Isikan Kata Kunci Untuk Memudahkan Pencarian

Memuat...

415. Hubungan Antara Pemakaian Alat Pelindung Tangan Dengan Kecacatan Akibat Kecelakaan Kerja Di Pt. Purinusa Eka Persada Semarang


SARI

Risiko kecelakan kerja adalah menyatakan kemungkinan terjadinya kecelakan atau kerugian pada periode waktu tertentu atau siklus operasi tertentu. Faktor yang mempengaruhi risiko kecelakaan kerja adalah faktor pekerjaan, faktor manusia dan faktor lingkungan kerja. Kecelakaan akibat kerja adalah suatu kejadian kecelakaan yang berhubungan dengan aktivitas dan kegiatan dalam pekerjaan. Penggunaan APD merupakan upaya terakhir untuk menanggulangi kecelakaan kerja. Jenis APD antara lain adalah alat pelindung kepala, alat pelindung mata, alat pelindung telinga, alat pelindung pernafasan, alat pelindung tangan, alat pelindung kaki dan pakaian pelindung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran tentang karakteristik pekerja dan hubungan antara pemakaian alat pelindung tangan dengan akibat kecelakaan kerja.

Penelitian ini adalah penelitian dengan menggunakan pendekatan cross sectional. Sampel sebanyak 23 tenaga kerja yang terdiri dari 19 tenaga kerja pria dan 4 tenaga kerja wanita dipilih secara purposive sampling dengan kriteria yaitu tenaga kerja yang mengalami kecelakaan kerja yang berhubungan dengan alat pelindung tangan. Data karakteristik sampel, pemakaian alat pelindung tangan dan akibat kecelakaan kerja diperoleh dari laporan seksi safety. Analisis data menggunakan analisis univariat meliputi gambaran karakteristik responden, pemakaian alat pelindung tangan dan akibat kejadian kecelakaan kerja. Analisis bivariat menggunakan uji Sign Test untuk mengetahui perbedaan pemakaian alat pelindung tangan dengan akibat kecelakaan kerja.

Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan antara pemakaian alat pelindung tangan dengan akibat kecelakaan kerja hal ini ditunjukkan dari hasil uji Sign Test yang didapatkan angka probabilitas 0,013 (<0,05) maka ada hubungan antara pemakaian alat pelindung tangan dengan kecacatan akibat kecelakaan kerja. Hubungan antara variabel dalam penelitian ini bersifat positif dan memiliki hubungan yang kuat.

Saran yang dapat diberikan adalah dengan meningkatkan pentingnya pemakaian alat pelindung tangan bagi keselamatan kerja, cara pemilihan bahan alat pelindung tangan yang sesuai dan penyediaan fasilitas alat pelindung tangan dalam kurun waktu tertentu serta untuk penelitian selanjutnya perlu dilakukan penelitian tentang faktor lain yang mempengaruhi kejadian kecelakaan kerja.
File Selengkapnya.....

Teman KoleksiSkripsi.com

Label

Administrasi Administrasi Negara Administrasi Niaga-Bisnis Administrasi Publik Agama Islam Akhwal Syahsiah Akuntansi Akuntansi-Auditing-Pasar Modal-Keuangan Bahasa Arab Bahasa dan Sastra Inggris Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Bimbingan Konseling Bimbingan Penyuluhan Islam Biologi Dakwah Ekonomi Ekonomi Akuntansi Ekonomi Dan Studi pembangunan Ekonomi Manajemen Farmasi Filsafat Fisika Fisipol Free Download Skripsi Hukum Hukum Perdata Hukum Pidana Hukum Tata Negara Ilmu Hukum Ilmu Komputer Ilmu Komunikasi IPS Kebidanan Kedokteran Kedokteran - Ilmu Keperawatan - Farmasi - Kesehatan – Gigi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Keperawatan Keperawatan dan Kesehatan Kesehatan Masyarakat Kimia Komputer Akuntansi Manajemen SDM Matematika MIPA Muamalah Olahraga Pendidikan Agama Isalam (PAI) Pendidikan Bahasa Arab Pendidikan Bahasa Indonesia Pendidikan Bahasa Inggris Pendidikan Biologi Pendidikan Ekonomi Pendidikan Fisika Pendidikan Geografi Pendidikan Kimia Pendidikan Matematika Pendidikan Olah Raga Pengembangan Masyarakat Pengembangan SDM Perbandingan Agama Perbandingan Hukum Perhotelan Perpajakan Perpustakaan Pertambangan Pertanian Peternakan PGMI PGSD PPKn Psikologi PTK PTK - Pendidikan Agama Islam Sastra dan Kebudayaan Sejarah Sejarah Islam Sistem Informasi Skripsi Lainnya Sosiologi Statistika Syari'ah Tafsir Hadist Tarbiyah Tata Boga Tata Busana Teknik Arsitektur Teknik Elektro Teknik Industri Teknik Industri-mesin-elektro-Sipil-Arsitektur Teknik Informatika Teknik Komputer Teknik Lingkungan Teknik Mesin Teknik Sipil Teknologi informasi-ilmu komputer-Sistem Informasi Tesis Farmasi Tesis Kedokteran Tips Skripsi