Isikan Kata Kunci Untuk Memudahkan Pencarian

71. Pengaruh Ekstrak Daun Sendok ( Plantago Major L.)Terhadap Kadar Malondialdehyde Pada Mencit BalbC Induksi Streptozotocin

BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang Masalah

Pada dasarnya penyakit dibagi menjadi penyakit menular dan penyakit tidak menular atau dapat juga disebut penyakit degeneratif. Di antara berbagai penyakit degeneratif yang dapat dijumpai, Diabetes Melitus (DM) adalah salah satu penyakit yang menjadi masalah yang cukup serius dalam menyebabkan morbiditas dan mortalitas di berbagai belahan dunia, terutama di negara-negara berkembang (Suyono, 2006).
Meningkatnya prevalensi DM di beberapa negara berkembang akibat peningkatan kemakmuran di negara bersangkutan saat ini banyak disoroti. Menurut jurnal American Diabetes Association (ADA) terdapat 20,8 juta penduduk di Amerika Serikat menderita DM. World Health Organization (WHO) memperkirakan jumlah pengidap DM di atas umur 20 tahun akan membengkak menjadi 300 juta orang pada tahun 2025. WHO memprediksi, Indonesia akan menempati peringkat no 5 sedunia dengan jumlah pengidap DM sebanyak 12,4 juta orang pada tahun 2025 (Suyono, 2006).
Diabetes melitus diakibatkan karena kelainan kerja insulin, sekresi insulin atau kedua-duanya (Gustaviani, 2006). Hiperglikemia pada DM menyebabkan kenaikan kadar radikal bebas. Adanya proses autooksidasi pada hiperglikemi memicu pembentukan radikal bebas. Radikal bebas dapat
merusak membran sel, menjadi lipid peroksida atau malondialdehyde (MDA), bila berlanjut mengakibatkan kerusakan sistem membran sel dan kematian sel (Yasa et al., 2007). MDA merupakan produk yang sangat beracun yang sebagian diproduksi dari peroksidasi lipid yang merupakan turunan dari produk radikal bebas. Banyak penelitian menunjukkan bahwa kadar MDA konsentrasinya cukup meningkat pada DM (Slatter et al., 2000).
Biaya pengobatan DM cukup mahal, sehingga saat ini mulai dikembangkan pengobatan alternatif dengan menggunakan herbal. Selain harganya yang terjangkau, obat herbal juga memiliki efek samping yang relatif kecil. Di antara 250.000 spesies tanaman obat di seluruh dunia diperkirakan banyak yang mengandung senyawa anti-DM yang belum diketemukan (Suharmiati, 2003).
Penelitian menunjukkan bahwa herba daun sendok (Plantago major L.) kaya akan berbagai kandungan kimia di antaranya Choline, chromium, fiber, niacin, sorbitol, zinc, Magnesium, Ascorbic-acid, chlorogenic-acid, manganese dan ursolic-acid yang mempunyai efek sebagai antidiabetik dan hipoglikemi. Daun sendok juga mengandung Allantoin, apigenin, aucubin, baicalin, beta-carotene, caffeine-acid, ferulic-acid, fumaric-acid, Genipocidic-acid, hispidulin, luteolin, oleanolic-acid, P-coumaric-acid, P-hydroxy-benzoic-acid, salicylic-acid, selenium, syringic-acid, tannin, tyrosol dan vannilic-acid sebagai antioksidan (Duke, 2010). Dari aktivitas kandungan tersebut, daun sendok tidak hanya sekedar untuk terapi hipoglikemik saja, tetapi bisa dikembangkan sebagai antioksidan. Oleh pustaka.uns.ac.id digilib.uns.ac.id karena itu daun sendok dapat digunakan untuk terapi terhadap komplikasi diabetik yang timbul akibat naiknya gula glukosa darah, salah satunya adalah peningkatan kadar MDA.
Penelitian mengenai pengaruh daun sendok terhadap kadar glukosa darah pernah dilakukan antara lain penelitian Aguilar et al. (2006) menunjukkan efek hipoglikemik dari biji daun sendok. Tetapi penelitian untuk mengetahui efek penurunan kadar MDA oleh daun sendok menurut penelusuran pustaka belum pernah dilakukan.
Berdasarkan pernyataan di atas, penulis ingin melakukan penelitian mengenai pengaruh ekstrak daun sendok terhadap penurunan kadar MDA.

B. Perumusan Masalah
Adakah pengaruh pemberian ekstrak daun sendok terhadap kadar MDA pada mencit Balb/C dengan induksi streptozotocin?

C. Tujuan Penelitian
Penelitian ini bertujuan untuk mengkonfirmasi pengaruh ekstrak daun sendok terhadap kadar MDA pada mencit Balb/C induksi streptozotocin.

D. Manfaat Penelitian
1. Manfaat Teoritis
Penelitian ini diharapkan dapat memberikan informasi ilmiah tentang pengaruh ekstrak daun sendok terhadap kadar MDA pada mencit Balb/C induksi streptozotocin.
2. Manfaat aplikatif
Penelitian ini diharapkan dapat menjadi langkah awal untuk penelitian lebih lanjut dalam upaya memanfaatkan daun sendok menuju fitofarmaka.

File Selengkapnya.....

Teman KoleksiSkripsi.com

Label

Administrasi Administrasi Negara Administrasi Niaga-Bisnis Administrasi Publik Agama Islam Akhwal Syahsiah Akuntansi Akuntansi-Auditing-Pasar Modal-Keuangan Bahasa Arab Bahasa dan Sastra Inggris Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Bimbingan Konseling Bimbingan Penyuluhan Islam Biologi Dakwah Ekonomi Ekonomi Akuntansi Ekonomi Dan Studi pembangunan Ekonomi Manajemen Farmasi Filsafat Fisika Fisipol Free Download Skripsi Hukum Hukum Perdata Hukum Pidana Hukum Tata Negara Ilmu Hukum Ilmu Komputer Ilmu Komunikasi IPS Kebidanan Kedokteran Kedokteran - Ilmu Keperawatan - Farmasi - Kesehatan – Gigi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Keperawatan Keperawatan dan Kesehatan Kesehatan Masyarakat Kimia Komputer Akuntansi Manajemen SDM Matematika MIPA Muamalah Olahraga Pendidikan Agama Isalam (PAI) Pendidikan Bahasa Arab Pendidikan Bahasa Indonesia Pendidikan Bahasa Inggris Pendidikan Biologi Pendidikan Ekonomi Pendidikan Fisika Pendidikan Geografi Pendidikan Kimia Pendidikan Matematika Pendidikan Olah Raga Pengembangan Masyarakat Pengembangan SDM Perbandingan Agama Perbandingan Hukum Perhotelan Perpajakan Perpustakaan Pertambangan Pertanian Peternakan PGMI PGSD PPKn Psikologi PTK PTK - Pendidikan Agama Islam Sastra dan Kebudayaan Sejarah Sejarah Islam Sistem Informasi Skripsi Lainnya Sosiologi Statistika Syari'ah Tafsir Hadist Tarbiyah Tata Boga Tata Busana Teknik Arsitektur Teknik Elektro Teknik Industri Teknik Industri-mesin-elektro-Sipil-Arsitektur Teknik Informatika Teknik Komputer Teknik Lingkungan Teknik Mesin Teknik Sipil Teknologi informasi-ilmu komputer-Sistem Informasi Tesis Farmasi Tesis Kedokteran Tips Skripsi