Isikan Kata Kunci Untuk Memudahkan Pencarian

Memuat...

421. Studi Kasus Kualitas Dan Kuantitas Kelayakan Air Sumur Artetis Sebagai Air Bersih Untuk Kebutuhan Seharihari Di Daerah Kelurahan Sukorejo


ABSTRAK

Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah apakah air sumur artetis di Daerah Kelurahan Sukorejo Kecamatan Gunungpati Semarang layak digunakan sebagai air bersih untuk kebutuhan sehari-hari berdasarkan standar kualitas dan kuantitas.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kualitas dan kuantitas kelayakan air sumur artetis sebagai air bersih untuk kebutuhan sehari-hari oleh masyarakat di Daerah Kelurahan Sukorejo Kecamatan Gunungpati Semarang. Penelitian dilakukan diperumahan IKIP Semarang Jl. Dewi Sartika II.

Air sumur artetis yang digunakan dalam penelitian ini adalah sumur yang digunakan oleh satu gang kurang lebih 13 kepala keluarga. Penelitian ini meliputi uji kualitas air sumur artetis sebagai air bersih menggunakan uji Fisika, Kimia dan Biologi. Parameter yang diujikan, parameter Fisika meliputi warna, rasa, bau, temperatur, kekeruhan dan zat padat terlarut. Parameter Kimia meliputi Air Raksa (Hg), Arsen (AS), Besi (Fe), Kadmium (Cd), Kesadahan (CaCoŠ·), Klorida (Cl), Mangan (Mn), Nitrat sbg N (NOŠ·-N), Nitrit, sbg N ((NO2-N), PH, Seng (Zn), Sianida (CN), Sulfat (SO4), Detergen, Timbal (Pb), Zat organik (KmnO4) dan Kromium, Valensi 6 (Cr6+) dan Parameter Biologi meliputi MPN. Coliform dan Coli tinjan. Pada uji kuantitas penggambilan datanya menggunakan kuesioner tentang jumlah kebutuhan air dan jumlah air bersih yang tersedia.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas air sumur artetis yang melebihi baku mutu adalah warna 792 = 94% dari baku mutu 50 = 6%, besi 2.06 = 67% dari baku mutu 1.0 = 33%, klorida 1836 = 75% dari baku mutu 600 = 25%, total koliform / MPN coliform dan coli tinja sama 240 = 80% dari baku mutu 10 untuk perpipaan 3% dari baku mutu 50 perpipaan 17%. Secara kuantitas, jumlah dan kebutuhan air bersih dapat tercukupi.

Simpulan dari penelitian ini adalah Secara kualitas air sumur artetis di Daerah Kelurahan Sukorejo Kecamatan Gunungpati Semarang tidak layak digunakan sebagai air bersih karena kandungan zat warna, besi, klorida, MPN.coliform dan colitinja melebihi baku mutu dari Permenkes No:416/Menkes/Per /IX/1990. Secara kuantitas kuesioner dan penghitungan debit air sumur artetis maka jumlah kebutuhan air bersih masyarakat tercukupi.
File Selengkapnya.....

Teman KoleksiSkripsi.com

Label

Administrasi Administrasi Negara Administrasi Niaga-Bisnis Administrasi Publik Agama Islam Akhwal Syahsiah Akuntansi Akuntansi-Auditing-Pasar Modal-Keuangan Bahasa Arab Bahasa dan Sastra Inggris Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Bimbingan Konseling Bimbingan Penyuluhan Islam Biologi Dakwah Ekonomi Ekonomi Akuntansi Ekonomi Dan Studi pembangunan Ekonomi Manajemen Farmasi Filsafat Fisika Fisipol Free Download Skripsi Hukum Hukum Perdata Hukum Pidana Hukum Tata Negara Ilmu Hukum Ilmu Komputer Ilmu Komunikasi IPS Kebidanan Kedokteran Kedokteran - Ilmu Keperawatan - Farmasi - Kesehatan – Gigi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Keperawatan Keperawatan dan Kesehatan Kesehatan Masyarakat Kimia Komputer Akuntansi Manajemen SDM Matematika MIPA Muamalah Olahraga Pendidikan Agama Isalam (PAI) Pendidikan Bahasa Arab Pendidikan Bahasa Indonesia Pendidikan Bahasa Inggris Pendidikan Biologi Pendidikan Ekonomi Pendidikan Fisika Pendidikan Geografi Pendidikan Kimia Pendidikan Matematika Pendidikan Olah Raga Pengembangan Masyarakat Pengembangan SDM Perbandingan Agama Perbandingan Hukum Perhotelan Perpajakan Perpustakaan Pertambangan Pertanian Peternakan PGMI PGSD PPKn Psikologi PTK PTK - Pendidikan Agama Islam Sastra dan Kebudayaan Sejarah Sejarah Islam Sistem Informasi Skripsi Lainnya Sosiologi Statistika Syari'ah Tafsir Hadist Tarbiyah Tata Boga Tata Busana Teknik Arsitektur Teknik Elektro Teknik Industri Teknik Industri-mesin-elektro-Sipil-Arsitektur Teknik Informatika Teknik Komputer Teknik Lingkungan Teknik Mesin Teknik Sipil Teknologi informasi-ilmu komputer-Sistem Informasi Tesis Farmasi Tesis Kedokteran Tips Skripsi