Isikan Kata Kunci Untuk Memudahkan Pencarian

Memuat...

317. Autentifikasi Pengenalan Tanda Tangan Manual Menggunakan Jaringan Saraf Tiruan LVQ


ABSTRAK

Informasi merupakan kebutuhan manusia, bukan saja pada abad modern ini, tetapi sejak manusia tercipta. Hal ini disebabkan, antara lain oleh adanya naluri ingin tahu yang menghiasi makhluk bernama manusia. Internet merupakan salah satu media untuk bertukar informasi atau berkomunikasi. Ketika saling berkomunikasi tidak menutup kemungkinan untuk mengirim informasi yang berbentuk dokumen elektronik (file) yang memiliki tanda tangan untuk megesahkan dokumen. Hal ini memerlukan adanya mekanisme untuk menjamin keaslian (autentifikasi) tanda tangan tersebut dengan tujuan informasi yang dikirim sesuai dengan kebenarannya. Keaslian (autentifikasi) tanda tangan menjadi aset yang sangat berharga baik dari suatu organisasi, perusahaan, pemerintah maupun pribadi. Hal ini menyebabkan keaslian (autentifikasi) tanda tangan menjadi sangat penting untuk dilindungi dari orang-orang yang tidak bertanggung jawab yang akan memanipulasi tanda tangan untuk kepentingannya yang dapat merugikan orang lain.

Mekanisme keamanan diperlukan untuk menjamin keaslian dari tanda tangan tersebut, dalam penelitian ini akan dibangun mekanisme untuk menjamin keaslian tanda tangan atau autentifikasi dengan menghubungkan pengenalan tanda tangan manual menggunakan jaringan saraf tiruan LVQ dengan tanda tangan digital menggunakan algoritma RSA. Tujuan dari penelitian ini adalah mengimplementasikan algoritma RSA dan LVQ untuk autentifikasi tanda tangan manual dan digital kedalam aplikasi. Aplikasi ini dibangun dengan menggunakan bahasa pemograman Delphi dan menggunakan Database Access. Metode autentifikasi menggunakan jaringan saraf tiruan LVQ (Learning Vector Quantization) dan algoritma RSA (Riset Shamir Adleman). LVQ adalah metode pengenalan pola yang melakukan pembelajaran terlebih dahulu atau supervised learning, sedangkan RSA adalah algoritma kriptografi yang mempunyai dua kunci yaitu kunci publik dan kunci rahasia. Berdasarkan hasil uji coba yang telah dilakukan, maka Authentifikasi tanda tangan manual dengan jaringan saraf tiruan LVQ dan tanda tangan digital dengan algoritma RSA menghasilkan tingkat keberhasilan sukses sebesar 100 % untuk tanda tangan digital, dan 74 % untuk tanda tangan manual dengan pembelajaran menggunakan nilai max epoch 1000, nilai Learning rate 0,01-0,09 dan nilai target error 0,01. Dan rata–rata waktu penandatangan (signing) 15 milidetik dan rata-rata untuk verifikasi 53 milidetik.
File Selengkapnya.....

Teman KoleksiSkripsi.com

Label

Administrasi Administrasi Negara Administrasi Niaga-Bisnis Administrasi Publik Agama Islam Akhwal Syahsiah Akuntansi Akuntansi-Auditing-Pasar Modal-Keuangan Bahasa Arab Bahasa dan Sastra Inggris Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Bimbingan Konseling Bimbingan Penyuluhan Islam Biologi Dakwah Ekonomi Ekonomi Akuntansi Ekonomi Dan Studi pembangunan Ekonomi Manajemen Farmasi Filsafat Fisika Fisipol Free Download Skripsi Hukum Hukum Perdata Hukum Pidana Hukum Tata Negara Ilmu Hukum Ilmu Komputer Ilmu Komunikasi IPS Kebidanan Kedokteran Kedokteran - Ilmu Keperawatan - Farmasi - Kesehatan – Gigi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Keperawatan Keperawatan dan Kesehatan Kesehatan Masyarakat Kimia Komputer Akuntansi Manajemen SDM Matematika MIPA Muamalah Olahraga Pendidikan Agama Isalam (PAI) Pendidikan Bahasa Arab Pendidikan Bahasa Indonesia Pendidikan Bahasa Inggris Pendidikan Biologi Pendidikan Ekonomi Pendidikan Fisika Pendidikan Geografi Pendidikan Kimia Pendidikan Matematika Pendidikan Olah Raga Pengembangan Masyarakat Pengembangan SDM Perbandingan Agama Perbandingan Hukum Perhotelan Perpajakan Perpustakaan Pertambangan Pertanian Peternakan PGMI PGSD PPKn Psikologi PTK PTK - Pendidikan Agama Islam Sastra dan Kebudayaan Sejarah Sejarah Islam Sistem Informasi Skripsi Lainnya Sosiologi Statistika Syari'ah Tafsir Hadist Tarbiyah Tata Boga Tata Busana Teknik Arsitektur Teknik Elektro Teknik Industri Teknik Industri-mesin-elektro-Sipil-Arsitektur Teknik Informatika Teknik Komputer Teknik Lingkungan Teknik Mesin Teknik Sipil Teknologi informasi-ilmu komputer-Sistem Informasi Tesis Farmasi Tesis Kedokteran Tips Skripsi