Isikan Kata Kunci Untuk Memudahkan Pencarian

Memuat...

463. Pengaruh Kebisingan Terhadap Kelelahan Pada Tenaga Kerja Industri Pengolahan Kayu Brumbung Perum Perhutani Semarang


SARI

Lingkungan kerja yang tidak memenuhi syarat seperti bising yang melebihi ambang batas dapat menimbulkan gangguan kesehatan. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh kebisingan terhadap kelelahan pada tenaga kerja Industri Pengolahan Kayu Brumbung Perum Perhutani Semarang tahun 2005. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh kebisingan terhadap kelelahan pada tenaga kerja Industri Pengolahan Kayu Brumbung Perum Perhutani Semarang tahun 2005.

Rancangan penelitian menggunakan pendekatan cross sectional. Populasi penelitian berjumlah 30 orang. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel adalah non random sampling dengan teknik purposive sampling sehingga dalam penelitian ini diperoleh sampel sejumlah 18 orang tenaga kerja bagian moulding Industri Pengolahan Kayu Brumbung Perum Perhutani Semarang. Teknik pengambilan data dilakukan dengan pengukuran kebisingan dan kelelahan menggunakan Sound Level Meter, Reaction Timer dan menggunakan kuesioner. Korelasi Pearson digunakan untuk mencari hubungan dan menguji hipotesis antara dua variabel atau lebih, bila data berbentuk data rasio. Untuk mengetahui pengaruh kebisingan terhadap kelelahan tenaga kerja dilakukan uji regresi linier sederhana. Uji regresi dapat dilaksanakan apabila ada korelasi dari kedua variabel yang diuji.

Berdasarkan uji Pearson untuk menguji hubungan antara kebisingan dengan kelelahan diperoleh hasil r = 0,655, p = 0,003 (p<0,05), berarti Ha diterima atau ada hubungan yang signifikan antara kebisingan dengan kelelahan. Oleh karena hasil uji korelasi signifikan maka dapat dilanjutkan uji lebih lanjut yaitu uji regresi dengan koefisien determinian (R square) sebesar 0,428 yang berarti kebisingan dapat menyebabkan kelelahan sebesar 42,8% dan sisanya dipengaruhi faktor lain.

Dari hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan yaitu ada hubungan yang signifikan antara kebisingan dengan kelelahan, maka ada pengaruh yang signifikan antara kebisingan terhadap kelelahan tenaga kerja. Saran yang diberikan oleh peneliti yaitu agar tenaga kerja menggunakan alat pelindung telinga selama bekerja, pengukuran kelelahan konsentrasi tenaga kerja hanya pada sumber rangsang serta pemberian rangsang tidak kontinyu. Selain itu, untuk peneliti berikutnya yang menggunakan variabel yang berbeda hendaknya sampel diperbanyak.
File Selengkapnya.....

Teman KoleksiSkripsi.com

Label

Administrasi Administrasi Negara Administrasi Niaga-Bisnis Administrasi Publik Agama Islam Akhwal Syahsiah Akuntansi Akuntansi-Auditing-Pasar Modal-Keuangan Bahasa Arab Bahasa dan Sastra Inggris Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Bimbingan Konseling Bimbingan Penyuluhan Islam Biologi Dakwah Ekonomi Ekonomi Akuntansi Ekonomi Dan Studi pembangunan Ekonomi Manajemen Farmasi Filsafat Fisika Fisipol Free Download Skripsi Hukum Hukum Perdata Hukum Pidana Hukum Tata Negara Ilmu Hukum Ilmu Komputer Ilmu Komunikasi IPS Kebidanan Kedokteran Kedokteran - Ilmu Keperawatan - Farmasi - Kesehatan – Gigi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Keperawatan Keperawatan dan Kesehatan Kesehatan Masyarakat Kimia Komputer Akuntansi Manajemen SDM Matematika MIPA Muamalah Olahraga Pendidikan Agama Isalam (PAI) Pendidikan Bahasa Arab Pendidikan Bahasa Indonesia Pendidikan Bahasa Inggris Pendidikan Biologi Pendidikan Ekonomi Pendidikan Fisika Pendidikan Geografi Pendidikan Kimia Pendidikan Matematika Pendidikan Olah Raga Pengembangan Masyarakat Pengembangan SDM Perbandingan Agama Perbandingan Hukum Perhotelan Perpajakan Perpustakaan Pertambangan Pertanian Peternakan PGMI PGSD PPKn Psikologi PTK PTK - Pendidikan Agama Islam Sastra dan Kebudayaan Sejarah Sejarah Islam Sistem Informasi Skripsi Lainnya Sosiologi Statistika Syari'ah Tafsir Hadist Tarbiyah Tata Boga Tata Busana Teknik Arsitektur Teknik Elektro Teknik Industri Teknik Industri-mesin-elektro-Sipil-Arsitektur Teknik Informatika Teknik Komputer Teknik Lingkungan Teknik Mesin Teknik Sipil Teknologi informasi-ilmu komputer-Sistem Informasi Tesis Farmasi Tesis Kedokteran Tips Skripsi