Isikan Kata Kunci Untuk Memudahkan Pencarian

Memuat...

62 Gambaran Pelaksanaan Fumigasi Kapal Dengan Menggunakan Fumigan HCN (Hydrogen Cyanida) Dan CH3Br (Methyl Bromida) Di


ABSTRAK

Untuk mencegah dan memberantas penyakit pest di pelabuhan Belawan maka Kantor Kesehatan Pelabuhan Medan di Belawan melaksanakan fumigasi terhadap kapal-kapal yang berdasarkan pemeriksaan terdapat tikusl tanda-tanda kehidupan tikus di kapal.

Bahan kimia (fumigan) yang digunakan dalam pelaksanaan fumigasi kapal di pelabuhan Belawan adalah HCN (Hydrogen Cyanide) dan CH3Br (Methyl Bromida). Tulisan ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran pelaksanaan fumigasi kapal di pelabuhan Belawan dengan menggunakan fumigan HCN dan CH3Br tahun 1997 -2001

Metode penelitian bersifat deskriptif dengan menggunakan data sekunder yang diperoleh dari Kantor Kesehatan Pelabuhan Medan di Belawan dan Badan Usaha Swasta pelaksana fumigasi kapal. Data diolah secara manual dan kemudian di analisa, disajikan dalam tabel-tabel distribusi dengan melihat persentase dan kecenderungan data tersebut.

Penelitian ini menunjukkan bahwa terjadi kenaikan jumlah kunjungan kapal ke pelabuhan Belawan dari tahun 1997 sampai 2000 antara 1,74 % sampai 21,68 % dan turon 6,83 % pada tahun 2001.

Persentase kapal yang difumigasi bila dibandingkan dengan jumlah kunjungan kapal ke pelabuhan Belawan sangat keeil yaitu antara 0,39 % sampai 0,62 %. Untuk itu perlu ditingkatkan ketelitian dari petugas pemeriksa kapal dalam melihat tandatanda kehidupan tikus di kapal melalui pelatihan-pelatihan yang secara rutin dilaksanakan oleh Kantor Kesehatan Pelabuhan Medan di Belawan dan pelatihan ini hendaknya juga diikuti oleh seluruh petugas pemeriksa kapal dari seluruh wilayah kerja KKP Medan.

Dalam pelaksanaan fumigasi kapal di pelabuhan Belawan juga terdapat ketidaktepatan pemakaian dosis fumigan yang digunakan. Dari tahun 1997 sid 2001 terjadi kelebihan pemakaian HCN antara 0,30 kg sampai 1,42 kg, demikian juga terjadi kelebihan pemakaian fumigan CH3Br antara 41,94 kg sampai 325,28 kg. Untuk itu perlu disesuaikan jumlah pemakaian fumigan dengan volume ruangan yang difumigasi sehingga dapat dihindari pemborosan yang tidak perlu.
File Selengkapnya.....

Teman KoleksiSkripsi.com

Label

Administrasi Administrasi Negara Administrasi Niaga-Bisnis Administrasi Publik Agama Islam Akhwal Syahsiah Akuntansi Akuntansi-Auditing-Pasar Modal-Keuangan Bahasa Arab Bahasa dan Sastra Inggris Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Bimbingan Konseling Bimbingan Penyuluhan Islam Biologi Dakwah Ekonomi Ekonomi Akuntansi Ekonomi Dan Studi pembangunan Ekonomi Manajemen Farmasi Filsafat Fisika Fisipol Free Download Skripsi Hukum Hukum Perdata Hukum Pidana Hukum Tata Negara Ilmu Hukum Ilmu Komputer Ilmu Komunikasi IPS Kebidanan Kedokteran Kedokteran - Ilmu Keperawatan - Farmasi - Kesehatan – Gigi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Keperawatan Keperawatan dan Kesehatan Kesehatan Masyarakat Kimia Komputer Akuntansi Manajemen SDM Matematika MIPA Muamalah Olahraga Pendidikan Agama Isalam (PAI) Pendidikan Bahasa Arab Pendidikan Bahasa Indonesia Pendidikan Bahasa Inggris Pendidikan Biologi Pendidikan Ekonomi Pendidikan Fisika Pendidikan Geografi Pendidikan Kimia Pendidikan Matematika Pendidikan Olah Raga Pengembangan Masyarakat Pengembangan SDM Perbandingan Agama Perbandingan Hukum Perhotelan Perpajakan Perpustakaan Pertambangan Pertanian Peternakan PGMI PGSD PPKn Psikologi PTK PTK - Pendidikan Agama Islam Sastra dan Kebudayaan Sejarah Sejarah Islam Sistem Informasi Skripsi Lainnya Sosiologi Statistika Syari'ah Tafsir Hadist Tarbiyah Tata Boga Tata Busana Teknik Arsitektur Teknik Elektro Teknik Industri Teknik Industri-mesin-elektro-Sipil-Arsitektur Teknik Informatika Teknik Komputer Teknik Lingkungan Teknik Mesin Teknik Sipil Teknologi informasi-ilmu komputer-Sistem Informasi Tesis Farmasi Tesis Kedokteran Tips Skripsi