Isikan Kata Kunci Untuk Memudahkan Pencarian

Memuat...

409. Hubungan Antara Faktor Fisik Dengan Kelelahan Kerja Karyawan Produksi Bagian Selektor Di Pt. Sinar Sosro Ungaran Semarang


SARI

Faktor fisik seperti kebisingan, penerangan, dan iklim kerja dapat mempengaruhi kinerja manusia. Adanya keseimbangan antar faktor fisik dapat membuat pekerja nyaman dan aman, sebaliknya apabila tidak ada keseimbangan antar faktor fisik akan menyebabkan konsentrasi, kemampuan, dan efektivitas menurun. Hal tersebut merupakan sebagian dari tanda-tanda kelelahan. Penelitiaan ini bertujuan ingin mengetahui hubungan antara Faktor fisik yang meliputi kebisingan, penerangan dan iklim kerja dengan kelelahan kerja karyawan produksi bagian selektor di PT. Sinar Sosro Ungaran Semarang.

Penelitian ini menggunakan pendekatan cross sectional. Sampel diambil secara purposive sampling, dengan kriteria tertentu yang telah ditentukan, sehingga diperoleh 21 sampel. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode survei. Pengambilan data dengan pengukuran parameter intensitas kebisingan, penerangan, iklim kerja dan kelelahan kerja. Data yang diperoleh diolah dengan menggunakan teknik analisis kendall’s tau-b.

Dari uji kendall’s tau-b diperoleh koefisiien korelasi kebisingan 0,798 dengan nilai asymp sig 0,000 lebih kecil dari 0,05 yang berarti ada hubungan antara kebisingan dengan kelelahan. Nilai koefisiien korelasi penerangan 0,510 dengan nilai asymp sig 0,001 lebih kecil dari 0,05 yang berarti ada hubungan antara penerangan dengan kelelahan. Nilai koefisiien korelasi iklim kerja 0,596 dengan nilai asymp sig 0,002 lebih kecil dari 0,05 yang berarti ada hubungan antara iklim kerja dengan kelelahan, begitu juga dengan Nilai koefisiien korelasi faktor fisik 0,482 dengan nilai asymp sig 0,032 lebih kecil dari 0,05 yang berarti ada hubungan antara iklim kerja dengan kelelahan.

Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan ada korelasi yang signifikan antara Kebisingan dengan kelelahan dan penerangan dengan kelelahan, iklim kerja dengan kelelahan serta ada hubungan antara faktor fisik dengan kelelahan. Hal ini dipengaruhi oleh lingkungan kerja itu sendiri disamping faktorfaktor yang lain. Oleh karena itu saran yang dapat diberikan adalah memberikan alat peredam suara pada mesin, pengaturan waktu kerja, serta Pemantauan secara intensif terhadap potensi bahaya.
File Selengkapnya.....

Teman KoleksiSkripsi.com

Label

Administrasi Administrasi Negara Administrasi Niaga-Bisnis Administrasi Publik Agama Islam Akhwal Syahsiah Akuntansi Akuntansi-Auditing-Pasar Modal-Keuangan Bahasa Arab Bahasa dan Sastra Inggris Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Bimbingan Konseling Bimbingan Penyuluhan Islam Biologi Dakwah Ekonomi Ekonomi Akuntansi Ekonomi Dan Studi pembangunan Ekonomi Manajemen Farmasi Filsafat Fisika Fisipol Free Download Skripsi Hukum Hukum Perdata Hukum Pidana Hukum Tata Negara Ilmu Hukum Ilmu Komputer Ilmu Komunikasi IPS Kebidanan Kedokteran Kedokteran - Ilmu Keperawatan - Farmasi - Kesehatan – Gigi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Keperawatan Keperawatan dan Kesehatan Kesehatan Masyarakat Kimia Komputer Akuntansi Manajemen SDM Matematika MIPA Muamalah Olahraga Pendidikan Agama Isalam (PAI) Pendidikan Bahasa Arab Pendidikan Bahasa Indonesia Pendidikan Bahasa Inggris Pendidikan Biologi Pendidikan Ekonomi Pendidikan Fisika Pendidikan Geografi Pendidikan Kimia Pendidikan Matematika Pendidikan Olah Raga Pengembangan Masyarakat Pengembangan SDM Perbandingan Agama Perbandingan Hukum Perhotelan Perpajakan Perpustakaan Pertambangan Pertanian Peternakan PGMI PGSD PPKn Psikologi PTK PTK - Pendidikan Agama Islam Sastra dan Kebudayaan Sejarah Sejarah Islam Sistem Informasi Skripsi Lainnya Sosiologi Statistika Syari'ah Tafsir Hadist Tarbiyah Tata Boga Tata Busana Teknik Arsitektur Teknik Elektro Teknik Industri Teknik Industri-mesin-elektro-Sipil-Arsitektur Teknik Informatika Teknik Komputer Teknik Lingkungan Teknik Mesin Teknik Sipil Teknologi informasi-ilmu komputer-Sistem Informasi Tesis Farmasi Tesis Kedokteran Tips Skripsi