Isikan Kata Kunci Untuk Memudahkan Pencarian

256. Penerapan Pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa


ABSTRAK

Matematika merupakan salah satu ilmu pengetahuan yang memberikan peran penting dalam kehidupan sehari-hari. Salah satu factor yang memegang peranan penting untuk mencapai keberhasilan dalam pembelajaran matematika adalan memilih metode pembelajaran yang sesuai. Selama ini banyak guru yang menggunakan metode ekspositori dan latihan yang dinilai kurang efektif, karena pembelajaran berpusat pada guru dan interaksi antara siswa kemungkinannya sangat kecil. Pembelajaran yang menoton akan membuat siswa merasa jenuh, sehingga motivasi belajar siswa akan menurun.

Untuk meningkatkan pretasi belajar siswa diperlukan suatu usaha yang bisa memotivasi siswa. Dalam penelitian ini dipilih pendekatan RME yang dirasa mampu meningkatkan prestasi belajar siswa, karma pendekatan RME ini berorientasi pada siswa, yang melibatkan siswa secara emosional dalam belajar. Pembelajaran dengan pendekatan RME ini juga sejalan dengan pelaksanaan kurikulum 2004 yang didalamnya memuat unsur konstruktivisme yang merupakan pangkal dari pendekata RME.

Penelitian ini diadakan di MTs Khairul Muttaqin Banareseb Timur kelas VIII. Pemilihan lokasi ini berdasaerkan alasan bahwa (1) nilai rata-rata matematika siswa MTs Khairul Muttaqin Banareseb Timur ini masih tergolong rendah. (2) pembelajaran yang dilakukan selama ini masih didominasi metode ceramah dan latihan. Berdasarkan alasan tersebut peneliti mencoba untuk melakukan pembelajaran kelompok dengan menerapakan metode RME sehingga permasalahan tersebut bisa diatasi bahkan dihilangkan.
Materi yang dibahas dalam penelitian ini adalah materi system persamaan linear dua variable (SPLDV). Pemilihan materi ini karena materi SPLDV adalah meteri yang cocok untuk dipelajari dengan menggunakan pendekatan RME selain itu berdasarkan imformasi dari guru mata pelajaran bahwa pada materi ini masih banyak siswa yang belum bisa dalam membuat model matematika dan menentukan penyelesaian dari permasalahan yang diberikan.

Berdasarkan hasil penelitian yang dilaksanakan diperoleh kesimpulan bahwa penerapan pembelajaran dengan pendekatan RME pada pembelajaran system persamaan linear dua variable MTs Khairul Muttaqin Banareseb Timur dapat meningkatkan pretasi belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari perhitungan diperoleh hasil t hitung > t tabel.
File Selengkapnya.....

Teman KoleksiSkripsi.com

Label

Administrasi Administrasi Negara Administrasi Niaga-Bisnis Administrasi Publik Agama Islam Akhwal Syahsiah Akuntansi Akuntansi-Auditing-Pasar Modal-Keuangan Bahasa Arab Bahasa dan Sastra Inggris Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Bimbingan Konseling Bimbingan Penyuluhan Islam Biologi Dakwah Ekonomi Ekonomi Akuntansi Ekonomi Dan Studi pembangunan Ekonomi Manajemen Farmasi Filsafat Fisika Fisipol Free Download Skripsi Hukum Hukum Perdata Hukum Pidana Hukum Tata Negara Ilmu Hukum Ilmu Komputer Ilmu Komunikasi IPS Kebidanan Kedokteran Kedokteran - Ilmu Keperawatan - Farmasi - Kesehatan – Gigi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Keperawatan Keperawatan dan Kesehatan Kesehatan Masyarakat Kimia Komputer Akuntansi Manajemen SDM Matematika MIPA Muamalah Olahraga Pendidikan Agama Isalam (PAI) Pendidikan Bahasa Arab Pendidikan Bahasa Indonesia Pendidikan Bahasa Inggris Pendidikan Biologi Pendidikan Ekonomi Pendidikan Fisika Pendidikan Geografi Pendidikan Kimia Pendidikan Matematika Pendidikan Olah Raga Pengembangan Masyarakat Pengembangan SDM Perbandingan Agama Perbandingan Hukum Perhotelan Perpajakan Perpustakaan Pertambangan Pertanian Peternakan PGMI PGSD PPKn Psikologi PTK PTK - Pendidikan Agama Islam Sastra dan Kebudayaan Sejarah Sejarah Islam Sistem Informasi Skripsi Lainnya Sosiologi Statistika Syari'ah Tafsir Hadist Tarbiyah Tata Boga Tata Busana Teknik Arsitektur Teknik Elektro Teknik Industri Teknik Industri-mesin-elektro-Sipil-Arsitektur Teknik Informatika Teknik Komputer Teknik Lingkungan Teknik Mesin Teknik Sipil Teknologi informasi-ilmu komputer-Sistem Informasi Tesis Farmasi Tesis Kedokteran Tips Skripsi