Isikan Kata Kunci Untuk Memudahkan Pencarian

Memuat...

460. Perbedaan Ketajaman Pendengaran Tenaga Kerja Di Unit Weaving Iii (Loom Iii) Dan Weaving Denim (Loom V) Pt. Apac Inti Corpora Bawen


ABSTRAK

Telinga manusia terus menerus bekerja sebagai pintu masuk komunikasi dan informasi melalui proses transformasi yang rumit dan kompleks untuk menginterpretasikan getaran suara dan bunyi lingkungan. Bunyi lingkungan yang makin bising dapat menyebabkan gangguan pendengaran maupun kesehatan pada umumnya. Kebisingan merupakan bunyi yang tidak dikehendaki sehingga dapat menimbulkan gangguan konsentrasi, komunikasi, kenikmatan kerja dan ketulian menetap. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah perbedaan ketajaman pendengaran tenaga kerja di unit Weaving III (Loom III) dan Weaving Denim (Loom V) PT. Apac inti corpora bawen. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan ketajaman pendengaran tenaga kerja di Unit Weaving III (Loom III) dan Weaving Denim (Loom V) PT. Apac Inti Corpora Bawen.

Jenis penelitian ini adalah explanatory research dengan metode survai dan pendekatan crossectional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pekerja operator mesin Loom shift B di Unit Weaving III (Loom III) berjumlah 43 orang dan di Unit Weaving Denim (Loom V) berjumlah 32 orang. Sampel yang diambil sebanyak 30 orang di Unit Weaving III (Loom III) dan 24 orang di Unit Weaving Denim (Loom V), sehingga total sampel sebanyak 54 orang diperoleh dengan menggunakan teknik pengambilan sampel restriksi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah : 1) Sound level meter, 2) Audiometer, 3) Kuesioner penyaringan sampel, 4) Kuesioner keluhan subjektif. Data penelitian ini diperoleh dari data primer dan sekunder. Data primer diperoleh melalui wawancara, observasi, serta pengukuran intensitas kebisingan dan ketajaman pendengaran. Data sekunder diperoleh melalui dokumen yang ada di perusahaan yang berupa data tentang proses produksi dan ketenagakerjaan. Data yang diperoleh dalam penelitian ini diolah dengan menggunakan statistik uji t-tes Independent.

Berdasarkan uji statistik dengan menggunakan uji t-test independent dengan taraf kepercayaan 95% untuk telinga kanan, diperoleh nilai signifikansi p = 0,040 yang berarti p < 0,05, menunjukkan adanya perbedaan rata-rata ketajaman pendengaran telinga kanan di Unit Weaving III (Loom III) dan Weaving Denim (Loom V). Sedangkan untuk telinga kiri, diperoleh nilai signifikansi p = 0,033 yang berarti p < 0,05, menunjukkan adanya perbedaan rata-rata ketajaman pendengaran telinga kiri di Unit Weaving III (Loom III) dan Weaving Denim (Loom V).

Berdasarkan hasil penelitian, saran yang diajukan bagi perusahaan adalah, sebaiknya dilakukan penggantian earplug yang lebih baik dari earplug yang telah dipakai dengan daya pelemahan yang lebih bagus, bagi karyawan di Unit Weaving III dan Weaving V khususnya operator mesin Loom hendaknya selalu disiplin dalam menggunakan alat pelindung telinga yang telah disediakan pihak perusahaan, bagi peneliti selanjutnya diharapkan dilakukan penelitian tentang perbedaan ketajaman pendengaran tenaga kerja yang memakai earplug dengan yang tidak memakai earplug dan sebelum pemeriksaan dilakukan, sebaiknya sampel terbebas dari paparan bising selama 16 jam agar gangguan yang didapatkan benar-benar merupakan efek dari kebisingan lingkungan kerja.
File Selengkapnya.....

Teman KoleksiSkripsi.com

Label

Administrasi Administrasi Negara Administrasi Niaga-Bisnis Administrasi Publik Agama Islam Akhwal Syahsiah Akuntansi Akuntansi-Auditing-Pasar Modal-Keuangan Bahasa Arab Bahasa dan Sastra Inggris Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Bimbingan Konseling Bimbingan Penyuluhan Islam Biologi Dakwah Ekonomi Ekonomi Akuntansi Ekonomi Dan Studi pembangunan Ekonomi Manajemen Farmasi Filsafat Fisika Fisipol Free Download Skripsi Hukum Hukum Perdata Hukum Pidana Hukum Tata Negara Ilmu Hukum Ilmu Komputer Ilmu Komunikasi IPS Kebidanan Kedokteran Kedokteran - Ilmu Keperawatan - Farmasi - Kesehatan – Gigi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Keperawatan Keperawatan dan Kesehatan Kesehatan Masyarakat Kimia Komputer Akuntansi Manajemen SDM Matematika MIPA Muamalah Olahraga Pendidikan Agama Isalam (PAI) Pendidikan Bahasa Arab Pendidikan Bahasa Indonesia Pendidikan Bahasa Inggris Pendidikan Biologi Pendidikan Ekonomi Pendidikan Fisika Pendidikan Geografi Pendidikan Kimia Pendidikan Matematika Pendidikan Olah Raga Pengembangan Masyarakat Pengembangan SDM Perbandingan Agama Perbandingan Hukum Perhotelan Perpajakan Perpustakaan Pertambangan Pertanian Peternakan PGMI PGSD PPKn Psikologi PTK PTK - Pendidikan Agama Islam Sastra dan Kebudayaan Sejarah Sejarah Islam Sistem Informasi Skripsi Lainnya Sosiologi Statistika Syari'ah Tafsir Hadist Tarbiyah Tata Boga Tata Busana Teknik Arsitektur Teknik Elektro Teknik Industri Teknik Industri-mesin-elektro-Sipil-Arsitektur Teknik Informatika Teknik Komputer Teknik Lingkungan Teknik Mesin Teknik Sipil Teknologi informasi-ilmu komputer-Sistem Informasi Tesis Farmasi Tesis Kedokteran Tips Skripsi