Isikan Kata Kunci Untuk Memudahkan Pencarian

Memuat...

87. Kajian Aspek Biologi dan Daya Mangsa Harmonia axyridis Pallas terhadap Kutu Daun Myzus persicae Sulz pada Tanaman Jeruk


ABSTRAK

Jeruk merupakan komoditas buah-buahan terpenting di Indonesia setelahpisang dan mangga. Produksi buah jeruk perlu ditingkatkan, untuk memenuhi permintaan yang semakin tinggi. Namun, upaya tersebut dihadapkan kepada beberapa masalah utama yaitu cara budidaya yang belum optimal dan adanya serangan hama dan penyakit, sehingga untuk meningkatkan produktivitas tanaman, pengelolaan OPT (Organisme pengganggu tumbuhan). Salah satu serangga hama yang merugikan yang sering dijumpai pada tanaman jeruk adalah kutu daun M. persicae Sulz. Adapun predator yang digunakan dalam penelitian ini adalah H. axyridis.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aspek biologi, daya mangsa dan preferensi H. axyridis terhadap kutu daun M. persicae selama satu siklus hidup. Dimulai dari larva instar I sampai imago. Kemampuan H. axyridis dalam memangsa kutu daun M. persicae belum banyak diketahui. Penelitian dilakukan di Rumah kasa dan Laboratorium Entomologi Balai Penelitian Tanaman Jeruk dan Buah Sub Tropika, (BALITJESTRO) pada bulan Januari- Maret 2009. Data hasil pengamatan meliputi kajian aspek biologi, daya mangsa H. axyridis, dan preferensi stadia H. axyridis terhadap stadia M. persicae yang diperoleh dari penelitian ini di analisis dengan menghitung rata-rata kutu daun M. persicae yang dimangsa perhari dari masing-masing instar larva dan imago serta dari seluruh siklus hidupnya. Variabel yang diamati adalah jumlah kutu daun M. persicae yang dimangsa H. axyridis selama 24 jam/perhari.

Hasil pengamatan menunjukkan bahwa H. axyridis mempunyai siklus hidup dengan kisaran 6,6- 9,7 hari. Lama stadia telur H. axyridis 3 hari, larva terdiri dari 4 instar, lama stadia masing-masing instar adalah instar 1 selama 2,4 hari, instar 2 selama 2,4 hari, instar 3 selama 5 hari, instar 4 selama 12 hari, dan imago selama 18,5 hari. Daya mangsa tertinggi H. axyridis terjadi pada larva instar 4, yang mencapai 428,3 % dari berat tubuhnya, dengan jumlah mangsa 9,81 ±1,01 ekor/hari. Sedangkan untuk preferensi stadia H. axyridis pada larva instar 1,2, dan 3 adalah nimfa instar 1 M. persicae, dan untuk H. axyridis larva instar 4 dan imago lebih menyukai nimfa instar 4 M. persicae.
File Selengkapnya.....

Teman KoleksiSkripsi.com

Label

Administrasi Administrasi Negara Administrasi Niaga-Bisnis Administrasi Publik Agama Islam Akhwal Syahsiah Akuntansi Akuntansi-Auditing-Pasar Modal-Keuangan Bahasa Arab Bahasa dan Sastra Inggris Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Bimbingan Konseling Bimbingan Penyuluhan Islam Biologi Dakwah Ekonomi Ekonomi Akuntansi Ekonomi Dan Studi pembangunan Ekonomi Manajemen Farmasi Filsafat Fisika Fisipol Free Download Skripsi Hukum Hukum Perdata Hukum Pidana Hukum Tata Negara Ilmu Hukum Ilmu Komputer Ilmu Komunikasi IPS Kebidanan Kedokteran Kedokteran - Ilmu Keperawatan - Farmasi - Kesehatan – Gigi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Keperawatan Keperawatan dan Kesehatan Kesehatan Masyarakat Kimia Komputer Akuntansi Manajemen SDM Matematika MIPA Muamalah Olahraga Pendidikan Agama Isalam (PAI) Pendidikan Bahasa Arab Pendidikan Bahasa Indonesia Pendidikan Bahasa Inggris Pendidikan Biologi Pendidikan Ekonomi Pendidikan Fisika Pendidikan Geografi Pendidikan Kimia Pendidikan Matematika Pendidikan Olah Raga Pengembangan Masyarakat Pengembangan SDM Perbandingan Agama Perbandingan Hukum Perhotelan Perpajakan Perpustakaan Pertambangan Pertanian Peternakan PGMI PGSD PPKn Psikologi PTK PTK - Pendidikan Agama Islam Sastra dan Kebudayaan Sejarah Sejarah Islam Sistem Informasi Skripsi Lainnya Sosiologi Statistika Syari'ah Tafsir Hadist Tarbiyah Tata Boga Tata Busana Teknik Arsitektur Teknik Elektro Teknik Industri Teknik Industri-mesin-elektro-Sipil-Arsitektur Teknik Informatika Teknik Komputer Teknik Lingkungan Teknik Mesin Teknik Sipil Teknologi informasi-ilmu komputer-Sistem Informasi Tesis Farmasi Tesis Kedokteran Tips Skripsi