Isikan Kata Kunci Untuk Memudahkan Pencarian

Memuat...

326.Konversi Sputum Bta Pada Fase Intensif Tb

ABSTRAK  

Objektif : Untuk mengetahui konversi sputum BTA, dengan pemberian  OAT Generik dan OAT  KDT pada fase intensif  pengobatan TB paru  kategori I di RSUP H. Adam Malik Medan.  
Metode   : Penelitian ini merupakan Uji Klinis Acak Terkontrol, paralel,  tersamar tunggal
Hasil    : Dari 70 responden yang memenuhi kriteria, dibagi menjadi 2  kelompok, 35 orang  dengan OAT Generik dan 35 orang dengan  pengobatan OAT KDT selama 2 bulan. Tidak ada perbedaan bermakna dalam segi demografi responden: umur, jenis kelamin, pendidikan ,  pekerjaan (p>0.05). Tingkat kepositifan sputum juga tidak ada perbedaan  bermakna antar kedua kelompok(p>0.05), Keluhan utama terutama  dengan keluhan batuk berdahak.Perbaikan dari keluhan Utama responden  tidak ada perbedaan bermakna antara kedua kelompok. Satu reponden  mengalami keluhan mual, pening dan gatal-gatal pada kulit,dengan  pemakain KDT tetapi masih dapat ditoleransi sehingga tidak perlu menghentikan pengobatan. Foto toraks responden dengan lesi luas(46%)  pada kelompok KDT dan (57%) pada kelompok OAT Generik.Karakteristik  konversi BTA sputum pada minggu ke 4 antara kedua kelompok adalah  sama sejumlah 24 orang (69%). Tidak ada perbedaan bermakna antara  kedua kelompok.Di minggu ke 4 beberapa orang responden yang tidak  mengalami konversi, sebanyak 9 orang (26%) pada kelompok KDT dan 10  orang (29%) pada kelompok OAT Generik. Pada pemeriksaan BTA  sputum minggu ke 8, responden yang mengalami konversi sama pada  kedua kelompok sebanyak 31 orang  ( 87%), sedangkan responden yang  tidak ada dahak sebanyak 1 orang (3%) pada kedua kelompok. 9 orang   (26 %) responden pada kelompok KDT yang tidak mengalami konversi  BTA sputum pada minggu ke 4  mengalami konversi BTA sputum pada  minggu ke 8 sebanyak 6 orang (17%).Pada kelompok OAT generik yang  mengalami konversi sputum BTA pada minggu ke 8 ( minggu ke 4 belum  konversi) sebanyak 7 orang (20%).Sedangkan responden yang tidak   mengalami konversi BTA sputum sampai minggu ke 8,  masing- masing 3  orang (9%)  pada kedua kelompok . (p>0.05)  
Kesimpulan  :. Dari hasil penelitian yang dilakukan di RSUP. H.
Adam Malik Medan terhadap penggunaan OAT jenis KDT dan OAT  Generik pada pasien - pasien TB paru, tidak dijumpai perbedaan dalam  hal konversi sputum (p > 0.05).  

Kata Kunci :  OAT Generik, KDT, Konversi BTA Sputum.  
File Selengkapnya.....


Teman KoleksiSkripsi.com

Label

Administrasi Administrasi Negara Administrasi Niaga-Bisnis Administrasi Publik Agama Islam Akhwal Syahsiah Akuntansi Akuntansi-Auditing-Pasar Modal-Keuangan Bahasa Arab Bahasa dan Sastra Inggris Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Bimbingan Konseling Bimbingan Penyuluhan Islam Biologi Dakwah Ekonomi Ekonomi Akuntansi Ekonomi Dan Studi pembangunan Ekonomi Manajemen Farmasi Filsafat Fisika Fisipol Free Download Skripsi Hukum Hukum Perdata Hukum Pidana Hukum Tata Negara Ilmu Hukum Ilmu Komputer Ilmu Komunikasi IPS Kebidanan Kedokteran Kedokteran - Ilmu Keperawatan - Farmasi - Kesehatan – Gigi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Keperawatan Keperawatan dan Kesehatan Kesehatan Masyarakat Kimia Komputer Akuntansi Manajemen SDM Matematika MIPA Muamalah Olahraga Pendidikan Agama Isalam (PAI) Pendidikan Bahasa Arab Pendidikan Bahasa Indonesia Pendidikan Bahasa Inggris Pendidikan Biologi Pendidikan Ekonomi Pendidikan Fisika Pendidikan Geografi Pendidikan Kimia Pendidikan Matematika Pendidikan Olah Raga Pengembangan Masyarakat Pengembangan SDM Perbandingan Agama Perbandingan Hukum Perhotelan Perpajakan Perpustakaan Pertambangan Pertanian Peternakan PGMI PGSD PPKn Psikologi PTK PTK - Pendidikan Agama Islam Sastra dan Kebudayaan Sejarah Sejarah Islam Sistem Informasi Skripsi Lainnya Sosiologi Statistika Syari'ah Tafsir Hadist Tarbiyah Tata Boga Tata Busana Teknik Arsitektur Teknik Elektro Teknik Industri Teknik Industri-mesin-elektro-Sipil-Arsitektur Teknik Informatika Teknik Komputer Teknik Lingkungan Teknik Mesin Teknik Sipil Teknologi informasi-ilmu komputer-Sistem Informasi Tesis Farmasi Tesis Kedokteran Tips Skripsi