Isikan Kata Kunci Untuk Memudahkan Pencarian

Memuat...

402. Pendugaan Hubungan Antara Berat Beban Dan Frekuensi Angkat Dengan Kelelahan Pada Buruh Angkut Barang Di Jalan Beteng Semarang


SARI

Lokasi Beteng yang berdekatan dengan pasar Johar merupakan pusat perdagangan dari berbagai komoditi yang dibutuhkan masyarakat. Pada jalan tersebut terdapat 47 orang buruh angkut, yang rata–rata mengangkat beban antara 75–100 kg sekali angkat. Permasalahan dalam penelitian ini adalah adakah hubungan antara berat beban dengan kelelahan pada buruh angkut barang di Jalan Beteng Semarang dan adakah hubungan antara frekuensi angkat dengan kelelahan pada buruh angkut barang di Jalan Beteng Semarang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara berat beban dan frekuensi angkat dengan kelelahan pada buruh angkut barang di Jalan Beteng Semarang.

Desain penelitian dengan menggunakan pendekatan Cross Sectional. Populasi dalam penelitian sebanyak 47 orang. Cara pemilihan sampel yang digunakan adalah Non-Probability Sampling dengan teknik Purposive Sampling, sehingga diperoleh sampel 20 orang. Teknik pengambilan data digunakan kuesioner, observasi serta data pengukuran.

Hasil penelitian digunakan uji t menunjukan adanya hubungan antara berat beban dengan kelelahan buruh angkut dengan nilai P 0,018 < 0,05 yang berarti bahwa ada hubungan yang nyata antara berat beban dengan tingkat kelelahan. Hasil analisis ini juga menunjukkan bahwa berat beban semakin tinggi menyebabkan tingkat kelelahan yang tinggi pula. Selain itu hubungan antara frekuensi angkat dengan kelelahan buruh angkut ditunjukkan dengan nilai P 0,039 < 0,05 yang berarti bahwa ada hubungan yang nyata antara frekuensi angkat dengan tingkat kelelahan. Hasil tersebut juga menunjukkan bahwa frekuensi angkat yang semakin tinggi menyebabkan tingkat kelelahan yang tinggi pula.

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara berat beban dengan kelelahan dan Ada hubungan yang signifikan antara frekuensi angkat dengan kelelahan. Disarankan, Bagi Serikat Pekerja Transport Indonesia-Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (SPTI-SPSI) unit A, dapat menegaskan kepada buruh angkut bahwa untuk beban diatas 40 kg hendaknya alat bantu seperti lori, tuas pengungkit, roller, lebih dimanfaatkan dan diefektifkan guna menghindari risiko kelelahan kerja. Bagi Serikat Pekerja Transport Indonesia- Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (SPTI-SPSI) unit A, dapat menyelenggarakan Pos Unit Kesehatan Kerja (UKK) guna meningkatkan derajat kesehatan buruh angkut barang di Jalan Beteng Semarang. Bagi peneliti selanjutnya, agar dapat meneliti lebih lanjut tentang kelelahan pada buruh angkut barang di Jalan Beteng Semarang selain faktor beban kerja dan frekuensi angkat.
File Selengkapnya.....

Teman KoleksiSkripsi.com

Label

Administrasi Administrasi Negara Administrasi Niaga-Bisnis Administrasi Publik Agama Islam Akhwal Syahsiah Akuntansi Akuntansi-Auditing-Pasar Modal-Keuangan Bahasa Arab Bahasa dan Sastra Inggris Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Bimbingan Konseling Bimbingan Penyuluhan Islam Biologi Dakwah Ekonomi Ekonomi Akuntansi Ekonomi Dan Studi pembangunan Ekonomi Manajemen Farmasi Filsafat Fisika Fisipol Free Download Skripsi Hukum Hukum Perdata Hukum Pidana Hukum Tata Negara Ilmu Hukum Ilmu Komputer Ilmu Komunikasi IPS Kebidanan Kedokteran Kedokteran - Ilmu Keperawatan - Farmasi - Kesehatan – Gigi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Keperawatan Keperawatan dan Kesehatan Kesehatan Masyarakat Kimia Komputer Akuntansi Manajemen SDM Matematika MIPA Muamalah Olahraga Pendidikan Agama Isalam (PAI) Pendidikan Bahasa Arab Pendidikan Bahasa Indonesia Pendidikan Bahasa Inggris Pendidikan Biologi Pendidikan Ekonomi Pendidikan Fisika Pendidikan Geografi Pendidikan Kimia Pendidikan Matematika Pendidikan Olah Raga Pengembangan Masyarakat Pengembangan SDM Perbandingan Agama Perbandingan Hukum Perhotelan Perpajakan Perpustakaan Pertambangan Pertanian Peternakan PGMI PGSD PPKn Psikologi PTK PTK - Pendidikan Agama Islam Sastra dan Kebudayaan Sejarah Sejarah Islam Sistem Informasi Skripsi Lainnya Sosiologi Statistika Syari'ah Tafsir Hadist Tarbiyah Tata Boga Tata Busana Teknik Arsitektur Teknik Elektro Teknik Industri Teknik Industri-mesin-elektro-Sipil-Arsitektur Teknik Informatika Teknik Komputer Teknik Lingkungan Teknik Mesin Teknik Sipil Teknologi informasi-ilmu komputer-Sistem Informasi Tesis Farmasi Tesis Kedokteran Tips Skripsi