Isikan Kata Kunci Untuk Memudahkan Pencarian

141. Penggunaan media audio visual untuk meningkatkan minat dan prestasi belajar IPS siswa kelas III SD N Sendangadi 2 Sleman

ABSTRAK

Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya minat dan prestasi belajar IPS siswa kelas III SD N Sendangadi 2 Sleman Yogyakarta. Data awal rata-rata minat siswa sebesar 31 yang masuk pada kategori sangat rendah sedangkan prestasi belajar siswa melalui nilai rata-rata ulangan adalah sebesar 69 dan persentase siswa yang mencapai KKM adalah 33% atau sebanyak 7 siswa.Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui bagaimana penggunaan media audio visual dapat meningkatkan minat dan prestasi belajar IPS siswa kelas III SD N Sendangadi 2 Sleman Yogyakarta, 2) mengetahui apakah dengan menggunakan media audio visual dapat meningkatkan minat belajar IPS siswa kelas III SD N Sendangadi 2 Sleman Yogyakarta, 3) mengetahui apakah dengan menggunakan media audio visual dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas III SD N Sendangadi 2 Sleman Yogyakarta. 
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang mengacu pada model Kemmis dan McTaggart. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III SD N Sendangadi 2 Sleman Yogyakarta yang berjumlah 21 siswa. Objek penelitian ini adalah minat dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tes, kuesioner, dan pengamatan. Data yang diperoleh kemudian dianalisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada akhir siklus II nilai rata-rata minat belajar siswa sebesar 81,1 dan masuk pada kategori sangat tinggi sedangkan prestasi belajar siswa melalui nilai rata-rata ulangan sebesar 81, untuk persentase siswa yang mencapai KKM adalah 76% atau sebanyak 16 siswa.Berdasarkan data di atasmaka dapat disimpulkan bahwa minat dan prestasi belajar IPS siswa dapat meningkat dengan menggunakan media audio visual.

Kata kunci : Minat Belajar, Prestasi Belajar, Mata Pelajaran IPS, Media Pembelajaran Audio Visual.

File Selengkapnya.....

Teman KoleksiSkripsi.com

Label

Administrasi Administrasi Negara Administrasi Niaga-Bisnis Administrasi Publik Agama Islam Akhwal Syahsiah Akuntansi Akuntansi-Auditing-Pasar Modal-Keuangan Bahasa Arab Bahasa dan Sastra Inggris Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Bimbingan Konseling Bimbingan Penyuluhan Islam Biologi Dakwah Ekonomi Ekonomi Akuntansi Ekonomi Dan Studi pembangunan Ekonomi Manajemen Farmasi Filsafat Fisika Fisipol Free Download Skripsi Hukum Hukum Perdata Hukum Pidana Hukum Tata Negara Ilmu Hukum Ilmu Komputer Ilmu Komunikasi IPS Kebidanan Kedokteran Kedokteran - Ilmu Keperawatan - Farmasi - Kesehatan – Gigi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Keperawatan Keperawatan dan Kesehatan Kesehatan Masyarakat Kimia Komputer Akuntansi Manajemen SDM Matematika MIPA Muamalah Olahraga Pendidikan Agama Isalam (PAI) Pendidikan Bahasa Arab Pendidikan Bahasa Indonesia Pendidikan Bahasa Inggris Pendidikan Biologi Pendidikan Ekonomi Pendidikan Fisika Pendidikan Geografi Pendidikan Kimia Pendidikan Matematika Pendidikan Olah Raga Pengembangan Masyarakat Pengembangan SDM Perbandingan Agama Perbandingan Hukum Perhotelan Perpajakan Perpustakaan Pertambangan Pertanian Peternakan PGMI PGSD PPKn Psikologi PTK PTK - Pendidikan Agama Islam Sastra dan Kebudayaan Sejarah Sejarah Islam Sistem Informasi Skripsi Lainnya Sosiologi Statistika Syari'ah Tafsir Hadist Tarbiyah Tata Boga Tata Busana Teknik Arsitektur Teknik Elektro Teknik Industri Teknik Industri-mesin-elektro-Sipil-Arsitektur Teknik Informatika Teknik Komputer Teknik Lingkungan Teknik Mesin Teknik Sipil Teknologi informasi-ilmu komputer-Sistem Informasi Tesis Farmasi Tesis Kedokteran Tips Skripsi