Isikan Kata Kunci Untuk Memudahkan Pencarian

Memuat...

426. Hubungan Antara Kursi Kerja Dengan Timbulnya Keluhan Nyeri Pinggang Pada Pekerja Tenun Kain Sarung Di Java Atbm (Alat Tenun Bukan Mesin)


ABSTRAK

Dalam pembangunan, tenaga kerja mempunyai peranan penting sebagai unsur penunjang keberhasilan pembangunan nasional. karena tenaga kerja mempunyai hubungan dengan perusahaan dan mempunyai kegiatan usaha yang produktif. Rancangan bangunan sarana yang berupa meja dan kursi kerja harus dibuat sedemikian rupa agar tercapainya keserasian antara kursi dan meja kerja dengan antropometri pekerja. Suatu penelitian dirumah sakit menyatakan bahwa sekitara 60% orang dewasa mengalami masalah nyeri pinggang bawah karena masalah duduk. Amerika Serikat lebih dari 80% Penduduk Pernah Mengalami LBP. Tujuan peneitian ini utuk mengetahui adanya hubungan antara kursi kerja dengan timbulnya keluhan nyeri pinggang pada pekerja tenun kain sarung.

Jenis penelitian ini adalah survey analitik cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah pekerja yang bekerja dibagian tenun kain sarung di JAVA ATBM sebanyak 80 orang. Jumlah sample sebanyak 33 pekerja diambil dengan metode purposive sampling. Instrumen yang digunakan dalam penealtian ini adalah dengan menggunakan kuesioner dan pengukuran dengan LGS (Lingkup Gerak Sendi). Data yang diperoleh diolah dengan menggunakan uji Chi-Square dengan derajat kemaknaan (α) = 0,05.

Berdasarkan hasil analisis uji statistik didapatkan p untuk hubungan antara kursi kerja dengan timbulnya keluhan nyeri pinggang pada pekerja tenun kain sarung sebesar 0,02.

Dari hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan ada hubungan antara kursi kerja dengan timbulnya keluhan nyeri pinggang pada pekerja tenun kain sarung. Berdasarkan hasil penelitian saran yang di ajukan Sebaiknya Perusahaan memberikan kursi kerja kepada pekerja yang sesuai dengan postur tubuhnya sehingga pekerja tidak terlalu membungkuk pada saat bekerja menenun kain sarung. Bagi pekerja sebaiknya memilih kursi kerja sesuai dengan postur tubuhnya masing-masing sehingga pekerja merasa nyaman pada saat bekerja dan selalu berolah raga.
File Selengkapnya.....

0 comments:

Poskan Komentar

Berikan Komentar yang membangun demi perkembangan Blog ini. Terima kasih buat semuanya yang telah memberikan komentar.
Lihat semua Komentar Klik Disini

Teman KoleksiSkripsi.com

Label

Administrasi Administrasi Negara Administrasi Niaga-Bisnis Administrasi Publik Agama Islam Akhwal Syahsiah Akuntansi Akuntansi-Auditing-Pasar Modal-Keuangan Bahasa Arab Bahasa dan Sastra Inggris Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Bimbingan Konseling Bimbingan Penyuluhan Islam Biologi Dakwah Ekonomi Ekonomi Akuntansi Ekonomi Dan Studi pembangunan Ekonomi Manajemen Farmasi Filsafat Fisika Fisipol Free Download Skripsi Hukum Hukum Perdata Hukum Pidana Hukum Tata Negara Ilmu Hukum Ilmu Komputer Ilmu Komunikasi IPS Kebidanan Kedokteran Kedokteran - Ilmu Keperawatan - Farmasi - Kesehatan – Gigi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Keperawatan Keperawatan dan Kesehatan Kesehatan Masyarakat Kimia Komputer Akuntansi Manajemen SDM Matematika MIPA Muamalah Olahraga Pendidikan Agama Isalam (PAI) Pendidikan Bahasa Arab Pendidikan Bahasa Indonesia Pendidikan Bahasa Inggris Pendidikan Biologi Pendidikan Ekonomi Pendidikan Fisika Pendidikan Geografi Pendidikan Kimia Pendidikan Matematika Pendidikan Olah Raga Pengembangan Masyarakat Pengembangan SDM Perbandingan Agama Perbandingan Hukum Perhotelan Perpajakan Perpustakaan Pertambangan Pertanian Peternakan PGMI PGSD PPKn Psikologi PTK PTK - Pendidikan Agama Islam Sastra dan Kebudayaan Sejarah Sejarah Islam Sistem Informasi Skripsi Lainnya Sosiologi Statistika Syari'ah Tafsir Hadist Tarbiyah Tata Boga Tata Busana Teknik Arsitektur Teknik Elektro Teknik Industri Teknik Industri-mesin-elektro-Sipil-Arsitektur Teknik Informatika Teknik Komputer Teknik Lingkungan Teknik Mesin Teknik Sipil Teknologi informasi-ilmu komputer-Sistem Informasi Tesis Farmasi Tesis Kedokteran Tips Skripsi