Isikan Kata Kunci Untuk Memudahkan Pencarian

Memuat...

66. Uji In Vitro Pengaruh Jenis Tepung Cacing Tanah

ABSTRAK

Berdasarkan pengalaman empiris, cacing tanah dapat dijadikan obat berbagai penyakit pada manusia, salah satunya penyakit tifus yang disebabkan oleh bakteri Salmonella typhi. Hal ini diduga karena tubuh cacing tanah mengandung zat-zat antimikroba diantaranya enzim lysozyme, agglutinin, lytic factor dan lumbricin. Dewasa ini, untuk mempermudah pengobatan menggunakan cacing tanah, maka dibuatlah obat berbentuk serbuk/ tepung dengan bahan dasar cacing tanah. Namun kekurangtepatan pemilihan spesies dan suhu pengolahan akan menghasilkan tepung cacing yang kurang berkualitas dalam mengatasi gangguan bakteri Salmonella typhi. Untuk itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui spesies dan suhu pengolahan yang optimal untuk pembuatan tepung cacing yang berguna dalam pengobatan penyakit typhoid fever.

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental dengan menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 2 (dua) faktor. Faktor pertama adalah jenis tepung cacing (spesies cacing Lumbricus rubellus dan Pheretima aspergillum). Faktor kedua adalah pemberian variasi suhu pengolahan (50oC, 60oC, dan 70oC). Data dianalisis dengan perhitungan Analisis Varians (Two Way ANOVA) jika menunjukkan beda nyata maka diuji lanjut dengan uji BNJ 5%.

Uji F pada jenis tepung cacing menunjukkan Fhitung > Ftabel (0.05) yaitu 10,59 > 4,36. Uji F pada variasi suhu pengolahan menunjukkan Fhitung > Ftabel (0.05) yaitu 15,59 > 3,49. Tetapi tidak terdapat perbedaan yang nyata pada interaksi perlakuan jenis tepung cacing dan variasi suhu pengolahan. Hasil uji lanjut BNJ 5% jenis tepung cacing menunjukkan bahwa spesies Lumbricus rubellus lebih baik dan berbeda nyata dalam menghasilkan zona hambat dibanding Pheretima aspergillum. Pada uji BNJ 5% variasi suhu pengolahan didapatkan hasil yang berbeda nyata, suhu pengolahan yang terbaik adalah suhu 50oC.
File Selengkapnya.....

Teman KoleksiSkripsi.com

Label

Administrasi Administrasi Negara Administrasi Niaga-Bisnis Administrasi Publik Agama Islam Akhwal Syahsiah Akuntansi Akuntansi-Auditing-Pasar Modal-Keuangan Bahasa Arab Bahasa dan Sastra Inggris Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Bimbingan Konseling Bimbingan Penyuluhan Islam Biologi Dakwah Ekonomi Ekonomi Akuntansi Ekonomi Dan Studi pembangunan Ekonomi Manajemen Farmasi Filsafat Fisika Fisipol Free Download Skripsi Hukum Hukum Perdata Hukum Pidana Hukum Tata Negara Ilmu Hukum Ilmu Komputer Ilmu Komunikasi IPS Kebidanan Kedokteran Kedokteran - Ilmu Keperawatan - Farmasi - Kesehatan – Gigi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Keperawatan Keperawatan dan Kesehatan Kesehatan Masyarakat Kimia Komputer Akuntansi Manajemen SDM Matematika MIPA Muamalah Olahraga Pendidikan Agama Isalam (PAI) Pendidikan Bahasa Arab Pendidikan Bahasa Indonesia Pendidikan Bahasa Inggris Pendidikan Biologi Pendidikan Ekonomi Pendidikan Fisika Pendidikan Geografi Pendidikan Kimia Pendidikan Matematika Pendidikan Olah Raga Pengembangan Masyarakat Pengembangan SDM Perbandingan Agama Perbandingan Hukum Perhotelan Perpajakan Perpustakaan Pertambangan Pertanian Peternakan PGMI PGSD PPKn Psikologi PTK PTK - Pendidikan Agama Islam Sastra dan Kebudayaan Sejarah Sejarah Islam Sistem Informasi Skripsi Lainnya Sosiologi Statistika Syari'ah Tafsir Hadist Tarbiyah Tata Boga Tata Busana Teknik Arsitektur Teknik Elektro Teknik Industri Teknik Industri-mesin-elektro-Sipil-Arsitektur Teknik Informatika Teknik Komputer Teknik Lingkungan Teknik Mesin Teknik Sipil Teknologi informasi-ilmu komputer-Sistem Informasi Tesis Farmasi Tesis Kedokteran Tips Skripsi