Isikan Kata Kunci Untuk Memudahkan Pencarian

Memuat...

182. Wujud Pemenuhan Kebutuhan Social Sekelompok Remaja

ABSTRAK  

Paramita Ika Putri. (5030043). Clubbing: Wujud Pemenuhan Kebutuhan Sosial  Sekelompok Remaja. Skripsi. Sarjana Strata 1. Surabaya: Fakultas Psikologi Universitas  Surabaya. Laboratorium Psikologi Perkembangan (2010).  

Kehidupan  clubbing sekarang sudah berkembang pesat, tidak terkecuali di kota  Surabaya. Maraknya clubbing tidak hanya diperuntukkan bagi orang dewasa tetapi remaja  pun sudah mulai menikmatinya. Untuk menjadi clubbers seorang remaja perlu menyesuaikan  dengan perilaku seorang clubbers,  mulai dari segi berpakaian maupun penyesuaian atau  pengorbanan lainnya, seperti segi waktu maupun segi fisik. Semua itu dilakukan untuk  membentuk suatu identitas yang mencerminkan emosionalitas khas gejolak muda. Hal  tersebut memunculkan kehidupan seperti apa yang dijalani remaja clubbers.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengungkapkan adanya fenomena clubbing yang dilakukan remaja-remaja kota Surabaya sehingga mampu menjelaskan kehidupan  clubbers  remaja kota dari perspektif psikologi (khususnya teori kebutuhan), dengan   menggunakan metode pendekatan etnografis. Penelitian ini dirancang untuk mengetahui  karakteristik remaja clubbers,  pemaknaan dari remaja clubbers  hingga penghayatan diri  seperti  apa yang terbentuk pada remaja clubbers.
Paradigma yang dipergunakan adalah interpretif, yang bertujuan untuk memahami  dan menginterpretasi bagaimana budaya clubbing pada remaja. Jumlah informan dalam  penelitian ini, yaitu empat orang, sesuai dengan kriteria yang telah ditentukan sebelumnya  meliputi remaja akhir usia 17-21 tahun, minimal clubbing  sebanyak tiga kali dalam  seminggu. Data yang didapat melalui wawancara dan observasi kemudian dianalisis dengan  metode etnografi untuk mengetahui ekspresi clubbing sebagai wujud pemenuhan kebutuhan  sosial sekelompok remaja. Dari penelitian ini, diperoleh hasil bahwa clubbing bermula dari rasa ingin tahu yang terjadi pada awal perkenalan remaja yg menjadi partisipan penelitian ini. Dari rasa ingin tahu,  proses berikutnya membawa perilaku clubbing  sebagai pemenuhan kebutuhan remaja  clubbers, terutama kebutuhan: affiliation, exbihition dan play. Pemenuhan kebutuhan ini  menjadi hal yang lebih kuat sehingga remaja clubbers membutuhkan minimal 3 kali aktivitas  clubbing per minggunya. Kehidupan ini mempengaruhi pola aktivitas lainnya, sehingga  dilakukan penyesuaian secara bertahap, clubbing dimaknai sebagai hal yang wajar, bahkan  menjadi bagian dari identitas diri mereka. Clubbing mencerminkan perilaku yang bergengsi  bagi remaja clubbers  sehingga mereka akan merasa bukan “remaja gaul” jika tidak  melakukan clubbing.  

Kata kunci: Remaja, Clubbing, Clubbers, Kebutuhan Sosial
File Selengkapnya.....

Teman KoleksiSkripsi.com

Label

Administrasi Administrasi Negara Administrasi Niaga-Bisnis Administrasi Publik Agama Islam Akhwal Syahsiah Akuntansi Akuntansi-Auditing-Pasar Modal-Keuangan Bahasa Arab Bahasa dan Sastra Inggris Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Bimbingan Konseling Bimbingan Penyuluhan Islam Biologi Dakwah Ekonomi Ekonomi Akuntansi Ekonomi Dan Studi pembangunan Ekonomi Manajemen Farmasi Filsafat Fisika Fisipol Free Download Skripsi Hukum Hukum Perdata Hukum Pidana Hukum Tata Negara Ilmu Hukum Ilmu Komputer Ilmu Komunikasi IPS Kebidanan Kedokteran Kedokteran - Ilmu Keperawatan - Farmasi - Kesehatan – Gigi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Keperawatan Keperawatan dan Kesehatan Kesehatan Masyarakat Kimia Komputer Akuntansi Manajemen SDM Matematika MIPA Muamalah Olahraga Pendidikan Agama Isalam (PAI) Pendidikan Bahasa Arab Pendidikan Bahasa Indonesia Pendidikan Bahasa Inggris Pendidikan Biologi Pendidikan Ekonomi Pendidikan Fisika Pendidikan Geografi Pendidikan Kimia Pendidikan Matematika Pendidikan Olah Raga Pengembangan Masyarakat Pengembangan SDM Perbandingan Agama Perbandingan Hukum Perhotelan Perpajakan Perpustakaan Pertambangan Pertanian Peternakan PGMI PGSD PPKn Psikologi PTK PTK - Pendidikan Agama Islam Sastra dan Kebudayaan Sejarah Sejarah Islam Sistem Informasi Skripsi Lainnya Sosiologi Statistika Syari'ah Tafsir Hadist Tarbiyah Tata Boga Tata Busana Teknik Arsitektur Teknik Elektro Teknik Industri Teknik Industri-mesin-elektro-Sipil-Arsitektur Teknik Informatika Teknik Komputer Teknik Lingkungan Teknik Mesin Teknik Sipil Teknologi informasi-ilmu komputer-Sistem Informasi Tesis Farmasi Tesis Kedokteran Tips Skripsi