memuat...

398. Hubungan Antara Status Gizi Dan Motivasi Belajar Dengan Hasil Belajar Siswa Sd Kajar 02 Kecamatan Trangkil Kabupaten Pati


SARI

Penelitian ini berjudul “Hubungan Status Gizi dan Motivasi dengan Hasil Belajar Siswa SD Kajar 02 Kecamatan Trangkil Kabupaten Pati Tahun Ajaran 2004/2005”, dengan latar belakang dalam upaya mencapai hasil belajar yang optimal, siswa selalu dihadapkan pada berbagai masalah dan kendala, status gizi dan motivasi harus terus diupayakan untuk meningkatkan hasil belajar, hingga pengembangan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) menjadi lebih maksimal.

Permasalahan dalam penelitian ini yaitu adakah hubungan status gizi dengan hasil belajar siswa SD Kajar 02 Kecamatan Trangkil Kabupaten Pati Tahun Ajaran 2004/2005, adakah hubungan motivasi dengan hasil belajar siswa SD Kajar 02 Kecamatan Trangkil Kabupaten Pati Tahun Ajaran 2004/2005

Tujuan dari penelitian ini, untuk mengetahui hubungan status gizi dengan hasil belajar siswa SD Kajar 02 Kecamatan Trangkil Kabupaten Pati Tahun Ajaran 2004/2005, untuk mengetahui hubungan motivasi dengan hasil belajar siswa SD Kajar 02 Kecamatan Trangkil Kabupaten Pati Tahun Ajaran 2004/2005.

Hipotesis yang ingin diuji kebenarannya yaitu, ada hubungan antara status gizi dengan hasil belajar siswa SD Kajar 02 Kecamatan Trangkil Kabupaten Pati Tahun Ajaran 2004/2005, ada hubungan motivasi dengan hasil belajar siswa SD Kajar 02 Kecamatan Trangkil Kabupaten Pati Tahun Ajaran 2004/2005.

Metode penelitian yang digunakan dengan populasi seluruh siswa kelas 1 sampai kelas 6 sejumlah 122 siswa. Berdasarkan kriteria inklusi dan eksklusi, sampel yang diambil adalah kelas 3 sampai kelas 6 dengan rangking 1 sampai 10 sejumlah 40 siswa. Jenis penelitian adalah explanatory research dengan pendekatan cross sectional study. Teknik pengambilan data status gizi melalui pengukuran antoprometri yaitu BB/U dan BB/TB, pengambilan data motivasi melalui pengisian kuesioner, pengambilan data hasil belajar melalui nilai hasil semester 1. Teknik analisis data untuk dua variabel yang terdiri dari satu variabel bebas dan satu variabel terikat masing-masing digunakan chi square.

Berdasarkan analisis chi square untuk hubungan status gizi dengan hasil belajar menghasilkan chi square hitung = 305,806 dan chi square tabel 305,041 sehingga chi square hitung > chi square tabel. Analisis chi square untuk hubungan motivasi dengan hasil belajar diperoleh chi square hitung = 98,889 dan chi square tabel = 75,624.

Disimpulkan bahwa ada hubungan yang berarti antara status gizi dengan hasil belajar siswa SD Kajar 02 Kecamatan Trangkil Kabupaten Pati Tahun Ajaran 2004/2005 dan ada hubungan yang berarti antara motivasi dengan hasil belajar siswa SD Kajar 02 Kecamatan Trangkil Kabupaten Pati Tahun Ajaran 2004/2005. Saran yang dapat diberikan yaitu hendaknya semua orang tua untuk memperhatikan kansumsi makan anak, karena kebutuhan gizi yang cukup dan terpenuhi dapat menunjang hasil belajarnya. Diharapkan pula kerjasama guru dengan orang tua terhadap pemberian bimbingan, pengarahan, dan motivasi siswa untuk mendukung hasil belajarnya.
File Selengkapnya.....

Teman KoleksiSkripsi.com

Label

Administrasi Administrasi Negara Administrasi Niaga-Bisnis Administrasi Publik Agama Islam Akhwal Syahsiah Akuntansi Akuntansi-Auditing-Pasar Modal-Keuangan Bahasa Arab Bahasa dan Sastra Inggris Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Bimbingan Konseling Bimbingan Penyuluhan Islam Biologi Dakwah Ekonomi Ekonomi Akuntansi Ekonomi Dan Studi pembangunan Ekonomi Manajemen Farmasi Filsafat Fisika Fisipol Free Download Skripsi Hukum Hukum Perdata Hukum Pidana Hukum Tata Negara Ilmu Hukum Ilmu Komputer Ilmu Komunikasi IPS Kebidanan Kedokteran Kedokteran - Ilmu Keperawatan - Farmasi - Kesehatan – Gigi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Keperawatan Keperawatan dan Kesehatan Kesehatan Masyarakat Kimia Komputer Akuntansi Manajemen SDM Matematika MIPA Muamalah Olahraga Pendidikan Agama Isalam (PAI) Pendidikan Bahasa Arab Pendidikan Bahasa Indonesia Pendidikan Bahasa Inggris Pendidikan Biologi Pendidikan Ekonomi Pendidikan Fisika Pendidikan Geografi Pendidikan Kimia Pendidikan Matematika Pendidikan Olah Raga Pengembangan Masyarakat Pengembangan SDM Perbandingan Agama Perbandingan Hukum Perhotelan Perpajakan Perpustakaan Pertambangan Pertanian Peternakan PGMI PGSD PPKn Psikologi PTK PTK - Pendidikan Agama Islam Sastra dan Kebudayaan Sejarah Sejarah Islam Sistem Informasi Skripsi Lainnya Sosiologi Statistika Syari'ah Tafsir Hadist Tarbiyah Tata Boga Tata Busana Teknik Arsitektur Teknik Elektro Teknik Industri Teknik Industri-mesin-elektro-Sipil-Arsitektur Teknik Informatika Teknik Komputer Teknik Lingkungan Teknik Mesin Teknik Sipil Teknologi informasi-ilmu komputer-Sistem Informasi Tesis Farmasi Tesis Kedokteran Tips Skripsi