Isikan Kata Kunci Untuk Memudahkan Pencarian

Memuat...

23. Penerapan Strategi E-Learning Dengan Metode Resitasi Dalam Peningkatan Motivasi Belajar Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Siswa Kelas VIII SMP

ABSTRAK


Kata Kunci : Metode, Resitasi, Motivasi Belajar
Metode adalah cara yang dipergunakan untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Motivasi merupakan perubahan energi di dalam diri seseorang yang ditandai dengan munculnya feeling dan didahului dengan tanggapan terhadap adanya tujuan, untuk mendapatkan itu maka harus dipilih metode-metode yang sekiranya dapat diterima dalam kegiatan belajar mengajar dengan baik. Resitasi juga merupakan salah satu media pembelajaran yang dikenal dengan pekerjaan rumah atau murid diberi tugas diluar jam pelajaran. Namun berdasarkan hasil observasi dengan guru mata pelajaran PAI SMP Negeri 2 Batu, diperoleh informasi bahwa tidak tampak adanya interaksi antar siswa dalam proses pembelajaran,siswa kurang termotivasi dalam mengikuti kegiatan pembelajaran. Hal ini di karenakan proses pembelajaran masih menggunakan metode ceramah atau tanya jawab. Untuk mengatasi masalah tersebut di perlukan metode pembelajaran yang dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Strategi yang diterapkan dalam penelitian ini strategi pembelajaran e-learning dengan metode resitasi.
Penelitian ini bertujuan untuk 1) Untuk mendiskripsikan bagaimana implementasi e-learning dengan metode resitasi dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam SMP Negeri 2 Batu. 2)Untuk mengetahui bagaimana implementasi e-learning dengan metode resitasi di laksanakan guru PAI dalam meningkatkan motivasi belajar siswa SMP Negeri 2 Batu
Dalam penelitian ini pendekatan yang di lakukan adalah melalui pendekatan penelitian kualitatif. Jenis penelitiannya adalah penelitian tindakan kelas ( PTK) atau Classroom Action Research, yaitu penelitian yang memberikan sumbangan nyata bagi peningkatan profesionalisme guru, menyiapkan pengetahuan, pemahaman, dan wawasan tentang perilaku guru mengajar dan murid belajar. Di dalam kenyataanya, cara atau metode mengajar yang digunakan menyampaikan informasi berbeda dengan cara yang ditempuh untuk memantapkan siswa dalam menguasai pengetahuan, keterampilan dan sikap (kognitf, psikomotorik, afektif). Khusus metode mengajar dalam kelas, efektifitas suatu metode dipengaruhi oleh tujuan, faktor siswa, faktor situasi, dan faktor guru itu sendiri. Dari pernyataan-pernyataan di atas dapat disimpulkan bahwa dalam proses belajar mengajar yang di terapkan SMP Negeri 2 Batu, agar siswa tidak bosan maka harus adanya variasi dalam metode pembelajaran. Guru harus pandai dalam memilih metode salah satunya metode Resitasi sebagai perantara dalam proses belajar mengajar.
Dari hasil analisis di atas di dapatkan bahwa motivasi siswa mengalami peningkatan yang cukup signifikan dari siklus 1 sampai dengan siklus 3.
Pembelajaran dengan menggunakan e- learning dengan metode resitasi mampu meningkatkan motivasi belajar siswa dalam mata pelajaran PAI kelas VIII B SMP Negeri 2 Batu. Siswa juga mengalami kemajuan dalam penilaian antusias dalam mengikuti pembelajaran.
Dengan penelitian ini di harapkan sekolah dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran pendidikan agama islam. Sehingga dapat memaksimalkan pembentukan akhlak untuk dapat membentuk generasi muda yang berkualitas.
File Selengkapnya.....

Teman KoleksiSkripsi.com

Label

Administrasi Administrasi Negara Administrasi Niaga-Bisnis Administrasi Publik Agama Islam Akhwal Syahsiah Akuntansi Akuntansi-Auditing-Pasar Modal-Keuangan Bahasa Arab Bahasa dan Sastra Inggris Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Bimbingan Konseling Bimbingan Penyuluhan Islam Biologi Dakwah Ekonomi Ekonomi Akuntansi Ekonomi Dan Studi pembangunan Ekonomi Manajemen Farmasi Filsafat Fisika Fisipol Free Download Skripsi Hukum Hukum Perdata Hukum Pidana Hukum Tata Negara Ilmu Hukum Ilmu Komputer Ilmu Komunikasi IPS Kebidanan Kedokteran Kedokteran - Ilmu Keperawatan - Farmasi - Kesehatan – Gigi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Keperawatan Keperawatan dan Kesehatan Kesehatan Masyarakat Kimia Komputer Akuntansi Manajemen SDM Matematika MIPA Muamalah Olahraga Pendidikan Agama Isalam (PAI) Pendidikan Bahasa Arab Pendidikan Bahasa Indonesia Pendidikan Bahasa Inggris Pendidikan Biologi Pendidikan Ekonomi Pendidikan Fisika Pendidikan Geografi Pendidikan Kimia Pendidikan Matematika Pendidikan Olah Raga Pengembangan Masyarakat Pengembangan SDM Perbandingan Agama Perbandingan Hukum Perhotelan Perpajakan Perpustakaan Pertambangan Pertanian Peternakan PGMI PGSD PPKn Psikologi PTK PTK - Pendidikan Agama Islam Sastra dan Kebudayaan Sejarah Sejarah Islam Sistem Informasi Skripsi Lainnya Sosiologi Statistika Syari'ah Tafsir Hadist Tarbiyah Tata Boga Tata Busana Teknik Arsitektur Teknik Elektro Teknik Industri Teknik Industri-mesin-elektro-Sipil-Arsitektur Teknik Informatika Teknik Komputer Teknik Lingkungan Teknik Mesin Teknik Sipil Teknologi informasi-ilmu komputer-Sistem Informasi Tesis Farmasi Tesis Kedokteran Tips Skripsi