Isikan Kata Kunci Untuk Memudahkan Pencarian

2. Implementasi Metode Demonstrasi Dan Resitasi Melalui Pendekatan Pakem Islami Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Pengukuran Sudut Siswa Kelas IV

ABSTRAK


Kata Kunci: Metode Demonstrasi, Resitasi, Pakem Islami, Prestasi Belajar, Matematika

Metode demonstrasi adalah teknik penyajian bahan pelajaran yang memperlihatkan bagaimana proses terjadinya sesuatu. resitasi adalah pemberian tugas kepada siswa untuk merangsang siswa aktif belajar secara individu maupun kelompok. PAKEM Islami adalah pendekatan pembelajaran menuntut siswa harus bekerja secara aktif mempraktekkan pembelajaran dengan menggunakan benda-benda kongkret yang mudah diperoleh di lingkungan sekitar. Siswa kreatif, menghasilkan karya dan menuangkan kreativitas. Efektif memperhatikan efisiensi waktu. Menyenangkan, tampil dengan semangat, antusias dan gembira, menciptakan suasana pembelajaran yang kondusif disertakan humor. Suasana Islami, maka mengucap salam, basmallah setiap memulai aktifitas apapun, dan mengucap astaghfirullah ketika melakukan kesalahan. Pembelajaran Matematika yang baik adalah sesuai dengan perkembangan anak didik sehingga tercapai tujuan yang diinginkan. Materi Matematika yang relative abstrak berbanding terbalik dengan karakter berfikir anak sekolah dasar yang kongrit berpengaruh terhadap Prestasi belajar Matematika yang rendah pada materi pengukuran sudut siswa kelas IV B MIN Malang I, permasalahan ini mengharuskan guru bertanggung jawab membantu dalam hal belajar dan menyiapkan anak didik dengan berbagai potensi yang ada .
Berpijak pada latar belakang diatas maka permasalahan yang timbul adalah:
  1. Bagaimana proses perencanaan pembelajaran dengan metode demonstrasi dan resitasi melalui pendekatan PAKEM Islami untuk meningkatkan prestasi belajar pengukuran sudut siswa kelas IV B MIN Malang I? 
  2. Bagaimana pelaksanaan pembelajaran dengan metode demonstrasi dan resitasi melalui pendekatan PAKEM Islami untuk meningkatkan prestasi belajar pengukuran sudut siswa kelas IV B MIN Malang I ? 
  3. Bagaimana penilaian pembelajaran dengan metode demonstrasi dan resitasi melalui pendekatan PAKEM Islami untuk meningkatkan prestasi belajar pengukuran sudut siswa kelas IV B MIN Malang I? 
Adapun tujuan yang ingin diketahui dari permasalahan tersebut diatas adalah:
  1. Mendeskripsikan perencanaan pembelajaran dengan metode demonstrasi dan resitasi melalui pendekatan PAKEM Islami. 
  2. Mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran dengan metode demonstrasi dan resitasi melalui pendekatan PAKEM Islami. 
  3. Mendeskripsikan penilaian pembelajaran dengan metode demonstrasi dan resitasi melalui pendekatan PAKEM Islami.
Penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan (action research) sebanyak 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu: Rancangan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Dalam pengumpulan data menggunakan beberapa metode yaitu: metode observasi, metode dokumentasi dan metode interview, adapun yang menjadi responden adalah guru bidang studi Matematika kelas IV dan siswa kelas IV B MIN Malang I. Sedangkan untuk menganalisisnya penulis menggunakan analisis kualitatif yaitu berupa data-data yang tertulis atau lisan, perilaku yang diamati dan analisis kuantitatif berupa data hasil tes yang telah dilakukan.
Dari hasil analis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan signifikan dari siklus I sampai siklus II. pembelajaran dengan metode demonstrasi dan resitasi melalui pendekatan PAKEM Islami dapat meningkatkan prestasi belajar pengukuran sudut siswa kelas IVB MIN Malang I. Model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif pembelajaran Matematika.
File Selengkapnya.....

Teman KoleksiSkripsi.com

Label

Administrasi Administrasi Negara Administrasi Niaga-Bisnis Administrasi Publik Agama Islam Akhwal Syahsiah Akuntansi Akuntansi-Auditing-Pasar Modal-Keuangan Bahasa Arab Bahasa dan Sastra Inggris Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Bimbingan Konseling Bimbingan Penyuluhan Islam Biologi Dakwah Ekonomi Ekonomi Akuntansi Ekonomi Dan Studi pembangunan Ekonomi Manajemen Farmasi Filsafat Fisika Fisipol Free Download Skripsi Hukum Hukum Perdata Hukum Pidana Hukum Tata Negara Ilmu Hukum Ilmu Komputer Ilmu Komunikasi IPS Kebidanan Kedokteran Kedokteran - Ilmu Keperawatan - Farmasi - Kesehatan – Gigi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Keperawatan Keperawatan dan Kesehatan Kesehatan Masyarakat Kimia Komputer Akuntansi Manajemen SDM Matematika MIPA Muamalah Olahraga Pendidikan Agama Isalam (PAI) Pendidikan Bahasa Arab Pendidikan Bahasa Indonesia Pendidikan Bahasa Inggris Pendidikan Biologi Pendidikan Ekonomi Pendidikan Fisika Pendidikan Geografi Pendidikan Kimia Pendidikan Matematika Pendidikan Olah Raga Pengembangan Masyarakat Pengembangan SDM Perbandingan Agama Perbandingan Hukum Perhotelan Perpajakan Perpustakaan Pertambangan Pertanian Peternakan PGMI PGSD PPKn Psikologi PTK PTK - Pendidikan Agama Islam Sastra dan Kebudayaan Sejarah Sejarah Islam Sistem Informasi Skripsi Lainnya Sosiologi Statistika Syari'ah Tafsir Hadist Tarbiyah Tata Boga Tata Busana Teknik Arsitektur Teknik Elektro Teknik Industri Teknik Industri-mesin-elektro-Sipil-Arsitektur Teknik Informatika Teknik Komputer Teknik Lingkungan Teknik Mesin Teknik Sipil Teknologi informasi-ilmu komputer-Sistem Informasi Tesis Farmasi Tesis Kedokteran Tips Skripsi