Isikan Kata Kunci Untuk Memudahkan Pencarian

Memuat...

56. Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Akademik Pada Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi “Solusi Bisnis Indonesia” Yogyakarta

BAB I
PENDAHULUAN

A. LATAR BELAKANG MASALAH

Perkembangan Teknologi yang semakin pesat saat ini telah mempengaruhi segala bidang kehidupan manusia. Sebagai contoh, dalam bidang bisnis teknologi komputer banyak digunakan sebagai sarana pengolahan data, promosi atau beriklan melalui internet.
 Menuju era perkembangan teknologi ini, banyak sekali organisasi-organisasi atau perusahaan-perusahaan yang menggunakan peranan Sistem Informasi yang didukung oleh  pemanfaatan efisiensi dan efektifitas teknologi yang ada untuk mengambil sebuah keputusan (decision making) ataupun untuk memecahkan suatu masalah (problem solving) yang ada.
Kebutuhan informasi dalam pelayanan dan pengolahan data mahasiswa  sangat diperlukan khususnya pada Perguruan Tinggi. Perguruan Tinggi sebagai salah satu lembaga pendidikan akan melayani segala bentuk aktifitas yang ada pada Perguruan Tinggi tersebut. Salah satu contohnya adalah pelayanan akademik.
Sistem Informasi Akademik merupakan salah satu fungsi utama dalam suatu kegiatan pengolahan data mahasiswa di Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi “Solusi Bisnis Indonesia” Yogyakarta yang memberikan layanan informasi baik untuk pihak yang ada di lembaga tersebut maupun pihak luar yang berhubungan dengan lembaga tersebut. Diharapkan dengan pengelolaan data mahasiswa yang baik dan diolah sedemikian rupa dapat menghasilkan informasi yang tepat, cepat dan akurat.
Dalam hal ini komputer sebagai media elektronik dapat membantu kegiatan pengolahan data tersebut yang disertai dengan pembuatan laporan-laporannya, yang tentu saja tidak akan membuang  waktu yang lama karena telah tersedia program yang dapat mempercepat pemrosesan pengambilan data yang dibutuhkan. Oleh karena itu pengolahan Sistem Informasi Akademik akan dikembangkan menjadi sistem pengolahan data yang terkomputerisasi.
Oleh karena alasan teknologi itulah penulis terdorong untuk mengadakan penelitian tentang Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Akademik yang ada pada STIE “SBI” Yogyakarta serta berusaha semaksimal mungkin untuk mengembangkan sistem yang ada untuk menjadi lebih baik dan lebih efektif serta bermanfaat bagi lembaga dan bagi pihak yang berwenang yang sering sekali memerlukan data yang ada.
Oleh karena itu dalam penelitian dan pembuatan Skripsi ini penulis mengambil judul “Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Akademik Pada Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi “Solusi Bisnis Indonesia” Yogyakarta.

B. PERUMUSAN MASALAH
Berdasarkan pengamatan dilapangan menunjukkan bahwa proses pengolahan data mahasiswa yang terjadi di Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi “Solusi Bisnis Indonesia Yogyakarta masih bersifat manual. Perancangan Sistem Informasi Akademik dengan menggunakan Software Visual Basic 6.0 dapat membuat informasi yang dihasilkan lebih maksimal, lebih cepat, dan lebih akurat. Pencarian yang relative cepat  membuat laporan yang akan di buat membutuhkan waktu yang tidak lama,  sehingga berpengaruh pada proses pengambilan keputusan juga pengendalian, serta pengolahan data mahasiswa yang ada di akademik tidak menjadi begitu sulit.

C. BATASAN MASALAH
Mengingat banyaknya permasalahan yang terdapat dalam lingkup kerja Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi “Solusi Bisnis Indonesia” Yogyakarta, maka permasalahan akan dibatasi hanya pada analisis dan perancangan sistem informasi akademik yang meliputi proses pemasukkan data mahasiswa, dosen, kelas, mata kuliah, proses KRS (Kartu Rencana Studi), data mengajar, daftar kelas, data nilai,  pengolahan data mahasiswa, dosen, kelas, mata kuliah serta penyusunan laporan-laporannya dan termasuk laporan KRS (Kartu Rencana Studi), KHS (Kartu Hasil Studi), dan absen. Hal ini dimaksudkan agar tidak terjadi penyimpangan dari pokok permasalahan yang diteliti sesuai dengan sasaran yang diharapkan.

D. MAKSUD DAN TUJUAN PENELITIAN
1. Untuk mengembangkan ilmu pengetahuan sesuai dengan bidang yang diteliti sehingga penulis sebagai mahasiswa disamping menguasai teori juga mempunyai bekal pengetahuan praktis dalam instansi pendidikan.
2. Mempelajari dan mengevaluasi sistem informasi akademik yang telah ada dan berjalan sampai saat ini baik pada pengolahan data maupun pembuatan laporan yang ada.
3. Menyusun suatu tahap pengembangan system dan penerapannya menjadi system baru yang terkomputerisasi.
4. Pengembangan dan penerapan aplikasi program yang telah diketahui.
5. Agar penulis sebagai mahasiswa mampu membuat dan menyusun suatu aplikasi pemrograman yang berkaitan dengan pengolahan data mahasiswa.
6. Sebagai salah satu syarat kelulusan program studi STRATA I di STMIK “AMIKOM” YOGYAKARTA.
7. Sebagai bahan pertimbangan bagi lembaga dalam meningkatkan kinerja lembaga sehingga mencapai tujuan atau hasil yang optimal.

E. METODE PENELITIAN
Sebagai usaha dalam memperoleh data yang benar, relevan dan terarah sesuai dengan permasalahan yang dihadapi, maka perlu adanya suatu metode yang tepat untuk mencapai tujuan dalam penelitian. Untuk itu penulis mengembangkan beberapa metode pengumpulan data dalam penelitian Skripsi ini, yaitu sebagai berikut:
1. Metode Observasi
Yaitu metode menaganalisis pengumpulan data yang digunakan untuk mengadakan pengamatan secara langsung tehadap kegiatan yang dilakukan oleh bagian akademik dan kemahasiswaan yang menangani kegiatan pengolahan data mahasiswa yang ada.
2. Metode Wawancara
      Yaitu metode pengumpulan data dengan mengadakan tanya jawab secara langsung   terhadap pihak-pihak yang terkait di lembaga tersebut yang menangani secara langsung data-data mahasiswa yang ada untuk mendapat informasi tentang data mahasiswa.
3. Metode Kearsipan
Yaitu metode penelitian yang dilakukan dengan menggunakan arsip yang diperoleh penulis dari lembaga dalam bentuk dokumen.
4. Metode Kepustakaan
      Yaitu metode pengumpulan data yang merujuk pada buku-buku yang bersumber atau yang tersedia di perpustakaan yang dapat mendukung dalam penyusunan dan penulisan penelitian skripsi ini.

F. LANDASAN TEORI
   1. Konsep Dasar Sistem

       a. Pengertian Sistem
Terdapat dua kelompok pendekatan di dalam mendefinisikan sistem, yaitu yang menekankan pada prosedurnya dan yang menekankan pada komponen atau elemennya. Pendekatan sistem yang lebih menekankan pada prosedur mendefinisikan sistem sebagai sebagai berikut ini.
Suatu sistem adalah suatu jaringan kerja dari prosedur-prosedur yang saling berhubungan, berkumpul bersama-sama untuk melakukan suatu kegiatan atau untuk menyelesaikan suatu sasaran yang tertentu.
Pendekatan sistem yang merupakan jaringan kerja dari prosedur lebih menekankan urut-urutan operasi di dalam sistem. Prosedur (procedure) didefinisikan oleh Richard F.Neuschel sebagai berikut ini.
Suatu prosedur adalah suatu urut-urutan operasi klerikal (tulis-menulis), biasanya melibatkan beberapa orang di dalam satu atau lebih departemen, yang diterapkan untuk menjamin penanganan yang seragam dari transaksi-transaksi bisnis yang terjadi. Sedangkan Pendekatan sistem yang lebih menekankan pada elemen atau komponennya mendefinisikan sistem sebagai berikut ini.
Sistem adalah kumpulan dari elemen-elemen yang berinteraksi untuk mencapai suatu tujuan tertentu. Komponen-komponen atau subsistem-subsistem saling berinteraksi dan saling berhubungan membentuk satu kesatuan sehingga tujuan atau sasaran system tersebut dapat tercapai. Untuk menganalisis sistem dan merencanakan suatu sistem, analis dan perancang sistem harus mengerti terlebih dahulu mengenai komponen-komponen dari sistem tersebut.
Berdasarkan hal diatas, definisi secara umum mengartikan sistem sebagai kumpulan elemen-elemen yang saling berinteraksi dan bertanggung jawab memproses masukan (input) sehinggan menghasilkan keluaran (output).

File Selengkapnya.....

Teman KoleksiSkripsi.com

Label

Administrasi Administrasi Negara Administrasi Niaga-Bisnis Administrasi Publik Agama Islam Akhwal Syahsiah Akuntansi Akuntansi-Auditing-Pasar Modal-Keuangan Bahasa Arab Bahasa dan Sastra Inggris Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Bimbingan Konseling Bimbingan Penyuluhan Islam Biologi Dakwah Ekonomi Ekonomi Akuntansi Ekonomi Dan Studi pembangunan Ekonomi Manajemen Farmasi Filsafat Fisika Fisipol Free Download Skripsi Hukum Hukum Perdata Hukum Pidana Hukum Tata Negara Ilmu Hukum Ilmu Komputer Ilmu Komunikasi IPS Kebidanan Kedokteran Kedokteran - Ilmu Keperawatan - Farmasi - Kesehatan – Gigi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Keperawatan Keperawatan dan Kesehatan Kesehatan Masyarakat Kimia Komputer Akuntansi Manajemen SDM Matematika MIPA Muamalah Olahraga Pendidikan Agama Isalam (PAI) Pendidikan Bahasa Arab Pendidikan Bahasa Indonesia Pendidikan Bahasa Inggris Pendidikan Biologi Pendidikan Ekonomi Pendidikan Fisika Pendidikan Geografi Pendidikan Kimia Pendidikan Matematika Pendidikan Olah Raga Pengembangan Masyarakat Pengembangan SDM Perbandingan Agama Perbandingan Hukum Perhotelan Perpajakan Perpustakaan Pertambangan Pertanian Peternakan PGMI PGSD PPKn Psikologi PTK PTK - Pendidikan Agama Islam Sastra dan Kebudayaan Sejarah Sejarah Islam Sistem Informasi Skripsi Lainnya Sosiologi Statistika Syari'ah Tafsir Hadist Tarbiyah Tata Boga Tata Busana Teknik Arsitektur Teknik Elektro Teknik Industri Teknik Industri-mesin-elektro-Sipil-Arsitektur Teknik Informatika Teknik Komputer Teknik Lingkungan Teknik Mesin Teknik Sipil Teknologi informasi-ilmu komputer-Sistem Informasi Tesis Farmasi Tesis Kedokteran Tips Skripsi