Isikan Kata Kunci Untuk Memudahkan Pencarian

108. Gambaran Pengetahuan Ibu Hamil Tentang Kunjungan Kehamilan (Antenatal Care) Di Puskesmas Batua Makassar

BAB I
PENDAHULUAN

A.       Latar Belakang
Menurut Kushartanti kehamilan adalah dikandungannya janin dan hasil pembuahan sel telur oleh sperma. Menurut BKKBN (Bada Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional) kehamilan adalah  proses  yang diawali  dengan  keluarnya  sel  telur  matang pada saluran telur yang kemudian bertemu dengan sperma, lalu keduanya menyatu membentuk sel yang akan tumbuh. Menurut Hanifa masa kehamilan pada wanita hamil dimulai dari konsepsi sampai lahirnya janin, lamanya kehamilan normal 280 hari dihitung dari hari pertama haid terakhir. Menurut Guyton kehamilan adalah suatu rangkaian peristiwa yang baru terjadi bila ovum dibuahi dan pembuahan  tersebut  berkembang sampai  menjadi  fetus  yang aterm. Masa kehamilan dimulai dari konsepsi sampai lahirnya janin (280 hari/40 minggu) atau 9 bulan 7 hari (Taufan Nugroho dkk, 2014; h.4).
Kehamilan melibatkan perubahan fisik maupun emosional dari ibu serta perubahan social dalam keluarga, memantau perubahan- perubahan  fisik  yang  normal yang dialami  ibu  serta  tumbuh kembang janin, juga mendeteksi dan serta menatalaksanakan kondisi yang tidak normal. Pada umumnya kehamilan berkembang dengan normal dan mengasilkan kelahiran bayi sehat cukup bulan melalui jalan lahir namun kadang-kadang tidak sesuai dengan yang di harapkan. Pembagian kehamilan dibagi dalam 3 trimester : Trimester pertama dimulai dari konsepsi sampai 3 bulan (0-12 minggu); Trimester kedua dari bulan keempat sampai 6 bulan (13-28 minggu); Trimester ketiga dari bulan ketujuh sampai 9 (29-42 minggu).
Pemeriksaan kehamilan merupakan pemeriksaan kesehatan yang dilakukan untuk memeriksa keadaan ibu dan janin secara berkala yang diikuti dengan upaya koreksi terhadap penyimpangan yang ditemukan (Depkes RI). Tujuan dilakukan pemeriksaan kehamilan antara lain untuk memantau kemajuan kehamilan, untuk memastikan kesehatan ibu dan tumbuh kembang bayi, meningkatkan dan mengenali secara dini adanya ketidaknormalan atau komplikasi yang mungkin terjadi selama kehamilan, termasuk riwayat penyulit secara umum, kebidanan dan pembedahan, mempersiapakan persalinan cukup bulan, melahirkan dengan selamat, ibu maupun bayinya dengan trauma seminimal mungkin, mempersiapkan ibu agar masa nifas berjalan dengan normal dan pemeberian ASI ekslusif, mempersiapkan ibu dan keluarga dalam menerima  kelairan  bayi  agar  dapat  tumbuh  kembang secara normal.
Menurut Manuaba (2008) pemeriksaan Antenatal care adalah pemeriksaan kehamilan untuk mengoptimalkan kesehatan mental dan fisik ibu hamil, hingga mampu menghadapi persalinan, kala nifas, persiapan pemberian ASI dan kembalinya kesehatan reproduksi  secara  wajar.  Antenatal  care adalah  suatu  program yang terencana berupa observasi, edukasi dan penanganan medic pada ibu hamil, untuk memperoleh suatu proses kehamilan dan persalinan yang aman dan memuaskan (Mufdillah, 2009; h.7).
Asuhan Standar Minimal 7 T antar lain: Timbang Berat Badan dan pengukuran Tinggi badan, Ukur tekanan darah, Ukur Tinggi fundus uteri, Pemberian imunisasi Tetanus Toxoid (TT) lengkap, Pemberian Tablet Besi minimal 90 tablet selama kehamilan, Tes terhadap penyakit menular seksual, Temu Wicara (Konseling dan pemecahan masalah). (Taufan Nugroho dkk, 2014; h.6).
Pelayanan  Antenatal  merupakan   pelayanan   yang  diterima wanita  selama  kehamilan  dan sangat penting  dalam  membantu memastikan bahwa ibu dan janin selamat dalam kehamilan dan persalinan. Pendekatan pelayanan antenatal ditekankan pada kualitas bukan kuantitas pada saat kunjungan. Menurut Saifudin (2002) dalam Ai Yeyeh dkk (2009) Untuk kehamilan noramal, direkomendasikan pelayanan antenatal minimal 4 kali kunjungan :

File Selengkapnya.....

Teman KoleksiSkripsi.com

Label

Administrasi Administrasi Negara Administrasi Niaga-Bisnis Administrasi Publik Agama Islam Akhwal Syahsiah Akuntansi Akuntansi-Auditing-Pasar Modal-Keuangan Bahasa Arab Bahasa dan Sastra Inggris Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Bimbingan Konseling Bimbingan Penyuluhan Islam Biologi Dakwah Ekonomi Ekonomi Akuntansi Ekonomi Dan Studi pembangunan Ekonomi Manajemen Farmasi Filsafat Fisika Fisipol Free Download Skripsi Hukum Hukum Perdata Hukum Pidana Hukum Tata Negara Ilmu Hukum Ilmu Komputer Ilmu Komunikasi IPS Kebidanan Kedokteran Kedokteran - Ilmu Keperawatan - Farmasi - Kesehatan – Gigi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Keperawatan Keperawatan dan Kesehatan Kesehatan Masyarakat Kimia Komputer Akuntansi Manajemen SDM Matematika MIPA Muamalah Olahraga Pendidikan Agama Isalam (PAI) Pendidikan Bahasa Arab Pendidikan Bahasa Indonesia Pendidikan Bahasa Inggris Pendidikan Biologi Pendidikan Ekonomi Pendidikan Fisika Pendidikan Geografi Pendidikan Kimia Pendidikan Matematika Pendidikan Olah Raga Pengembangan Masyarakat Pengembangan SDM Perbandingan Agama Perbandingan Hukum Perhotelan Perpajakan Perpustakaan Pertambangan Pertanian Peternakan PGMI PGSD PPKn Psikologi PTK PTK - Pendidikan Agama Islam Sastra dan Kebudayaan Sejarah Sejarah Islam Sistem Informasi Skripsi Lainnya Sosiologi Statistika Syari'ah Tafsir Hadist Tarbiyah Tata Boga Tata Busana Teknik Arsitektur Teknik Elektro Teknik Industri Teknik Industri-mesin-elektro-Sipil-Arsitektur Teknik Informatika Teknik Komputer Teknik Lingkungan Teknik Mesin Teknik Sipil Teknologi informasi-ilmu komputer-Sistem Informasi Tesis Farmasi Tesis Kedokteran Tips Skripsi