Isikan Kata Kunci Untuk Memudahkan Pencarian

Memuat...

467. Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Status Gizi Penderita Kep Berat Pasca Rawat Inap Di Rumah Sakit Dokter Kariadi Semarang


SARI

KEP merupakan keadaan kurang gizi yang disebabkan oleh rendahnya konsumsi energi dan protein dalam makanan sehari-hari sehingga tidak memenuhi angka kecukupan gizi. Balita KEP berat umumnya akan dirawat di rumah sakit, karena di rumah sakit terdapat upaya untuk mengobati penyakit penderita (kuratif), disamping upaya-upaya lain seperti promotif, preventif dan rehabilitatif. Setelah masa rawat inap di rumah sakit status gizi penderita KEP berat tersebut akan lebih membaik, namun tidak menutup kemungkinan adanya penurunan status gizi pada penderita KEP tersebut setelah _1 bulan pasca rawat inap di rumah sakit. Penelitian ini mengungkap permasalahan tentang faktor-faktor apakah yang berhubungan dengan status gizi penderita KEP berat pasca rawat inap di rumah sakit. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan tingkat kecukupan konsumsi energi, tingkat kecukupan konsumsi protein, penyakit infeksi, tingkat pendapatan keluarga, jumlah anak, tingkat pengetahuan ibu tentang gizi dan kesehatan, serta pendidikan ibu (variabel bebas) dengan status gizi penderita KEP berat pasca rawat inap di rumah sakit (variabel terikat).

Penelitian yang digunakan adalah penelitian analitik dengan menggunakan pendekatan menggunakan studi crossectional dimana untuk pengukuran variabelvariabelnya hanya dilakukan satu kali dan pada satu saat. Pengambilan data dengan alat timbangan berat badan injak, kuesioner, blangko isian, dan KMS.

Populasinya adalah seluruh balita penderita KEP berat pasca rawat inap di rumah sakit Dr. Kariadi Semarang, sampel diambil sebanyak 24 balita dengan tingkat kepercayaan (Z= 95%) dan presisi (d= 20%). Analisis data dengan menggunakan analisis nonparametrik metode Kendall’s tau-b. Hasil penelitian adalah:
1) Ada hubungan (+) yang signifikan antara tingkat kecukupan konsumsi energi dengan status gizi balita KEP berat pasca rawat inap di RS. Probabilitas 0,012 (<0,05) dengan CC +0,473.
2) Ada hubungan (+) yang signifikan antara tingkat kecukupan konsumsi protein dengan status gizi balita KEP berat pasca rawat inap di RS. Probabilitas 0,010 (<0,05) dengan CC+0,489.
3) Ada hubungan (-) yang signifikan antara penyakit infeksi dengan status gizi balita KEP berat pasca rawat inap di RS. Probabilitas 0,012 (<0,05) dengan CC -0,495.
4) Tidak ada hubungan yang signifikan antara tingkat pendapatan keluarga dengan status gizi balita KEP berat pasca rawat inap di RS. Probabilitas 0,344 (>0,05).
5) Tidak ada hubungan yang signifikan antara jumlah anak dengan status gizi balita KEP berat pasca rawat inap di RS. Probabilitas 0,113 (>0,05).
6) Tidak ada hubungan yang signifikan antara tingkat pengetahuan ibu tentang gizi dan kesehatan dengan status gizi balita KEP berat pasca rawat inap di RS. Probabilitas 0,244 (>0,05).
7) Ada hubungan (+) yang signifikan antara pendidikan ibu dengan status gizi balita KEP berat pasca rawat inap di RS. Probabilitas 0,045 (<0,05) dengan CC +0,375.

Berdasarkan hasil penelitian tersebut, maka kepada bidan desa serta petugas kesehatan dan gizi disarankan untuk meningkatkan penyuluhan bagi penduduk setempat terutama ibu-ibu tentang gizi, makanan bergizi, memasak bermacammacam makanan bergizi yang murah. Ketua RT/RW disarankan untuk memberi penyuluhan tentang rumah yang sehat, menggalakkan kerja bakti, membersihkan lingkungan dan rumah sendiri, juga mengadakan lomba kebersihan untuk memotivasi penduduk. Bagi peneliti selanjutnya disarankan untuk menurunkan besarnya presisi (d) agar sampel yang diambil menjadi lebih besar.
File Selengkapnya.....

Teman KoleksiSkripsi.com

Label

Administrasi Administrasi Negara Administrasi Niaga-Bisnis Administrasi Publik Agama Islam Akhwal Syahsiah Akuntansi Akuntansi-Auditing-Pasar Modal-Keuangan Bahasa Arab Bahasa dan Sastra Inggris Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Bimbingan Konseling Bimbingan Penyuluhan Islam Biologi Dakwah Ekonomi Ekonomi Akuntansi Ekonomi Dan Studi pembangunan Ekonomi Manajemen Farmasi Filsafat Fisika Fisipol Free Download Skripsi Hukum Hukum Perdata Hukum Pidana Hukum Tata Negara Ilmu Hukum Ilmu Komputer Ilmu Komunikasi IPS Kebidanan Kedokteran Kedokteran - Ilmu Keperawatan - Farmasi - Kesehatan – Gigi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Keperawatan Keperawatan dan Kesehatan Kesehatan Masyarakat Kimia Komputer Akuntansi Manajemen SDM Matematika MIPA Muamalah Olahraga Pendidikan Agama Isalam (PAI) Pendidikan Bahasa Arab Pendidikan Bahasa Indonesia Pendidikan Bahasa Inggris Pendidikan Biologi Pendidikan Ekonomi Pendidikan Fisika Pendidikan Geografi Pendidikan Kimia Pendidikan Matematika Pendidikan Olah Raga Pengembangan Masyarakat Pengembangan SDM Perbandingan Agama Perbandingan Hukum Perhotelan Perpajakan Perpustakaan Pertambangan Pertanian Peternakan PGMI PGSD PPKn Psikologi PTK PTK - Pendidikan Agama Islam Sastra dan Kebudayaan Sejarah Sejarah Islam Sistem Informasi Skripsi Lainnya Sosiologi Statistika Syari'ah Tafsir Hadist Tarbiyah Tata Boga Tata Busana Teknik Arsitektur Teknik Elektro Teknik Industri Teknik Industri-mesin-elektro-Sipil-Arsitektur Teknik Informatika Teknik Komputer Teknik Lingkungan Teknik Mesin Teknik Sipil Teknologi informasi-ilmu komputer-Sistem Informasi Tesis Farmasi Tesis Kedokteran Tips Skripsi