Isikan Kata Kunci Untuk Memudahkan Pencarian

106. Pengaruh Invigorasi Menggunakan Polietilena Glikol (PEG) 6000 Terhadap Viabilitas Benih Rosela


ABSTRAK

Ilmu tentang tumbuh-tumbuhan sudah diisyaratkan dalam Al-Qur’an sebelum ilmu pengetahuan berkembang (QS.An-Nahl:11. Tanaman Rosela (Hibiscus sabdariffa var. altissima) merupakan tanaman serat batang yang dibudidayakan di Indonesia dalam bentuk program Intensifikasi Serat Karung Rakyat (ISKARA). Rosela termasuk tanaman semak yang berkembangbiak dengan biji. Tanaman ini digunakan sebagai bahan baku utama industri seperti bahan baku karung goni, namun produksi tanaman rosela di Indonesia masih rendah sehingga berkembang tidak sesuai dengan harapan. Hal ini dikarenakan terjadi kemunduran viabilitas benih rosela oleh faktor penyimpanan, sehingga viabilitas benih perlu ditingkatkan dengan teknik invigorasi menggunakan polietilena glikol (PEG) 6000. Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui pengaruh invigorasi menggunakan polietilena glikol (PEG) 6000 terhadap viabilitas benih rosela (Hibiscus sabdariffa var. altissima).

Penelitian ini dilaksanakan di Laboratorium Biologi UIN Malang pada bulan November-Desember 2008. Rancangan penelitian yang digunakan adalah Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 2 (dua) faktor dan 3 kali ulangan. Faktor pertama adalah konsentrasi PEG 6000 0%, 5%, 10%, 15%, 20%. Faktor kedua adalah perlakuan lama perendaman, meliputi 6 jam, 12 jam, 18 jam dan 24 jam. Data yang diperoleh dari penelitian ini dianalisis dengan analisis varian dan untuk mengetahui perlakuan terbaik dilakukan uji Duncan Multiple Range Test (DMRT) dengan taraf signifikan 5%. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh invigorasi menggunakan PEG 6000 terhadap viabilitas benih rosela (Hibiscus sabdariffa var. altissima). Perlakuan konsentrasi PEG 6000 yang efektif adalah 5%. Perlakuan lama perendaman dalam PEG 6000 yang efektif adalah dan 6 jam.

Sedangkan untuk interaksi antara konsentrasi dan lama perendaman hanya terdapat interaksi pada persentase daya berkecambah dan panjang kecambah, perlakuan yang efektif yaitu konsentrasi 5% dengan lama perendaman 6 jam.
File Selengkapnya.....

Teman KoleksiSkripsi.com

Label

Administrasi Administrasi Negara Administrasi Niaga-Bisnis Administrasi Publik Agama Islam Akhwal Syahsiah Akuntansi Akuntansi-Auditing-Pasar Modal-Keuangan Bahasa Arab Bahasa dan Sastra Inggris Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Bimbingan Konseling Bimbingan Penyuluhan Islam Biologi Dakwah Ekonomi Ekonomi Akuntansi Ekonomi Dan Studi pembangunan Ekonomi Manajemen Farmasi Filsafat Fisika Fisipol Free Download Skripsi Hukum Hukum Perdata Hukum Pidana Hukum Tata Negara Ilmu Hukum Ilmu Komputer Ilmu Komunikasi IPS Kebidanan Kedokteran Kedokteran - Ilmu Keperawatan - Farmasi - Kesehatan – Gigi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Keperawatan Keperawatan dan Kesehatan Kesehatan Masyarakat Kimia Komputer Akuntansi Manajemen SDM Matematika MIPA Muamalah Olahraga Pendidikan Agama Isalam (PAI) Pendidikan Bahasa Arab Pendidikan Bahasa Indonesia Pendidikan Bahasa Inggris Pendidikan Biologi Pendidikan Ekonomi Pendidikan Fisika Pendidikan Geografi Pendidikan Kimia Pendidikan Matematika Pendidikan Olah Raga Pengembangan Masyarakat Pengembangan SDM Perbandingan Agama Perbandingan Hukum Perhotelan Perpajakan Perpustakaan Pertambangan Pertanian Peternakan PGMI PGSD PPKn Psikologi PTK PTK - Pendidikan Agama Islam Sastra dan Kebudayaan Sejarah Sejarah Islam Sistem Informasi Skripsi Lainnya Sosiologi Statistika Syari'ah Tafsir Hadist Tarbiyah Tata Boga Tata Busana Teknik Arsitektur Teknik Elektro Teknik Industri Teknik Industri-mesin-elektro-Sipil-Arsitektur Teknik Informatika Teknik Komputer Teknik Lingkungan Teknik Mesin Teknik Sipil Teknologi informasi-ilmu komputer-Sistem Informasi Tesis Farmasi Tesis Kedokteran Tips Skripsi