Isikan Kata Kunci Untuk Memudahkan Pencarian

Memuat...

92. Pengaruh Dosis Minyak Atsiri Dari Beberapa Jenis Ocimum Sebagai Attractant Lalat Buah


ABSTRAK

Diantara rahasia terbesar yang tersembunyi di dalam kitab Allah SWT dan sunah nabi adalah isyarat-isyarat tentang alam dan sejumlah komponen komponennya. Salah satunya adalah keanekaragaman hayati yang ada di bumi ini. Keanekaragaman hayati telah banyak disebutkan dalam kitab suci al-Qur’an sebagai bukti kebesaran Allah SWT, antara lain dalam surat Asy-syu’arah ayat 7- 8 dan al-Hajj 73. Hal ini telah terbukti secara ilmiah, dimana segala sesuatu yang diciptakan oleh Allah SWT tidaklah sia-sia. Beberapa jenis Ocimum mempunyai nilai ekonomis penting dan berpotensi untuk dikembangkan sebagai penghasil minyak atsiri yang digunakan untuk obat-obatan, pengharum, bumbu, dan bahan baku pestisida nabati. O. sanctum, O. tenuiflorum dan O. minimum adalah jenis Ocimum yang mengandung metil eugenol, yang dapat digunakan sebagai attractant lalat buah. Penggunaan metil eugenol (C12H24O2) merupakan cara yang tepat untuk mengendalikan hama lalat buah (Bactrocera sp), karena selain ramah lingkungan, juga tidak meninggalkan residu pada komoditas yang akan dikonsumsi. Berdasarkan latar belakang tersebut penelitian dilakukan dengan tujuan untuk: (1) Mengetahui pengaruh dosis minyak atsiri terhadap jumlah lalat buah jantan (Bactrocera sp) yang masuk ke dalam perangkap; (2) Mengetahui pengaruh beberapa jenis Ocimum terhadap jumlah lalat buah jantan (Bactrocera sp) yang masuk ke dalam perangkap; (3) Mengetahui interaksi dosis minyak atsiri dan beberapa jenis Ocimum terhadap jumlah lalat buah jantan (Bactrocera sp) yang masuk ke dalam perangkap.

Penelitian ini dilakukan di Laboratorium Kimia Universitas Muhammadiyah Malang dan Laboratorium Ekologi & SDA Universitas Islam Negeri Malang pada bulan 23 Agustus – 23 September 2008. Rancangan penelitian yang digunakan adalah Rancangan Acak Lengkap dengan dua faktor. Faktor pertama adalah dosis minyak atsiri O. sanctum, O. tenuiflorum dan O. minimum, yaitu 1m, 2ml, dan 3 ml. Faktor kedua yaitu jenis Ocimum yang meliputi O.sanctum, O. tenuiflorum, dan O. Minimum Data yang diperoleh dari penelitian ini dianalisis dengan analisis varian dan uji lanjut BNJ dan DMRT taraf signifikan 5 %. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa dosis 3 ml mampu menarik paling banyak lalat buah jantan (Bactrocera sp) masuk ke dalam perangkap. Daya attractant tertinggi secara berturut-turut adalah O. sanctum, O. tenuiflorum dan O. minimum. Perlakuan O. sanctum pada dosis 3 ml mampu menarik lalat buah jantan (Bactrocera sp) terbanyak masuk ke dalam perangkap.
File Selengkapnya.....

Teman KoleksiSkripsi.com

Label

Administrasi Administrasi Negara Administrasi Niaga-Bisnis Administrasi Publik Agama Islam Akhwal Syahsiah Akuntansi Akuntansi-Auditing-Pasar Modal-Keuangan Bahasa Arab Bahasa dan Sastra Inggris Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Bimbingan Konseling Bimbingan Penyuluhan Islam Biologi Dakwah Ekonomi Ekonomi Akuntansi Ekonomi Dan Studi pembangunan Ekonomi Manajemen Farmasi Filsafat Fisika Fisipol Free Download Skripsi Hukum Hukum Perdata Hukum Pidana Hukum Tata Negara Ilmu Hukum Ilmu Komputer Ilmu Komunikasi IPS Kebidanan Kedokteran Kedokteran - Ilmu Keperawatan - Farmasi - Kesehatan – Gigi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Keperawatan Keperawatan dan Kesehatan Kesehatan Masyarakat Kimia Komputer Akuntansi Manajemen SDM Matematika MIPA Muamalah Olahraga Pendidikan Agama Isalam (PAI) Pendidikan Bahasa Arab Pendidikan Bahasa Indonesia Pendidikan Bahasa Inggris Pendidikan Biologi Pendidikan Ekonomi Pendidikan Fisika Pendidikan Geografi Pendidikan Kimia Pendidikan Matematika Pendidikan Olah Raga Pengembangan Masyarakat Pengembangan SDM Perbandingan Agama Perbandingan Hukum Perhotelan Perpajakan Perpustakaan Pertambangan Pertanian Peternakan PGMI PGSD PPKn Psikologi PTK PTK - Pendidikan Agama Islam Sastra dan Kebudayaan Sejarah Sejarah Islam Sistem Informasi Skripsi Lainnya Sosiologi Statistika Syari'ah Tafsir Hadist Tarbiyah Tata Boga Tata Busana Teknik Arsitektur Teknik Elektro Teknik Industri Teknik Industri-mesin-elektro-Sipil-Arsitektur Teknik Informatika Teknik Komputer Teknik Lingkungan Teknik Mesin Teknik Sipil Teknologi informasi-ilmu komputer-Sistem Informasi Tesis Farmasi Tesis Kedokteran Tips Skripsi