Isikan Kata Kunci Untuk Memudahkan Pencarian

1. Hubungan Kelekatan Anak Pada Ibu Dengan Kemandirian Di Sekolah

ABSTRAK 

Puryanti, Imul. 2012. Hubungan Kelekatan Anak Pada Ibu Dengan Kemandirian Di Sekolah (Studi pada TK Hj. Isriati Baiturrahman I Kota Semarang Tahun 2012). Skripsi, Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Semarang, Pembimbing 1. Amirul Mukminin, S.Pd, M.kes, 2. Drs. Khamidun, M.Pd. 
Kata kunci : kemandirian di sekolah, kelekatan anak pada ibu.

     Kemandirian merupakan kemampuan seseorang yang terbentuk dari pengalaman-pengalaman yang ada melalui proses belajar untuk tidak bergantung pada orang lain, mempunyai rasa percaya diri, mampu mengambil keputusan dan bertanggung jawab atas segala sesuatu yang telah dilakukannya. Sebagai salah satu tugas perkembangan pada anak usia dini, kemandirian perlu diperhatikan dan ditanamkan sejak dini. Didalam pembentukan kemandirian pada diri anak bergantung pada beberapa faktor, salah satunya adalah kelekatan anak pada ibu. Sehingga rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimana pola kelekatan anak pada ibu, bagaimana kemandirian anak di sekolah dan adakah hubungan antara kelekatan anak pada ibu dengan kemandirian di sekolah. 
     Penelitian ini merupakan penelitian korelasional dengan menggunakan metode kuantitatif non-eksperimen. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa siswi TK Hj.Isriati Baiturrahman I Semarang, dengan jumlah sampel sebanyak 40 siswa yang dipilih berdasarkan teknik Simple Random Sampling. Variabelvariabel penelitian diukur dengan menggunakan skala kelekatan yang terdiri dari 52 Butir Jawaban dan skala kemandirian dengan 38 Butir Jawaban.  Hasil  penelitian ini menunjukkan ada hubungan antara Kelekatan anak pada Ibu dengan Kemandirian di sekolah. Diperoleh dengan menggunakan teknik analisis Korelasi Product Moment yang menjelaskan bahwa ada hubungan positif sangat signifikan antara kelekatan anak pada ibu dengan kemandirian ditunjukkan dengan rxy = 0,621 dengan taraf siginifikansi p = 0,000 (p<0 nbsp="" p="">
     Berdasarkan perhitungan tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan positif yang signifikan antara kelekatan aman anak pada ibu dengan kemandirian di sekolah. Hal ini menunjukkan bahwa semakin positif kelekatan anak terhadap ibu, maka semakin tinggi tingkat pencapaian kemandiriannya. Sebaliknya, semakin negatif kelekatan anak terhadap ibu, maka tingkat pencapaian kemandiriannya semakin rendah. Bagi orangtua terutama ibu diharapkan untuk menjalin hubungan yang aman dan nyaman dengan anak serta memberikan kesempatan kepada anak dalam melakukan sesuatu agar anak tersebut belajar menuju kemandirian. 

File Selengkapnya.....

Teman KoleksiSkripsi.com

Label

Administrasi Administrasi Negara Administrasi Niaga-Bisnis Administrasi Publik Agama Islam Akhwal Syahsiah Akuntansi Akuntansi-Auditing-Pasar Modal-Keuangan Bahasa Arab Bahasa dan Sastra Inggris Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Bimbingan Konseling Bimbingan Penyuluhan Islam Biologi Dakwah Ekonomi Ekonomi Akuntansi Ekonomi Dan Studi pembangunan Ekonomi Manajemen Farmasi Filsafat Fisika Fisipol Free Download Skripsi Hukum Hukum Perdata Hukum Pidana Hukum Tata Negara Ilmu Hukum Ilmu Komputer Ilmu Komunikasi IPS Kebidanan Kedokteran Kedokteran - Ilmu Keperawatan - Farmasi - Kesehatan – Gigi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Keperawatan Keperawatan dan Kesehatan Kesehatan Masyarakat Kimia Komputer Akuntansi Manajemen SDM Matematika MIPA Muamalah Olahraga Pendidikan Agama Isalam (PAI) Pendidikan Bahasa Arab Pendidikan Bahasa Indonesia Pendidikan Bahasa Inggris Pendidikan Biologi Pendidikan Ekonomi Pendidikan Fisika Pendidikan Geografi Pendidikan Kimia Pendidikan Matematika Pendidikan Olah Raga Pengembangan Masyarakat Pengembangan SDM Perbandingan Agama Perbandingan Hukum Perhotelan Perpajakan Perpustakaan Pertambangan Pertanian Peternakan PGMI PGSD PPKn Psikologi PTK PTK - Pendidikan Agama Islam Sastra dan Kebudayaan Sejarah Sejarah Islam Sistem Informasi Skripsi Lainnya Sosiologi Statistika Syari'ah Tafsir Hadist Tarbiyah Tata Boga Tata Busana Teknik Arsitektur Teknik Elektro Teknik Industri Teknik Industri-mesin-elektro-Sipil-Arsitektur Teknik Informatika Teknik Komputer Teknik Lingkungan Teknik Mesin Teknik Sipil Teknologi informasi-ilmu komputer-Sistem Informasi Tesis Farmasi Tesis Kedokteran Tips Skripsi