Isikan Kata Kunci Untuk Memudahkan Pencarian

Memuat...

4. Studi Kualitas Dan Pengolahan Air Pada Penampungan Air Hujan (Pah) Di Desa Hargosari, Kecamatan Tanjungsari, Gunungkidul Menggunakan Filter Karbon


ABSTRAKSI

Air hujan merupakan salah satu sumber air untuk kebutuhan hidup mayoritas masyarakat desa Hargosari. Pemanfaatannya dilakukan dengan mengumpulkan air hujan yang jatuh melalui atap rumah dan ditampung dalam bak penampungan air hujan (PAH). Penggunaan air hujan tampungan tidak terbatas pada musim kemarau saja tetapi sepanjang tahun, baik untuk keperluan sehari-hari sampai kebutuhan ternak. Oleh karena itu perlu diketahui kualitas air hujan tampungan dan berapa besar efektifitas filter karbon aktif granular dan UV menurunkan konsentrasi polutan dalam air hujan yang berada pada bak PAH.

Metode penelitian yang digunakan adalah observasi langsung di lapangan dan untuk pengujian dilakukan di laboratorium.Untuk uji awal menggunakan 5 sampel diambil secara acak dan untuk pengujian ke dua diambil 1 sampel yang memiliki paling banyak parameter melebihi batas kualitas air minum sesuai KepMenKes 907 tahun 2002. Filter karbon aktif dan UV yang digunakan dengan diameter D=10,3 cm, ketinggian media karbon aktif adalah= 80 cm, luas permukaan tiap tabung A=83,32 cm², kecepatan aliran adalah v = 0,004 m/s; 0,005 m/s; 0,006 m/s, lampu UV 20 watt dengan waktu operasi 30 menit.

Dari 5 sampel pada pengujian awal diperoleh bahwa pada sampel 2 memiliki 4 parameter dengan konsentrasi melebihi batas yang ditentukan antara lain kekeruhan = 90,556 NTU, mangan = 0,389 mg/l, zat organik = 71,817 mg/l dan total coliform = > 1898 MPN/100ml. Hal tersebut bisa terjadi karena kurangnya pengetahuan dari masyarakat di dalam merawat dan memperlakukan air hujan pada bak penampungan, seperti penempatan bak yang dekat dengan kandang ternak dan dibawah pepohonan sedangkan bak tidak ada penutupnya, kebersihan bak yang tidak terjaga, tidak dikuras secara rutin, dan fasilitas penangkapan air hujan yang tidak terawat. Efisiensi terbesar filter karbon aktif dan UV untuk penurunan kekeruhan adalah 46,191 % pada kecepatan aliran 0,005 m/s, untuk penurunan mangan adalah 96,915 % pada kecepatan aliran 0,006 m/s, untuk penurunan zat organik adalah 88,861 % pada kecepatan aliran 0,006 m/s, dan untuk penurunan total coliform adalah 99,842 % pada kecepatan aliran 0,006 m/s.
File Selengkapnya.....

Teman KoleksiSkripsi.com

Label

Administrasi Administrasi Negara Administrasi Niaga-Bisnis Administrasi Publik Agama Islam Akhwal Syahsiah Akuntansi Akuntansi-Auditing-Pasar Modal-Keuangan Bahasa Arab Bahasa dan Sastra Inggris Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Bimbingan Konseling Bimbingan Penyuluhan Islam Biologi Dakwah Ekonomi Ekonomi Akuntansi Ekonomi Dan Studi pembangunan Ekonomi Manajemen Farmasi Filsafat Fisika Fisipol Free Download Skripsi Hukum Hukum Perdata Hukum Pidana Hukum Tata Negara Ilmu Hukum Ilmu Komputer Ilmu Komunikasi IPS Kebidanan Kedokteran Kedokteran - Ilmu Keperawatan - Farmasi - Kesehatan – Gigi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Keperawatan Keperawatan dan Kesehatan Kesehatan Masyarakat Kimia Komputer Akuntansi Manajemen SDM Matematika MIPA Muamalah Olahraga Pendidikan Agama Isalam (PAI) Pendidikan Bahasa Arab Pendidikan Bahasa Indonesia Pendidikan Bahasa Inggris Pendidikan Biologi Pendidikan Ekonomi Pendidikan Fisika Pendidikan Geografi Pendidikan Kimia Pendidikan Matematika Pendidikan Olah Raga Pengembangan Masyarakat Pengembangan SDM Perbandingan Agama Perbandingan Hukum Perhotelan Perpajakan Perpustakaan Pertambangan Pertanian Peternakan PGMI PGSD PPKn Psikologi PTK PTK - Pendidikan Agama Islam Sastra dan Kebudayaan Sejarah Sejarah Islam Sistem Informasi Skripsi Lainnya Sosiologi Statistika Syari'ah Tafsir Hadist Tarbiyah Tata Boga Tata Busana Teknik Arsitektur Teknik Elektro Teknik Industri Teknik Industri-mesin-elektro-Sipil-Arsitektur Teknik Informatika Teknik Komputer Teknik Lingkungan Teknik Mesin Teknik Sipil Teknologi informasi-ilmu komputer-Sistem Informasi Tesis Farmasi Tesis Kedokteran Tips Skripsi