Isikan Kata Kunci Untuk Memudahkan Pencarian

84. Perancangan Sensor Getar Sebagai Pengaman Kendaraan dengan Memanfaatkan Gelombang Radio FM

ABSTRAK

Sepeda motor merupakan alat transportasi yang praktis, hemat bahan bakar dan tidak mudah terjebak dalam kemacetan lalu lintas, akan tetapi masyarakat merasa keamanan saat ini tidaklah kondusif, terjadi banyak pencurian sepeda motor yang membuat banyak pemakai kendaraan bermotor merasa gelisah saat memarkir kendaraannya. Meningkatnya kebutuhan masyarakat dalam penggunaan perangkat keamanan pada sepeda motor mendorong dibuat perangkat pengaman sepeda motor. Sistem pengaman ini menggunakan sensor getar yang dihubungkan dengan pemancar dan Capasitor Discharge Ignition (CDI) pada sepeda motor. Sensor getar ini akan mendeteksi adanya perubahan posisi pada kendaraan dan mengirimkan sinyal pada pemilik kendaraan serta memutuskan sistem pengapian sepeda motor. Sistem pengaman sepeda motor dirancang dengan memanfaatkan gelombang radio modulasi frekuensi (FM) sebagai media transmisi informasinya. Alat ini dirancang dengan menggunakan sensor getar yang dihubungkan pada rangkain Bistable Multivibrator sebagai pengendali utama rangkaian pemancar. Pada rangkaian ini juga dirancang Astable Multivibrator dengan IC 555 sebagai pengganti sumber audio pada pemancar. Pengendali rangkaian utama pada pemancar dihubungkan dengan relay yang berfungsi untuk mengaktifkan pemancar dan memutuskan sistem pengapian sepeda motor. Driver relay ini menggunakan tiga buah transistor C9014 yang digunakan untuk switching. Pada driver baris ini dihubungkan pada pemancar dan sistem pengapian yang digerakkan oleh rangkaian bistable multivibrator saat sensor menerima getar.

Dalam penelitian ini, dihasilkan sebuah alat yang mampu mendeteksi keamanan jarak jauh pada sepeda motor yang dapat memberikan keuntungan bagi pemilik kendaraan untuk mengetahui perubahan posisi kendaraannya pada jarak 100 meter.
File Selengkapnya.....

Teman KoleksiSkripsi.com

Label

Administrasi Administrasi Negara Administrasi Niaga-Bisnis Administrasi Publik Agama Islam Akhwal Syahsiah Akuntansi Akuntansi-Auditing-Pasar Modal-Keuangan Bahasa Arab Bahasa dan Sastra Inggris Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Bimbingan Konseling Bimbingan Penyuluhan Islam Biologi Dakwah Ekonomi Ekonomi Akuntansi Ekonomi Dan Studi pembangunan Ekonomi Manajemen Farmasi Filsafat Fisika Fisipol Free Download Skripsi Hukum Hukum Perdata Hukum Pidana Hukum Tata Negara Ilmu Hukum Ilmu Komputer Ilmu Komunikasi IPS Kebidanan Kedokteran Kedokteran - Ilmu Keperawatan - Farmasi - Kesehatan – Gigi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Keperawatan Keperawatan dan Kesehatan Kesehatan Masyarakat Kimia Komputer Akuntansi Manajemen SDM Matematika MIPA Muamalah Olahraga Pendidikan Agama Isalam (PAI) Pendidikan Bahasa Arab Pendidikan Bahasa Indonesia Pendidikan Bahasa Inggris Pendidikan Biologi Pendidikan Ekonomi Pendidikan Fisika Pendidikan Geografi Pendidikan Kimia Pendidikan Matematika Pendidikan Olah Raga Pengembangan Masyarakat Pengembangan SDM Perbandingan Agama Perbandingan Hukum Perhotelan Perpajakan Perpustakaan Pertambangan Pertanian Peternakan PGMI PGSD PPKn Psikologi PTK PTK - Pendidikan Agama Islam Sastra dan Kebudayaan Sejarah Sejarah Islam Sistem Informasi Skripsi Lainnya Sosiologi Statistika Syari'ah Tafsir Hadist Tarbiyah Tata Boga Tata Busana Teknik Arsitektur Teknik Elektro Teknik Industri Teknik Industri-mesin-elektro-Sipil-Arsitektur Teknik Informatika Teknik Komputer Teknik Lingkungan Teknik Mesin Teknik Sipil Teknologi informasi-ilmu komputer-Sistem Informasi Tesis Farmasi Tesis Kedokteran Tips Skripsi