Isikan Kata Kunci Untuk Memudahkan Pencarian

Memuat...

344.Peranan Marker Koagulasi Sebagai Prediktor

ABSTRAK
 
Latar Belakang : Trauma kapitis merupakan penyebab utama kematian dan  kecacatan pada anak, dewasa, dan masyarakat usia produktif. Disamping upaya  untuk mencegah terjadinya trauma kapitis, sangat penting untuk mengetahui  faktor-faktor yang dapat mempengaruhi outcome. Penelitian ini bertujuan untuk  melihat peranan marker koagulasi sebagai prediktor outcome pada penderita  trauma kapitis.
Metode : Seluruh pasien secara konsekutif, dengan dignosa trauma kapitis yang  dirawat di departemen neurologi FK-USU diikutsertakan dalam penelitian ini.  Karakteristik demografi turut dicatat pada penelitian ini. Pada seluruh pasien  dilakukan perhitungan nilai Glasgow Coma Scale (GCS) pada saat masuk dan  juga dilakukan pengukuran marker koagulasi berupa jumlah Trombosit,  Prothrombin Time (PT), Partial Thromboplastin Time (PTT), Thrombin Time (TT),  Fibrinogen, dan D-dimer. Untuk pemeriksaan outcome dilakukan dengan  pengukuran Glasgow Outcome Scale (GOS) pada saat penderita keluar dari  rumah sakit. Kemaknaan statistik adalah apabila p<0 nbsp="" p="">Hasil   : Tujuh puluh tujuh pasien trauma kapitis yang terdiri dari 50 orang pria  dan 27 orang wanita ikut serta dalam penelitian ini. Keparahan pasien saat  masuk yang dinilai dengan GCS merupakan prediktor yang kuat terhadap  outcome (p=0.001). Keparahan pasien saat masuk juga mempunyai hubungan  yang bermakna dengan kadar D-dimer (p=0,001), fibrinogen (p=0,001), PT  (p=0,001), dan aPTT (p=0,001). Dari berbagai marker koagulasi yang diperiksa  pada penelitian ini, kadar D-dimer dan fibrinogen dapat menjadi prediktor yang  kuat terhadap outcome pasien (masing-masing p=0,001). Pasien dengan kadar  D-dimer yang tinggi dan GCS yang rendah akan mempunyai outcome yang lebih buruk.
Kesimpulan : Marker koagulasi, khususnya kadar fibrinogen dan D-dimer dapat  digunakan sebagai prediktor outcome pada penderita trauma kapitis.

Kata kunci :   trauma  kapitis,  glasgow coma scale,  glasgow outcome scale, marker koagulasi, outcome.

Teman KoleksiSkripsi.com

Label

Administrasi Administrasi Negara Administrasi Niaga-Bisnis Administrasi Publik Agama Islam Akhwal Syahsiah Akuntansi Akuntansi-Auditing-Pasar Modal-Keuangan Bahasa Arab Bahasa dan Sastra Inggris Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Bimbingan Konseling Bimbingan Penyuluhan Islam Biologi Dakwah Ekonomi Ekonomi Akuntansi Ekonomi Dan Studi pembangunan Ekonomi Manajemen Farmasi Filsafat Fisika Fisipol Free Download Skripsi Hukum Hukum Perdata Hukum Pidana Hukum Tata Negara Ilmu Hukum Ilmu Komputer Ilmu Komunikasi IPS Kebidanan Kedokteran Kedokteran - Ilmu Keperawatan - Farmasi - Kesehatan – Gigi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Keperawatan Keperawatan dan Kesehatan Kesehatan Masyarakat Kimia Komputer Akuntansi Manajemen SDM Matematika MIPA Muamalah Olahraga Pendidikan Agama Isalam (PAI) Pendidikan Bahasa Arab Pendidikan Bahasa Indonesia Pendidikan Bahasa Inggris Pendidikan Biologi Pendidikan Ekonomi Pendidikan Fisika Pendidikan Geografi Pendidikan Kimia Pendidikan Matematika Pendidikan Olah Raga Pengembangan Masyarakat Pengembangan SDM Perbandingan Agama Perbandingan Hukum Perhotelan Perpajakan Perpustakaan Pertambangan Pertanian Peternakan PGMI PGSD PPKn Psikologi PTK PTK - Pendidikan Agama Islam Sastra dan Kebudayaan Sejarah Sejarah Islam Sistem Informasi Skripsi Lainnya Sosiologi Statistika Syari'ah Tafsir Hadist Tarbiyah Tata Boga Tata Busana Teknik Arsitektur Teknik Elektro Teknik Industri Teknik Industri-mesin-elektro-Sipil-Arsitektur Teknik Informatika Teknik Komputer Teknik Lingkungan Teknik Mesin Teknik Sipil Teknologi informasi-ilmu komputer-Sistem Informasi Tesis Farmasi Tesis Kedokteran Tips Skripsi