Isikan Kata Kunci Untuk Memudahkan Pencarian

Memuat...

87. Perancangan dan pembuatan alat ukur kecepatan respon manusia berbasis Mikrokontroler AT89S8252


ABSTRAK

Suatu gerak manusia sebagai suatu respon dari sesuatu merupakan hal yangselalu berbeda pada setiap individu. Namun seringkali respon tersebut sulit untuk diukur karena sangat flexible sekali dan terkadang bersifat subjektif. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk merancang dan membuat alat ukur kecepatan respon manusia berbasis mikrokontroller AT89S8252 dan menentukan tingkat akurasi alat. Alat ukur ini terdiri dari 4 saklar, yakni 2 untuk penguji dan 2 untuk peserta yang diuji, 2 indikator LED, buzzer, 4 tombol (menu, enter, select dan cancel), speaker, dan MK AT89S8252. LCD sebagai display penampil. Untuk pengambilan data pada respon motorik mata dan respon motorik telinga dilakukan sebanyak 9 kali untuk setiap individu. Sebelum proses pengujian pada respon motorik mata dan motorik telinga dilakukan, terlebih dahulu waktu pada alat dikalibrasikan dengan menggunakan waktu pada stopwatch 1/1000. Setelah itu proses pengujian dilakukan dengan cara menentukan respon yang akan dilakukan pengujian, penguji menekan saklar S1 atau saklar S2, maka LED1 atau LED2 atau bel akan menyala secara bersamaan. Peserta yang diuji pertama harus dengan cepat menekan saklar S3 atau saklar S4 untuk menghentikan bel dan proses perhitungan. Langkah pengambilan data pada respon mata dan telinga adalah sama.

Dalam proses kalibrasi waktu alat dengan menggunakan stopwatch 1/1000 didapatkan 9 data. Adapun kesalahan relatif simpangan yang diperoleh sebesar 2,5%, maka ketelitian yang dihasilkan oleh alat ukur kecepatan respon manusia sebesar 97,5%. Kondisi batas respon manusia ada 3 batas yaitu sangat baik (batas satu), normal/baik (batas dua), buruk (batas tiga). Pada pengujian respon motorik mata pada manusia yang menggunakan indikator LED, datanya lebih baik dari data respon motorik telinga, itu dikarenakan adanya cepat rambat yang berbeda. Cahaya LED akan mencapai mata manusia tanpa selang waktu, tetapi bunyi atau suara akan mencapai telinga manusia setelah interval waktu.
File Selengkapnya.....

Teman KoleksiSkripsi.com

Label

Administrasi Administrasi Negara Administrasi Niaga-Bisnis Administrasi Publik Agama Islam Akhwal Syahsiah Akuntansi Akuntansi-Auditing-Pasar Modal-Keuangan Bahasa Arab Bahasa dan Sastra Inggris Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Bimbingan Konseling Bimbingan Penyuluhan Islam Biologi Dakwah Ekonomi Ekonomi Akuntansi Ekonomi Dan Studi pembangunan Ekonomi Manajemen Farmasi Filsafat Fisika Fisipol Free Download Skripsi Hukum Hukum Perdata Hukum Pidana Hukum Tata Negara Ilmu Hukum Ilmu Komputer Ilmu Komunikasi IPS Kebidanan Kedokteran Kedokteran - Ilmu Keperawatan - Farmasi - Kesehatan – Gigi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Keperawatan Keperawatan dan Kesehatan Kesehatan Masyarakat Kimia Komputer Akuntansi Manajemen SDM Matematika MIPA Muamalah Olahraga Pendidikan Agama Isalam (PAI) Pendidikan Bahasa Arab Pendidikan Bahasa Indonesia Pendidikan Bahasa Inggris Pendidikan Biologi Pendidikan Ekonomi Pendidikan Fisika Pendidikan Geografi Pendidikan Kimia Pendidikan Matematika Pendidikan Olah Raga Pengembangan Masyarakat Pengembangan SDM Perbandingan Agama Perbandingan Hukum Perhotelan Perpajakan Perpustakaan Pertambangan Pertanian Peternakan PGMI PGSD PPKn Psikologi PTK PTK - Pendidikan Agama Islam Sastra dan Kebudayaan Sejarah Sejarah Islam Sistem Informasi Skripsi Lainnya Sosiologi Statistika Syari'ah Tafsir Hadist Tarbiyah Tata Boga Tata Busana Teknik Arsitektur Teknik Elektro Teknik Industri Teknik Industri-mesin-elektro-Sipil-Arsitektur Teknik Informatika Teknik Komputer Teknik Lingkungan Teknik Mesin Teknik Sipil Teknologi informasi-ilmu komputer-Sistem Informasi Tesis Farmasi Tesis Kedokteran Tips Skripsi