Isikan Kata Kunci Untuk Memudahkan Pencarian

Memuat...

4. Penerapan Metode Everyone Is Teacher Here Dalam Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Terhadap Mata Pelajaran Sosiologi Kelas X-7 Sekolah Menengah Atas Negeri

ABSTRAK


Kata Kunci: Metode Everyone is teacher here, motivasi belajar.

Dalam kegiatan belajar mengajar, metode menempati peranan yang tidak kalah pentingnya dari komponen lainya dalam kegiatan belajar mengajar. Metode merupakan salah satu alat untuk memotivasi dan sebagai alat untuk mencapai tujuan dalam pengajaran.
Metode mengajar adalah salah satu pengetahuan tentang cara – cara mengajar yang digunakan oleh seorang guru atau instruktur. Pengertian lain dari metode mengajar adalah teknik penyajian yang dikuasai oleh guru untuk digunakan dalam mengajar atau menyajikan bahan pelajaran kepada siswa di dalam kelas, baik secara individual atau secara kelompok, agar pelajaran itu dapat diserap, di pahami dan di manfaatkan oleh siswa dengan baik. Semakin baik metode mengajar, makin efektif pula penyampaian tujuan.( J. R. David: 1976)
Metode everyone is a teacher here adalah salah satu metode dalam model pembelajaran aktif (active learning). Metode pembelajaran Everyone is a teacher here adalah metode pembelajaran yang digunakan oleh pendidik dengan maksud meminta peserta didik untuk semuanya berperan menjadi narasumber terhadap semua temannya di kelas belajar
Metode ini merupakan sebuah metode yang mudah, guna memperoleh partisipasi kelas secara keseluruhan dan tanggung jawab secara individu. Strategi ini memberikan kesempatan pada setiap peserta didik untuk bertindak sebagai seorang “pengajar” terhadap peserta didik lain. Dengan metode ini, peserta didik yang selama ini tidak mau terlibat akan ikut serta dalam pembelajaran secara aktif.
Penerapan metode everyone is teacher here pada pelajaran Sosiologi diharapkan dapat menumbuhkan motivasi dan antusiasme dalam diri siswa kelas X-7 di SMA Negeri 1 Malang ini, Pembelajran everyone is a teacher here (semua orang adalah guru) ini membuat peserta didik dapat belajar dengan mudah, menyenangkan dan dapat tercapai tujuan pembelajaran sesuai dengan tuntutan kompetensi, untuk mengembangkan Interaksi pembelajaran siswa dilakukan dengan siswa menulis pertanyaan di kartu index dan mempersiapkan jawabannya, dan berkomunikasi karena dengan berkomunikasi pembelajaran dititikberatkan pada hubungan antar individu dan sumber belajar yang lain dan berorientasi pada kemampuan individu untuk berhubungan dengan sumber belajar tersebut. Tehnik pembelajaran ini memotivasi semua siswa untuk aktif dan memberi kesempatan pada siswa untuk mengajar temannya dan mempelajari sesuatu dengan baik pada waktu yang sama, serta dapat membuat pertanyaan dan mengemukakan pendapat, sehingga diharapkan pengetahuan yang di dapatkan oleh siswa menjadi bermanfaat dalam kehidupan siswa.
Berdasrkan uraian diatas, maka fokus masalah yang diambil dalam penelitian ini adalah tentang penerapan metode everyone is a teacher here dalam meningkatkan motivasi siswa pada mata pelajaran sosiologi dikelas X-7 di SMA Negeri 1 Malang. Oleh karena itu, peneliti menerapkan metode everyone is teacher here ini di kelas X-7 SMA Negeri 1 Malang ini, dengan harapan siswa – siswa kelas X-7 bisa
menumbuhkan motivasi dan antusiasme dalam kegiatan belajar mengajar, khususnya pada mata pelajaran Sosiologi.
Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang menggunakan pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan datanya menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi yang dilakukan dengan menerapkan tiga siklus yang bisa dilihat dari keaktifan dan antusias siswa selama proses pembelajaran. Adapun rata-rata siswa pada siklus I nilai rata-ratanya mencapai 51,5 , pada siklus II nilai rata-ratanya lebih meningkat menjadi 74 dan pada siklus III nilai rta-rata kelasnya tersebut semakin meningkat menjadi 107,4.
Sesuai dengan hasil penelitian yang telah dilakukan, menunjukkan bahwa penerapan metode belajar Everyone Is Teacher Here dapat meningkatkan motivasi belajar terutama terhadap mata pelajaran sosiologi kelas X-7 SMA Negeri 1 Malang.
File Selengkapnya.....

Teman KoleksiSkripsi.com

Label

Administrasi Administrasi Negara Administrasi Niaga-Bisnis Administrasi Publik Agama Islam Akhwal Syahsiah Akuntansi Akuntansi-Auditing-Pasar Modal-Keuangan Bahasa Arab Bahasa dan Sastra Inggris Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Bimbingan Konseling Bimbingan Penyuluhan Islam Biologi Dakwah Ekonomi Ekonomi Akuntansi Ekonomi Dan Studi pembangunan Ekonomi Manajemen Farmasi Filsafat Fisika Fisipol Free Download Skripsi Hukum Hukum Perdata Hukum Pidana Hukum Tata Negara Ilmu Hukum Ilmu Komputer Ilmu Komunikasi IPS Kebidanan Kedokteran Kedokteran - Ilmu Keperawatan - Farmasi - Kesehatan – Gigi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Keperawatan Keperawatan dan Kesehatan Kesehatan Masyarakat Kimia Komputer Akuntansi Manajemen SDM Matematika MIPA Muamalah Olahraga Pendidikan Agama Isalam (PAI) Pendidikan Bahasa Arab Pendidikan Bahasa Indonesia Pendidikan Bahasa Inggris Pendidikan Biologi Pendidikan Ekonomi Pendidikan Fisika Pendidikan Geografi Pendidikan Kimia Pendidikan Matematika Pendidikan Olah Raga Pengembangan Masyarakat Pengembangan SDM Perbandingan Agama Perbandingan Hukum Perhotelan Perpajakan Perpustakaan Pertambangan Pertanian Peternakan PGMI PGSD PPKn Psikologi PTK PTK - Pendidikan Agama Islam Sastra dan Kebudayaan Sejarah Sejarah Islam Sistem Informasi Skripsi Lainnya Sosiologi Statistika Syari'ah Tafsir Hadist Tarbiyah Tata Boga Tata Busana Teknik Arsitektur Teknik Elektro Teknik Industri Teknik Industri-mesin-elektro-Sipil-Arsitektur Teknik Informatika Teknik Komputer Teknik Lingkungan Teknik Mesin Teknik Sipil Teknologi informasi-ilmu komputer-Sistem Informasi Tesis Farmasi Tesis Kedokteran Tips Skripsi