Isikan Kata Kunci Untuk Memudahkan Pencarian

Memuat...

218. Kajian Yuridis Perencanaan Tata Ruang Kota Dalam Kaitannya Dengan Penataan Ruang Kumuh Di Bantaran Sungai Kalianyar


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aspek hukum dari perencanaan tata ruang kota terhadap pemukiman kumuh di bantaran sungai Kalianyar sebagai upaya mewujudkan program Kali Bersih di Surakarta dan mengetahui penataan pemukiman kumuh di bantaran sungai Kalianyar sebagai upaya mewujudkan program kali bersih. Menurut Undang-Undang Nomor 16 Tahun 2010 tentang Penataan Ruang dalam Pasal 5 ayat 2 disebutkan penataan ruang berdasar fungsi utama kawasan meliputi kawasan lindung dan kawasan budidaya. Dalam hal ini, bantaran sungai termasuk dalam kawasan lindung.

Penelitian ini merupakan jenis penelitian hukum normatif yang bersifat preskriptif. Penelitian ini menggunakan pendekatan konseptual dan undangundang. Jenis data yang digunakan adalah data sekunder dengan menggunakan bahan hukum primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data yaitu melalui penelitian bahan-bahan kepustakaan. Analisis data yang digunakan adalah logika deduktif.

Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan diketahui bahwa kebijakan hukum yang berkaitan dengan perencanaan tata ruang kota pemukiman kumuh di bantaran Sungai Kali Anyar diatur dalam: 1) Undang-Undang Nomor 16 Tahun 2010 tentang Tata Ruang; 2) Undang-Undang Nomor 4 Tahun 1992 tentang Perumahan dan Pemukiman; 3) Inpres Nomor 5 Tahun 1990 tentang Pedoman Pelaksanaan Peremajaan Pemukiman Kumuh di atas Tanah Negara; 4) Peraturan Menteri Pekerjaan Umum Nomor 63/PRT/1993 tentang Garis Sempadan Sungai; 5) Keputusan Menteri Lingkungan Hidup Nomor 35 Tahun 1995 tentang Program Kali Bersih; dan Peraturan Daerah Kota Surakarta Nomor 8 Tahun 1993 Tentang Rencana Umum Tata Ruang Kota Surakarta Tahun 1993-2013.

Penataan pemukiman kumuh di bantaran sungai Kali Anyar oleh Pemerintah Kota Surakarta rencananya akan di relokasi dengan konsep rumah sosial atau rumah sewa bersubsidi yang letaknya di dekat bantaran. Relokasi warga bantaran sungai Kali Anyar ini dilakukan dalam upaya mewujudkan program kali bersih untuk meningkatkan kualitas baku mutu air Sungai Kali Anyar yang tercemar. Upaya untuk mewujudkan program kali bersih yang dapat dilakukan dengan cara penataan air sungai, penataan kawasan bantaran sungai, dan penataan masyarakat bantaran sungai. Bahwa program kali bersih tidak hanya dalam artian sungai bebas dari bahan beracun dan berbahaya tapi juga sungai bebas dari hunian liar di sepanjang sempadan sungai. Pemukiman kumuh di sepanjang bantaran sungai Kalianyar mengakibatkan menurunnya kualitas lingkungan pada kawasan daerah aliran sungai dan kesemrawutan tata ruang.
File Selengkapnya.....

Teman KoleksiSkripsi.com

Label

Administrasi Administrasi Negara Administrasi Niaga-Bisnis Administrasi Publik Agama Islam Akhwal Syahsiah Akuntansi Akuntansi-Auditing-Pasar Modal-Keuangan Bahasa Arab Bahasa dan Sastra Inggris Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Bimbingan Konseling Bimbingan Penyuluhan Islam Biologi Dakwah Ekonomi Ekonomi Akuntansi Ekonomi Dan Studi pembangunan Ekonomi Manajemen Farmasi Filsafat Fisika Fisipol Free Download Skripsi Hukum Hukum Perdata Hukum Pidana Hukum Tata Negara Ilmu Hukum Ilmu Komputer Ilmu Komunikasi IPS Kebidanan Kedokteran Kedokteran - Ilmu Keperawatan - Farmasi - Kesehatan – Gigi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Keperawatan Keperawatan dan Kesehatan Kesehatan Masyarakat Kimia Komputer Akuntansi Manajemen SDM Matematika MIPA Muamalah Olahraga Pendidikan Agama Isalam (PAI) Pendidikan Bahasa Arab Pendidikan Bahasa Indonesia Pendidikan Bahasa Inggris Pendidikan Biologi Pendidikan Ekonomi Pendidikan Fisika Pendidikan Geografi Pendidikan Kimia Pendidikan Matematika Pendidikan Olah Raga Pengembangan Masyarakat Pengembangan SDM Perbandingan Agama Perbandingan Hukum Perhotelan Perpajakan Perpustakaan Pertambangan Pertanian Peternakan PGMI PGSD PPKn Psikologi PTK PTK - Pendidikan Agama Islam Sastra dan Kebudayaan Sejarah Sejarah Islam Sistem Informasi Skripsi Lainnya Sosiologi Statistika Syari'ah Tafsir Hadist Tarbiyah Tata Boga Tata Busana Teknik Arsitektur Teknik Elektro Teknik Industri Teknik Industri-mesin-elektro-Sipil-Arsitektur Teknik Informatika Teknik Komputer Teknik Lingkungan Teknik Mesin Teknik Sipil Teknologi informasi-ilmu komputer-Sistem Informasi Tesis Farmasi Tesis Kedokteran Tips Skripsi