Isikan Kata Kunci Untuk Memudahkan Pencarian

17. Peningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Melalui Pembelajaran Contextual Teaching And Learning Pada Mata Pelajaran Melakukan Prosedur Administrasi Pokok Bahasan Melakukan Surat Menyurat

ABSTRAK


Kata Kunci: Cooperative Learning, Reinforcement, Sejarah Kebudayaan Islam, Motivasi Belajar Siswa.

Motivasi adalah suatu perubahan energi dalam diri (pribadi) seseorang yang ditandai dengan timbulnya perasaan dan reaksi untuk mencapai tujuan. Namun, berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan guru mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MI Sunan Kalijogo Karangbesuki Malang, diperoleh informasi bahwa rendahnya motivasi belajar siswa. Hal ini ditunjukkan dalam proses belajar mengajar, siswa seringkali kurang memperhatikan apa yang disampaikan oleh guru dengan lebih memilih bermain atau berbicara sendiri sesama siswa, kurang antusias ketika guru mengajukan pertanyaan, bahkan siswa bermalas-malasan. Rendahnya motivasi belajar siswa ini dikarenakan dalam proses pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di kelas VA, guru masih menggunakan metode ceramah dan tanya jawab. Untuk mengatasi masalah tersebut diperlukan model pembelajaran yang dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Model yang diterapkan dalam penelitian ini adalah model pembelajaran cooperative learning dengan pemberian reinforcement atau hadiah. Tujuan penelitian ini adalah
  1. Untuk mendeskripsikan perencanaan cooperative learning dengan pemberian reinforcement dalam meningkatkan motivasi belajar pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam siswa kelas VA Madrasah Ibtidaiyah Sunan Kalijogo Karangbesuki Malang.
  2. Untuk mendeskripsikan pelaksanaan cooperative learning dengan pemberian reinforcement dalam meningkatkan motivasi belajar pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam siswa kelas VA MI Sunan Kalijogo Karangbesuki Malang.
  3. Untuk mendeskripsikan evaluasi cooperative learning dengan pemberian reinforcement dalam meningkatkan motivasi belajar pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam siswa kelas VA MI Sunan Kalijogo Karangbesuki Malang.
Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan pendekatan penelitian kualitatif yang terdiri dari 2 siklus yang masing-masing siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini melalui tiga tahapan yaitu : (1) Reduksi data, (2) Data display (penyajian data) (3) Verifikasi/ penarikan kesimpulan.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan peneliti, diketahui bahwa, selama penelitian ini terjadi peningkatan motivasi belajar siswa. Tingkat keberhasilan kelas dalam setiap siklusnya mengalami peningkatan yaitu mulai dari pre test yang rata-rata 57,5, meningkat pada siklus I menjadi 75,7 kemudian lagi pada siklus II menjadi 86. Sedangkan pada motivasi belajar siswa juga mengalami peningkatan dari pre test yang semula 1,8 meningkat menjadi 2,8 dan meningkat lagi menjadi 3,7.
File Selengkapnya.....

Teman KoleksiSkripsi.com

Label

Administrasi Administrasi Negara Administrasi Niaga-Bisnis Administrasi Publik Agama Islam Akhwal Syahsiah Akuntansi Akuntansi-Auditing-Pasar Modal-Keuangan Bahasa Arab Bahasa dan Sastra Inggris Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Bimbingan Konseling Bimbingan Penyuluhan Islam Biologi Dakwah Ekonomi Ekonomi Akuntansi Ekonomi Dan Studi pembangunan Ekonomi Manajemen Farmasi Filsafat Fisika Fisipol Free Download Skripsi Hukum Hukum Perdata Hukum Pidana Hukum Tata Negara Ilmu Hukum Ilmu Komputer Ilmu Komunikasi IPS Kebidanan Kedokteran Kedokteran - Ilmu Keperawatan - Farmasi - Kesehatan – Gigi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Keperawatan Keperawatan dan Kesehatan Kesehatan Masyarakat Kimia Komputer Akuntansi Manajemen SDM Matematika MIPA Muamalah Olahraga Pendidikan Agama Isalam (PAI) Pendidikan Bahasa Arab Pendidikan Bahasa Indonesia Pendidikan Bahasa Inggris Pendidikan Biologi Pendidikan Ekonomi Pendidikan Fisika Pendidikan Geografi Pendidikan Kimia Pendidikan Matematika Pendidikan Olah Raga Pengembangan Masyarakat Pengembangan SDM Perbandingan Agama Perbandingan Hukum Perhotelan Perpajakan Perpustakaan Pertambangan Pertanian Peternakan PGMI PGSD PPKn Psikologi PTK PTK - Pendidikan Agama Islam Sastra dan Kebudayaan Sejarah Sejarah Islam Sistem Informasi Skripsi Lainnya Sosiologi Statistika Syari'ah Tafsir Hadist Tarbiyah Tata Boga Tata Busana Teknik Arsitektur Teknik Elektro Teknik Industri Teknik Industri-mesin-elektro-Sipil-Arsitektur Teknik Informatika Teknik Komputer Teknik Lingkungan Teknik Mesin Teknik Sipil Teknologi informasi-ilmu komputer-Sistem Informasi Tesis Farmasi Tesis Kedokteran Tips Skripsi