Isikan Kata Kunci Untuk Memudahkan Pencarian

8. Penerapan Metode Student Team Achievement Division (STAD) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pokok Bahasan Geometri Siswa Kelas V

ABSTRAK


Kata Kunci: Metode, STAD, Hasil Belajar, Geometri.

Geometri merupakan salah satu materi yang dipelajari mulai kelas 1 MI/SD melalui bangun-bangun yang akrab dengan lingkungan siswa. Dengan mempelajari geometri dapat menumbuhkan kemampuan berpikir secara logis pada diri siswa. Mengingat peran geometri dalam mendukung tercapainya tujuan pendidikan Matematika, maka materi geometri perlu dipahami dengan baik dan benar oleh siswa MI/SD. Salah satu upaya untuk mencapai tujuan tersebut ialah pemilihan metode yang tepat dari seorang guru dalam menyampaikan materi. Dalam realitanya di sekolah guru masih sering menggunakan metode konvensional dalam mengajar sehingga membuat siswa kurang memahami materi yang diajarkan. Selain itu, siswa tidak diperbolehkan berdiskusi dengan temannya. Hal ini akan membuat siswa kurang aktif bekerja sama dan berpengaruh pada hasil belajar siswa yang sebagian besar di bawah KKM sekolah. Menyikapi permasalahan tersebut, perlu dikembangkan metode STAD sebagai salah satu metode alternatif yang menjadikan pembelajaran lebih efektif yang diharapkan mampu meningkatkan hasil belajar siswa.
Adapun tujuan dari penelitian ini adalah :
  1. Untuk mengetahui proses perencanaan metode STAD dalam meningkatkan hasil belajar Matematika pokok bahasan geometri siswa kelas V A MI Sunan Kalijogo Karangbesuki Malang. 
  2. Untuk mengetahui proses penerapan metode STAD dalam meningkatkan hasil belajar Matematika pokok bahasan geometri siswa siswa kelas V A MI Sunan Kalijogo Karangbesuki Malang. 
  3. Untuk mengetahui proses mengevaluasi penerapan metode STAD dalam meningkatkan hasil belajar Matematika pokok bahasan geometri siswa kelas V MI Sunan Kalijogo Karangbesuki Malang.
Penelitian yang penulis lakukan ini menggunakan pendekatan kualitatif, desain yang digunakan adalah desain penelitian tindakan kelas (PTK). Dalam pengumpulkan data, penulis menggunakan beberapa metode yaitu: metode observasi, metode dokumentasi dan metode wawancara, adapun yang menjadi informan adalah guru Matematika kelas V A dan siswa kelas V A di MI Sunan Kalijogo. Sedangkan untuk menganalisisnya, data-data yang bersifat kualitatif dianalisa dengan analisa deskriptif kualitatif yaitu berupa data-data yang tertulis atau lisan dari orang dan perilaku yang diamati dan data yang bersifat kuantitatif dianalisa dengan analisa deskriptif kuantatif, sehingga dalam hal ini penulis berupaya mengadakan penelitian yang bersifat menggambarkan secara menyeluruh tentang keadaan yang sebenarnya.
File Selengkapnya.....

Teman KoleksiSkripsi.com

Label

Administrasi Administrasi Negara Administrasi Niaga-Bisnis Administrasi Publik Agama Islam Akhwal Syahsiah Akuntansi Akuntansi-Auditing-Pasar Modal-Keuangan Bahasa Arab Bahasa dan Sastra Inggris Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Bimbingan Konseling Bimbingan Penyuluhan Islam Biologi Dakwah Ekonomi Ekonomi Akuntansi Ekonomi Dan Studi pembangunan Ekonomi Manajemen Farmasi Filsafat Fisika Fisipol Free Download Skripsi Hukum Hukum Perdata Hukum Pidana Hukum Tata Negara Ilmu Hukum Ilmu Komputer Ilmu Komunikasi IPS Kebidanan Kedokteran Kedokteran - Ilmu Keperawatan - Farmasi - Kesehatan – Gigi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Keperawatan Keperawatan dan Kesehatan Kesehatan Masyarakat Kimia Komputer Akuntansi Manajemen SDM Matematika MIPA Muamalah Olahraga Pendidikan Agama Isalam (PAI) Pendidikan Bahasa Arab Pendidikan Bahasa Indonesia Pendidikan Bahasa Inggris Pendidikan Biologi Pendidikan Ekonomi Pendidikan Fisika Pendidikan Geografi Pendidikan Kimia Pendidikan Matematika Pendidikan Olah Raga Pengembangan Masyarakat Pengembangan SDM Perbandingan Agama Perbandingan Hukum Perhotelan Perpajakan Perpustakaan Pertambangan Pertanian Peternakan PGMI PGSD PPKn Psikologi PTK PTK - Pendidikan Agama Islam Sastra dan Kebudayaan Sejarah Sejarah Islam Sistem Informasi Skripsi Lainnya Sosiologi Statistika Syari'ah Tafsir Hadist Tarbiyah Tata Boga Tata Busana Teknik Arsitektur Teknik Elektro Teknik Industri Teknik Industri-mesin-elektro-Sipil-Arsitektur Teknik Informatika Teknik Komputer Teknik Lingkungan Teknik Mesin Teknik Sipil Teknologi informasi-ilmu komputer-Sistem Informasi Tesis Farmasi Tesis Kedokteran Tips Skripsi