Isikan Kata Kunci Untuk Memudahkan Pencarian

Memuat...

214.Prevalensi Dan Faktor – Faktor Resiko

ABSTRAK  

Tujuan : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui prevalensi dan faktor –  faktor resiko yang berhubungan dengan overactive bladder di kalangan paramedis  perempuan yang bekerja di lingkungan RSUP H. Adam Malik Medan.

Rancangan Penelitian  : Penelitian ini merupakan studi observasional deskriptif  untuk menilai penderita Overactive Bladder secara klinik dengan rancangan potong  lintang (cross sectional). Penelitian ini dilakukan pada bulan Oktober sampai  Desember 2007 dengan populasi paramedis wanita yang bekerja di RSHAM yang  memenuhi kriteria penerimaan dan kriteria pengeluaran. Sampel diambil secara  random sampling. Responden diberikan kuesioner, pemeriksaan fisik dan daftar  harian berkemih untuk menegakkan diagnosa overactive bladder. Dilakukan  penilaian terhadap faktor resiko seperti usia, paritas, cara persalinan, menopause,  obesitas dan riwayat histerektomi.
Analisa Statistik  :  Seluruh data penelitian ini dicatat pada formulir penelitian yang  meliputi data hasil anamnesis, hasil pemeriksan fisik dan hasil laboratorium. Data  diolah dan disusun dalam bentuk tabel distribusi sesuai tujuan penelitian. Dilakukan  uji statistik Chi-square dan regresi logistik dengan menggunakan perangkat SPSS  (Statistic Package for Social Science) versi 15.
Hasil : Pada penelitian dengan 100 orang responden didapatkan  usia terbanyak  adalah pada kelompok usia < 40 tahun yaitu sebanyak 53 orang (53%),  riwayat  persalinan terbanyak adalah persalinan spontan sebanyak 73 orang (73%).  Sebanyak 78 orang (78%) adalah multipara, 12 orang (12%) adalah primipara dan  sebanyak 10 orang (10%) adalah nullipara. Terdapat 93 orang (93%) yang belum  menopause. Dari seluruh responden, didapatkan sebanyak 60 orang (60%) yang  mempunyai IMT 18,5 – 24,9 ( normal ), 31 orang (31%) yang mempunyai IMT 25-  29,9 ( overweight ), dan 9 orang (9%) yang mempunyai IMT ≥ 30 ( obese ). Dari  penelitian ini, tidak didapatkan satu orang pun yang mempunyai IMT < 18,5 ( kurus ).  Sehingga kelompok ini tidak diikutsertakan dalam analisa statistik. Dan didapatkan  100 responden (100%) tidak mempunyai riwayat operasi histerektomi. Dengan  demikian hubungan riwayat histerektomi dan gangguan OAB tidak dapat dianalisa  secara statistik.
Didapatkan prevalensi OAB sebanyak 18 orang (18%) dengan kelompok usia 40 –  49 tahun paling banyak mengalami gangguan OAB, yaitu 9 orang (22,5%). Dengan  uji statistik didapatkan hubungan yang bermakna antara riwayat persalinan dengan  
terjadinya OAB (p<0 11="" 15="" 24="" 25="" 36.="" 3="" 7="" antara="" bermakna="" besar="" chi-square="" dan="" dengan="" dibandingkan="" didapatkan="" dijumpai="" dimana="" ekstrasi="" gangguan="" hubungan="" imt="" indeks="" ini="" kali="" kejadian="" kelompok="" kurus="" lebih="" massa="" masssa="" mempunyai="" menderita="" menopause.="" menopause="" nbsp="" normal="" oab.="" oab="" obese="" orang="" overweight="" p="" pada="" paritas="" persalinan="" prevalens="" rasio="" resiko="" riwayat="" sebesar="" secara="" statistik="" terdapat="" terjadinya="" tidak="" tubuh="" uji="" untuk="" vakum="" yang="">KESIMPULAN : Prevalensi penderita OAB pada paramedis perempuan yang  bekerja di lingkungan RSUP H. ADAM MALIK MEDAN adalah 18% (18 orang).  Terdapat hubungan yang bermakna antara usia,persalinan,IMT,menopause dengan  terjadinya OAB. Persalinan dengan vakum mempunyai resiko 36 kali lebih besar  terjadinya OAB dibandingkan wanita yang belum pernah melahirkan. IMT ≥ 25   (overweight dan obese) mempunyai resiko 11,4 kali lebih besar untuk terjadinya OAB  dibandingkan IMT ≤ 24,9 (normal dan kurus). Wanita menopause beresiko  7 kali  lebih besar terjadinya OAB dibandingkan yang belum menopause. Tidak terdapat  hubungan yang bermakna antara paritas dengan terjadinya OAB.

Teman KoleksiSkripsi.com

Label

Administrasi Administrasi Negara Administrasi Niaga-Bisnis Administrasi Publik Agama Islam Akhwal Syahsiah Akuntansi Akuntansi-Auditing-Pasar Modal-Keuangan Bahasa Arab Bahasa dan Sastra Inggris Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Bimbingan Konseling Bimbingan Penyuluhan Islam Biologi Dakwah Ekonomi Ekonomi Akuntansi Ekonomi Dan Studi pembangunan Ekonomi Manajemen Farmasi Filsafat Fisika Fisipol Free Download Skripsi Hukum Hukum Perdata Hukum Pidana Hukum Tata Negara Ilmu Hukum Ilmu Komputer Ilmu Komunikasi IPS Kebidanan Kedokteran Kedokteran - Ilmu Keperawatan - Farmasi - Kesehatan – Gigi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Keperawatan Keperawatan dan Kesehatan Kesehatan Masyarakat Kimia Komputer Akuntansi Manajemen SDM Matematika MIPA Muamalah Olahraga Pendidikan Agama Isalam (PAI) Pendidikan Bahasa Arab Pendidikan Bahasa Indonesia Pendidikan Bahasa Inggris Pendidikan Biologi Pendidikan Ekonomi Pendidikan Fisika Pendidikan Geografi Pendidikan Kimia Pendidikan Matematika Pendidikan Olah Raga Pengembangan Masyarakat Pengembangan SDM Perbandingan Agama Perbandingan Hukum Perhotelan Perpajakan Perpustakaan Pertambangan Pertanian Peternakan PGMI PGSD PPKn Psikologi PTK PTK - Pendidikan Agama Islam Sastra dan Kebudayaan Sejarah Sejarah Islam Sistem Informasi Skripsi Lainnya Sosiologi Statistika Syari'ah Tafsir Hadist Tarbiyah Tata Boga Tata Busana Teknik Arsitektur Teknik Elektro Teknik Industri Teknik Industri-mesin-elektro-Sipil-Arsitektur Teknik Informatika Teknik Komputer Teknik Lingkungan Teknik Mesin Teknik Sipil Teknologi informasi-ilmu komputer-Sistem Informasi Tesis Farmasi Tesis Kedokteran Tips Skripsi