Isikan Kata Kunci Untuk Memudahkan Pencarian

Memuat...

10. Penerapan Pembelajaran Kooperatif ( Cooperatif Learning ) Model Mind Mapping Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Kelas IV

ABSTRAK


Kata Kunci : Mind Mapping, Aktivitas, Pendidikan Kewarganegaraan

Pendidikan Kewarganegaraan merupakan salah satu materi yang dipelajari mulai kelas I MI/SD melalui materi-materi yang akrab dengan lingkungan siswa. Dengan mempelajari Pendidikan Kewarganegaraan kita dapat menumbuhkan kemampuan berfikir siswa tentang membentuk warga negara yang baik, yaitu warga negara yang tahu, sadar akan hak dan kewajiban. Pelajaran Kewarganegaraan pada saat ini dianggap sebagai pelajaran yang kurang menarik dan membosankan, sehingga pada umumnya nilai yang diperoleh masih banyak dibawah KKM. Salah satu upaya untuk mencapai tujuan tersebut ialah pemilihan model pembelajaran yan tepat dari seorang guru dalam penyampaian materi. Dalam realitanya guru masih menggunakan model konvensional dalam mengajar sehingga membuat siswa kurang memahami materi yang diajarkan. Hal ini akan membuat siswa kurang aktif dikelas. Menyikapi maslah tersebut, perlu dikembangkan model Mind Mapping sebagai salah satu model alternative yang menjadikan pembelajaran lebih efektif yang diharapkan mampu meningkatkan aktivitas belajar siswa.
  1. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mengetahui proses perencanaan pembelajaran model Mind Mapping dalam meningkatkan aktifitas belajar pokok bahasan sistem pemerintahan pusat siswa kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Huda Bandulan Malang.
  2. Untuk mengetahui proses penerapan pembelajaran model Mind Mapping dalam meningkatkan Aktifitas belajar pokok bahasan sistem pemerintahan pusat siswa kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Huda Bandulan Malang.
  3. Untuk mengetahui proses evaluasi pembelajaran model Mind Mapping dalam meningkatkan aktifitas belajar pokok bahasan sistem pemerintahan pusat siswa kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Huda Bandulan Malang.
Penelitian yang penulis lakukan ini menggunakan pendekatan kualitatif, desain yang digunakan adalah desain penelitian tindakan kelas ( PTK ). Dalam pengumpulan data, penulis menggunakan beberapa motode yaitu: metode observasi, metode dokumentasi dan metode wawancara, adapun yang menjadi informan adalah guru pendidikan kewarganegaraan kelas IV dan siswa kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Huda Bandulan Malang. Sedangkan untuk menganalisanya, data-data yang bersifat kualitatif dianalisa dengan analisa deskriptif kualitatif yaitu berupa data-data tertulis atau lisan dari orang dan perilaku yang diamati dan data yang bersifat kuantitaif dianalisa dengan analisa deskriptif kuantitaif, sehingga dalam hal ini penulis berupaya mengadakan penelitian yang bersifat menggambarkan secara menyeluruh tentang keadaan yang sebenarnya. Selain itu, untuk mendukung uraian dari keadaan yang sebenarnya ada di lapangan, disini penulis sertakan table sebagai pelengkap data.
Dari hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa penerapan pembalajaran kooperatif ( Coopertaif Leraning ) Model Mind Mapping untuk meningkatkan aktivitas belajar pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan siswa kelas IV Madarasah Ibtidaiyah Miftahul Huda Bandulan Malang, meskipun belum mencapai 100 %. Pada siklus I aktivitas belajar siswa pada pembelajaran dengan menggunakan model Mind Mapping mencapai 63 % dan meningkat pada siklus II mencapai 87 %.

Teman KoleksiSkripsi.com

Label

Administrasi Administrasi Negara Administrasi Niaga-Bisnis Administrasi Publik Agama Islam Akhwal Syahsiah Akuntansi Akuntansi-Auditing-Pasar Modal-Keuangan Bahasa Arab Bahasa dan Sastra Inggris Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Bimbingan Konseling Bimbingan Penyuluhan Islam Biologi Dakwah Ekonomi Ekonomi Akuntansi Ekonomi Dan Studi pembangunan Ekonomi Manajemen Farmasi Filsafat Fisika Fisipol Free Download Skripsi Hukum Hukum Perdata Hukum Pidana Hukum Tata Negara Ilmu Hukum Ilmu Komputer Ilmu Komunikasi IPS Kebidanan Kedokteran Kedokteran - Ilmu Keperawatan - Farmasi - Kesehatan – Gigi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Keperawatan Keperawatan dan Kesehatan Kesehatan Masyarakat Kimia Komputer Akuntansi Manajemen SDM Matematika MIPA Muamalah Olahraga Pendidikan Agama Isalam (PAI) Pendidikan Bahasa Arab Pendidikan Bahasa Indonesia Pendidikan Bahasa Inggris Pendidikan Biologi Pendidikan Ekonomi Pendidikan Fisika Pendidikan Geografi Pendidikan Kimia Pendidikan Matematika Pendidikan Olah Raga Pengembangan Masyarakat Pengembangan SDM Perbandingan Agama Perbandingan Hukum Perhotelan Perpajakan Perpustakaan Pertambangan Pertanian Peternakan PGMI PGSD PPKn Psikologi PTK PTK - Pendidikan Agama Islam Sastra dan Kebudayaan Sejarah Sejarah Islam Sistem Informasi Skripsi Lainnya Sosiologi Statistika Syari'ah Tafsir Hadist Tarbiyah Tata Boga Tata Busana Teknik Arsitektur Teknik Elektro Teknik Industri Teknik Industri-mesin-elektro-Sipil-Arsitektur Teknik Informatika Teknik Komputer Teknik Lingkungan Teknik Mesin Teknik Sipil Teknologi informasi-ilmu komputer-Sistem Informasi Tesis Farmasi Tesis Kedokteran Tips Skripsi