Isikan Kata Kunci Untuk Memudahkan Pencarian

Memuat...

441. Hubungan Antara Tekanan Panas, Denyut Nadi Dan Produktivitas Kerja Pada Pekerja Pandai Besi Paguyuban Wesi Aji Donorejo Batang


SARI

Di dalam suatu lingkungan kerja, pekerja akan menghadapi tekanan lingkungan. Tekanan lingkungan tersebut dapat berasal dari faktor kimiawi, fisik, biologis dan psikis. Dari berbagai faktor yang ada, tekanan panas merupakan salah satu tekanan lingkungan dari golongan faktor fisik. Tekanan panas dapat menyebabkan beban tambahan bagi sirkulasi darah karena darah harus membawa oksigen kebagian otot dan harus membawa panas dari dalam tubuh ke permukaan kulit akibatnya frekuensi denyut nadi akan meningkat. Peningkatan denyut nadi sebagai akibat dari pekerjaan fisik di lingkungan kerja panas dapat menyebabkan kelelahan otot statis, perubahan fungsional pada organ tubuh dan dapat meningkatkan kecelakaan kerja. Tingginya angka kesalahan dan kecelakaan kerja dapat menimbulkan penurunan efisiensi kerja dan produktivitas kerja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara tekanan panas lingkungan kerja, denyut nadi dan produktivitas kerja pandai besi di paguyuban Wesi Aji Desa Donorejo Kecamatan Limpung Kabupaten Batang.

Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh tenaga kerja pandai besi di paguyuban wesi aji yaitu 41 orang. Sampel dalam penelitian ini merupakan total dari populasi yaitu 41 responden. Variabel yang diteliti dalam penelitian ini adalah tekanan panas, denyut nadi dan produktivitas kerja. Analisis data menggunakan statistik parametrik dengan uji Korelasi Pearson.

Berdasarkan uji statistik Korelasi Pearson antara tekanan panas dengan denyut nadi diperoleh nilai P 0,000<0,05 berarti ada hubungan antara tekanan panas dengan denyut nadi dengan nilai (r) 0,643. Nilai (r) menunjukkan korelasi yang kuat dengan arah hubungan positif. Hasil analisis antara tekanan panas dengan produktivitas diperoleh nilai P-value 0,000<0,05 berarti ada hubungan antara tekanan panas dengan produktivitas dengan nilai (r) -0,757. Nilai (r) menunjukkan korelasi yang kuat dengan arah hubungan negatif. Hasil analisis antara denyut nadi dengan produktivitas diperoleh nilai P 0,004<0,05 berarti ada hubungan antara denyut nadi dengan produktivitas dengan nilai (r) –0,445. Nilai (r) menunjukkan korelasi yang cukup kuat dengan arah hubungan negatif.

Berdasarkan hasil penelitian, maka penulis dapat mengajukan saran antara lain : 1) pemilik usaha hendaknya menyediakan air minum yang mengandung zat gula dan pemberlakuan istirahat pendek, 2) perlu adanya pengaturan jarak tungku dari pekerja, dan 3) perlu adanya penyuluhan tentang K3 dan pemakaian Alat Pelidung Diri agar tercapai efisiensi kerja, produktivitas kerja dan derajat kesehatan yang setinggi-tingginya.
File Selengkapnya.....

Teman KoleksiSkripsi.com

Label

Administrasi Administrasi Negara Administrasi Niaga-Bisnis Administrasi Publik Agama Islam Akhwal Syahsiah Akuntansi Akuntansi-Auditing-Pasar Modal-Keuangan Bahasa Arab Bahasa dan Sastra Inggris Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Bimbingan Konseling Bimbingan Penyuluhan Islam Biologi Dakwah Ekonomi Ekonomi Akuntansi Ekonomi Dan Studi pembangunan Ekonomi Manajemen Farmasi Filsafat Fisika Fisipol Free Download Skripsi Hukum Hukum Perdata Hukum Pidana Hukum Tata Negara Ilmu Hukum Ilmu Komputer Ilmu Komunikasi IPS Kebidanan Kedokteran Kedokteran - Ilmu Keperawatan - Farmasi - Kesehatan – Gigi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Keperawatan Keperawatan dan Kesehatan Kesehatan Masyarakat Kimia Komputer Akuntansi Manajemen SDM Matematika MIPA Muamalah Olahraga Pendidikan Agama Isalam (PAI) Pendidikan Bahasa Arab Pendidikan Bahasa Indonesia Pendidikan Bahasa Inggris Pendidikan Biologi Pendidikan Ekonomi Pendidikan Fisika Pendidikan Geografi Pendidikan Kimia Pendidikan Matematika Pendidikan Olah Raga Pengembangan Masyarakat Pengembangan SDM Perbandingan Agama Perbandingan Hukum Perhotelan Perpajakan Perpustakaan Pertambangan Pertanian Peternakan PGMI PGSD PPKn Psikologi PTK PTK - Pendidikan Agama Islam Sastra dan Kebudayaan Sejarah Sejarah Islam Sistem Informasi Skripsi Lainnya Sosiologi Statistika Syari'ah Tafsir Hadist Tarbiyah Tata Boga Tata Busana Teknik Arsitektur Teknik Elektro Teknik Industri Teknik Industri-mesin-elektro-Sipil-Arsitektur Teknik Informatika Teknik Komputer Teknik Lingkungan Teknik Mesin Teknik Sipil Teknologi informasi-ilmu komputer-Sistem Informasi Tesis Farmasi Tesis Kedokteran Tips Skripsi