Isikan Kata Kunci Untuk Memudahkan Pencarian

Memuat...

9. Penurunan Kadar Minyak Pada Limbah Bengkel Dengan Menggunakan Reaktor Pemisah Minyak Dan Karbon Aktif


ABSTRAK

Pertambahan jumlah kendaraan di Indonesia sekarang sangat signifikan per tahun. Dimana menyebabkan terjadinya perubahan pola kehidupan yang berdampak pada lingkungan, antara lain pencemaran tanah dan air tanah yang diakibatkan oleh sisa dari proses penggantian oli pelumas kendaraan motor dan mobil, dan pencucian mesin kendaraan bermotor. Meningkatnya produksi otomotif sangat dilematis. Produksi otomotif sangat membantu aktivitas manusia, namun di lain sisi menimbulkan efek negatif bagi lingkungan salah satu nya adalah berupa akumulasi oli pelumas mesin (senyawa hidrokarbon) dalam bentuk cairan. Reaktor pemisah minyak merupakan suatu unit pengolahan limbah yang terdiri dari dua tahap proses, yaitu pemisahan, dan adsorpsi (karbon aktif dan zeolit).

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui prosentase penurunan konsentrasi minyak dengan menggunakan reaktor pemisah minyak. Serta dapat mengetahui variasi media yang paling efektif dengan menggunakan karbon aktif dan zeolit. Pengambilan sampel dilakukan pada inlet, outlet reaktor, outlet karbon aktif dan outlet zeolit setiap 1 kali sehari selama 13 hari. Pada penelitian ini menggunakan reaktor pemisah minyak yang terdiri dari empat sekat bagian. Reaktor ini terbuat dari bahan kaca, karena minyak akan menempel pada bahan padat seperti kaca. Selain proses pemisahan, limbah juga mengalami proses adsorpsi dengan menggunakan media karbon aktif dan zeolit.

Dari hasil penelitian diperoleh konsentrasi awal untuk parameter minyak sebesar 49 mg/l. Setelah dilakukan pengolahan dengan reaktor pemisah minyak selama 13 hari, dimana kondisi reaktor pemisah minyak telah jenuh, diperoleh konsentrasi minyak sebesar 12 mg/l. Efisiensi rata-rata untuk parameter minyak sebesar 45,10 %. Karbon aktif merupakan adsorben yang efektif dalam menurunkan kadar minyak. Efisiensi dari karbon aktif awal sebesar 46,93 %, dan efisiensi akhir sebesar 63,15 %. Dengan efisiensi rata-rata 61,17 %, sedangkan efisiensi awal dari zeolit sebesar 44,89 %, dan efisiensi akhir sebesar 52,63 %. Dengan efisiensi rata-rata 57,09 %.
File Selengkapnya.....

Teman KoleksiSkripsi.com

Label

Administrasi Administrasi Negara Administrasi Niaga-Bisnis Administrasi Publik Agama Islam Akhwal Syahsiah Akuntansi Akuntansi-Auditing-Pasar Modal-Keuangan Bahasa Arab Bahasa dan Sastra Inggris Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Bimbingan Konseling Bimbingan Penyuluhan Islam Biologi Dakwah Ekonomi Ekonomi Akuntansi Ekonomi Dan Studi pembangunan Ekonomi Manajemen Farmasi Filsafat Fisika Fisipol Free Download Skripsi Hukum Hukum Perdata Hukum Pidana Hukum Tata Negara Ilmu Hukum Ilmu Komputer Ilmu Komunikasi IPS Kebidanan Kedokteran Kedokteran - Ilmu Keperawatan - Farmasi - Kesehatan – Gigi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Keperawatan Keperawatan dan Kesehatan Kesehatan Masyarakat Kimia Komputer Akuntansi Manajemen SDM Matematika MIPA Muamalah Olahraga Pendidikan Agama Isalam (PAI) Pendidikan Bahasa Arab Pendidikan Bahasa Indonesia Pendidikan Bahasa Inggris Pendidikan Biologi Pendidikan Ekonomi Pendidikan Fisika Pendidikan Geografi Pendidikan Kimia Pendidikan Matematika Pendidikan Olah Raga Pengembangan Masyarakat Pengembangan SDM Perbandingan Agama Perbandingan Hukum Perhotelan Perpajakan Perpustakaan Pertambangan Pertanian Peternakan PGMI PGSD PPKn Psikologi PTK PTK - Pendidikan Agama Islam Sastra dan Kebudayaan Sejarah Sejarah Islam Sistem Informasi Skripsi Lainnya Sosiologi Statistika Syari'ah Tafsir Hadist Tarbiyah Tata Boga Tata Busana Teknik Arsitektur Teknik Elektro Teknik Industri Teknik Industri-mesin-elektro-Sipil-Arsitektur Teknik Informatika Teknik Komputer Teknik Lingkungan Teknik Mesin Teknik Sipil Teknologi informasi-ilmu komputer-Sistem Informasi Tesis Farmasi Tesis Kedokteran Tips Skripsi