Isikan Kata Kunci Untuk Memudahkan Pencarian

Memuat...

84. Identifikasi Serangga di Sekitar Tumbuhan Kangkungan


ABSTRAK

Sawah merupakan salah satu ekosistem penting untuk menunjang kehidupan manusia. Menjaga keseimbangan ekosistem sawah berarti menjaga kelestarian kehidupan manusia. Sebab bahan makanan pokok penduduk Indonesia berasal dan sawah. Selain itu perekonomian petani juga ditunjang oleh sawah. Sawah yang memiliki ekosistem seimbang dan keragaman populasi, khususnya musuh alami, berarti secara tidak langsung membantu petani untuk menekan biaya produksi pertanian. Penilitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh sebagian kecil dari komponen ekosistem sawah, yaitu tumbuhan, terhadap populasi seranggaserangga di areal sawah.

Penelitian ini bersifat deskriptif kuantitatif yang dilakukan pada bulan Oktober-Nopember 2004. Objek penelitian ini adalah populasi serangga pada areal sawah yang di daerah tersebut terdapat tumbuhan Ipomoea crassicaulis Roob.

Lokasi pengamatan dibagi menjadi 3, yaitu pada tumbuhan, di dekat tumbuhan (± 1 m2 disekitar tumbuhan) dan di daerah yang jauh dari tumbuhan (± 5 meter dan tumbuhan). Sampel data diambil dengan membuat plot berukuran 1 m2 sebanyak 4 plot pada daerah yang dekat dengan Ipomoea crassicaulis Roob. dan 4 plot di daerah yang jauh dari Ipomoea crassicaulis Roob., dengan demikian terdapat 8 plot. Jarak antara plot satu dengan lainnya adalah ± 5 meter. Pengamatan sebayak 10 kali ulangan. Data yang diperoleh berupa keragaman serangga pada tumbuhan Ipomoea crassicaulis Roob., pada daerah yang dekat dengan tumbuhan dan di daerah yang jauh dari tumbuhan serta kepadatan populasi masing-masing famili serangga di daerah/ areal yang diamati.
Berdasarkan basil penelitian ini ditemukan 12 famili serangga dari 6 ordo. 9 famili serangga ditemukan di tumbuhan Ipomoea crassicaulis Roob., 10 famili serangga di daerah yang dekat dengan tumbuhan dan 11 famili serangga di daerah yang jauh dan Ipomoea crassicaulis Roob. Famili serangga yang ditemukan di dekat Ipomoea crassicaulis Roob. yang memiliki kepadatan populasi tertinggi adalah Coccinelidae yang memiliki kepadatan 858,80 individu/ 8 m2 dan Syrpidae yang memiliki kepadatan 421,33 individu/ 8 m2. Sedangkan famili serangga yang ditemukan di daerah yang jauh dan Ipomoea crassicaulis Roob. yang memiliki kepadatan tertinggi adalah Coccinelidae yang memiliki kepadatan 1118 individu/ 8 m2 dan Acrididae yang memiliki kepadatan 558,13 individu. Jumlah seluruh populasi serangga di daerah yang dekat dengan tumbuhan Ipomoea crassicaulis Roob. adalah 1139,11 individu sedangkan di daerah yang jauh dari Ipomoea crassicaulis Roob. adalah 2324,39 individu, dengan demikian maka populasi serangga di daerah yang jauh dan Ipomoea crassicaulis Roob. lebih banyak 1185,28 individu dibandingkan dengan daerah yang dekat dengan Ipomoea crassicaulis
Roob.
File Selengkapnya.....

Teman KoleksiSkripsi.com

Label

Administrasi Administrasi Negara Administrasi Niaga-Bisnis Administrasi Publik Agama Islam Akhwal Syahsiah Akuntansi Akuntansi-Auditing-Pasar Modal-Keuangan Bahasa Arab Bahasa dan Sastra Inggris Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Bimbingan Konseling Bimbingan Penyuluhan Islam Biologi Dakwah Ekonomi Ekonomi Akuntansi Ekonomi Dan Studi pembangunan Ekonomi Manajemen Farmasi Filsafat Fisika Fisipol Free Download Skripsi Hukum Hukum Perdata Hukum Pidana Hukum Tata Negara Ilmu Hukum Ilmu Komputer Ilmu Komunikasi IPS Kebidanan Kedokteran Kedokteran - Ilmu Keperawatan - Farmasi - Kesehatan – Gigi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Keperawatan Keperawatan dan Kesehatan Kesehatan Masyarakat Kimia Komputer Akuntansi Manajemen SDM Matematika MIPA Muamalah Olahraga Pendidikan Agama Isalam (PAI) Pendidikan Bahasa Arab Pendidikan Bahasa Indonesia Pendidikan Bahasa Inggris Pendidikan Biologi Pendidikan Ekonomi Pendidikan Fisika Pendidikan Geografi Pendidikan Kimia Pendidikan Matematika Pendidikan Olah Raga Pengembangan Masyarakat Pengembangan SDM Perbandingan Agama Perbandingan Hukum Perhotelan Perpajakan Perpustakaan Pertambangan Pertanian Peternakan PGMI PGSD PPKn Psikologi PTK PTK - Pendidikan Agama Islam Sastra dan Kebudayaan Sejarah Sejarah Islam Sistem Informasi Skripsi Lainnya Sosiologi Statistika Syari'ah Tafsir Hadist Tarbiyah Tata Boga Tata Busana Teknik Arsitektur Teknik Elektro Teknik Industri Teknik Industri-mesin-elektro-Sipil-Arsitektur Teknik Informatika Teknik Komputer Teknik Lingkungan Teknik Mesin Teknik Sipil Teknologi informasi-ilmu komputer-Sistem Informasi Tesis Farmasi Tesis Kedokteran Tips Skripsi