Isikan Kata Kunci Untuk Memudahkan Pencarian

39. Faktor- Faktor Yang Mempengaruhi Pengembangan Tanaman Lada Dan Dampaknya Terhadap Pendapatan Keluarga Di Kecamatan Baraka Kabupaten Enrekang

BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar belakang
Salah satu tolak ukur pembangunan ialah terdapatnya tanda- tanda pertumbuahan dan perubahan baik secara fisik maupun secara pola fikir, Wawasan. Begitu pula suatu kriteria berhasilnya pembanguan adalah dengan ikut serta masyarakat dalam partisipasinya secara aktif dalam semua kegiatan Pembangunan.  Partisipasi  masyarakat  dalm  pembangunan  ini  dapat  dilihat pada usaha dan karya untuk meningkatkan pendapatan dan menuju taraf  hidup yang baik, disamping usaha nyata yang dilakukan pemerintah. Usaha pemerintah dengan mengikutsertakan masyarakat secara aktif    dalam pembangunan dapat dilihat disegalah sektor, baik dalm sektor industri, sektor pertanian maupun sektor jasa sebagai usaha perluasan kesempatan kerja dan peningkatan produksi.
Indonesia sebagai Negara sedang berkembang, yang diawali pembangunannya  menitik  beratkan pembangunanya  pada  bidang  pertanian demi untuk menunjang pertumbuhan ekonomi dan sekaligus pembangunan masyarakat. Namun setelah sekian tahun pembangunan ini berjalan, masalah peningkatan produksi tetap menjadi topik yang penting. Dan satu yang tidak dapat dilupakan bahwa dalam pembangunan dibidang pertanian, masyarakat ini sebagian besar hidup dan mencari nafka dibidang pertanian pada umumnya melekat pada system pertanian yang sifatnya tradisional, dengan ciri dimana hasil  produktifitas  yang  masih  rendah  baik  kualitas  maupun  kuantitas. Sehingga beralasan kalau pelaksanaan pembangunan ekonomi salah satunya bertitik tolak pada bidang Pertanian.

Sektor pertanian maupun penyerap tenaga kerja yang besar. Ini sejalan dengan tujuan pembangunan nasional kita yaitu suatu pertumbuhan ekonomi yang dapat mempercepat kesempatan kerja. Perluasan kesempatan kerja dirasakan perlu,  meningkat penduduk yang berkembang cukup pesat, sehingga bila   tidak   diimbangi   dengan   perluasan   kesempatan   kerja,   akibatnya prodiktifitas tenaga kerja yang ada menjadi sangat rendah. Hal ini menjadi dasar sehingga pembangunan ekonomi diarahkan pada pendayaan sumber daya alam tanah dan tenaga kerja sehingga menghasilkan prodktifitas yang dapat meningkatkan kesejahteraan rakyat.

Sumbangan lain sektor pertanian bagi negara adalah perolehan devisa yang tidak sedikit. Lebih- lebih pada saat terjadi krisis yang melanda Indonesia pada pertengahan tahun 2008 lalu, dimana pertumbuhan ekonomi hanya terjadi disektor pertanian. Sementara sektor- sektor lain mengalami pertumbuhan minus, maka peningkatan produksi pertanian sekaligus memberikan efek bagi pendapatan,  tentunya  akan  memberikan  manfaat  secara  langsung  kepada prosfek yang baik bagi masyarakat atau bagi para petani sendiri.
Usaha peningkatan di sektor pertanian tidak terlepas dari peranan besar yang dimainkan oleh pihak yang berada diluar sektor pertanian baik itu dari pihak swasta maupun dari  dipihak pemerintah, dalam arti di bawa penaungan dan  pemberian  motivasi  harus  ditujukan  kepada  para  petani  khususnya  di dalam pencapaian tujuannya yaitu di dalam meningkatkan produksi untuk memenuhi kebutuhan masyarakat khususnya masyarakat petani yang semakin meningkat.
Pembangunan peningkatan perkebunan komuditi lada yang menjadi pilihan pihak masyarakat di Kecamatan Baraka mempunyai peran yang cukup besar dalam perekonomian daerah dan juga ditujukan untuk meningkatkan volume kualitas produksi dengan melalui perluasan areal, peremajuan, rehabilitas,  intersifikasi  serta penganekaragaman  komoditi  dan  pemanfaatan lahan secara maksimal, serta penerapan teknologi yang telah maju. Dengan demikian akan dapat menjadi penyebab peningkatannya pendapatan petani dan perluasan kesempatan kerja.

File Selengkapnya.....

Teman KoleksiSkripsi.com

Label

Administrasi Administrasi Negara Administrasi Niaga-Bisnis Administrasi Publik Agama Islam Akhwal Syahsiah Akuntansi Akuntansi-Auditing-Pasar Modal-Keuangan Bahasa Arab Bahasa dan Sastra Inggris Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Bimbingan Konseling Bimbingan Penyuluhan Islam Biologi Dakwah Ekonomi Ekonomi Akuntansi Ekonomi Dan Studi pembangunan Ekonomi Manajemen Farmasi Filsafat Fisika Fisipol Free Download Skripsi Hukum Hukum Perdata Hukum Pidana Hukum Tata Negara Ilmu Hukum Ilmu Komputer Ilmu Komunikasi IPS Kebidanan Kedokteran Kedokteran - Ilmu Keperawatan - Farmasi - Kesehatan – Gigi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Keperawatan Keperawatan dan Kesehatan Kesehatan Masyarakat Kimia Komputer Akuntansi Manajemen SDM Matematika MIPA Muamalah Olahraga Pendidikan Agama Isalam (PAI) Pendidikan Bahasa Arab Pendidikan Bahasa Indonesia Pendidikan Bahasa Inggris Pendidikan Biologi Pendidikan Ekonomi Pendidikan Fisika Pendidikan Geografi Pendidikan Kimia Pendidikan Matematika Pendidikan Olah Raga Pengembangan Masyarakat Pengembangan SDM Perbandingan Agama Perbandingan Hukum Perhotelan Perpajakan Perpustakaan Pertambangan Pertanian Peternakan PGMI PGSD PPKn Psikologi PTK PTK - Pendidikan Agama Islam Sastra dan Kebudayaan Sejarah Sejarah Islam Sistem Informasi Skripsi Lainnya Sosiologi Statistika Syari'ah Tafsir Hadist Tarbiyah Tata Boga Tata Busana Teknik Arsitektur Teknik Elektro Teknik Industri Teknik Industri-mesin-elektro-Sipil-Arsitektur Teknik Informatika Teknik Komputer Teknik Lingkungan Teknik Mesin Teknik Sipil Teknologi informasi-ilmu komputer-Sistem Informasi Tesis Farmasi Tesis Kedokteran Tips Skripsi